Penyebab Kulit Tetap Kering Meski Sudah Pakai Pelembap

Beauty | Rabu, 27 Maret 2019 17:15
Penyebab Kulit Tetap Kering Meski Sudah Pakai Pelembap

Reporter : Cynthia Amanda Male

Pada beberapa kondisi, pelembap ternyata tak mempan untuk mengatasi kekeringan kulit.

Dream - Sering merasa gatal dan kulit menjadi merah serta perih? Kedua gejala tersebut merupakan pertanda kulit kering yang bisa menyebabkan gatal, kemerahan, iritasi, bahkan penuaan dini.

Saat kulit kering, pasti kita langsung mengandalkan pelembap dan mengaplikasikannya. Pada beberapa kondisi, pelembap ternyata tak mempan untuk mengatasi kekeringan kulit. Pasalnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kulit, apa saja?

1. Paparan Sinar UV

Sinar matahari memang sangat 'jahat' bagi kulit. Menggunakan pelindung seperti pakaian lengan panjang, payung, topi atau kacamata hitam adalah hal waji saat harus keluar ruangan di tengah hari.

" Sekarang paparan sinar UV semakin panas dan waktunya semakin panjang. Selain mengubah warna kulit, sinar UV juga menyebabkan kulit kering. Jadi di mana ada sunray, kita harus pakai protection," kata dokter kulit Kardiana Purnama Dewi, dalam peluncuran Marina UV White E Collagen Asta Hand Body Lotion di Jakarta, Rabu 27 Maret 2019.

 Marina

Proteksi minimal yang harus dipakai adalah pelembap dengan SPF 30 dan dioleskan berulang setiap 3 jam. Kecuali jika bekerja di dalam ruangan yang sama sekali tidak terpapar sinar UV. Tapi jika kamu ingin berenang di luar ruangan, pakailah waterproof sunscreen dan dipakai ulang setiap 1 jam sekali.

2. Polusi

Kalau terbiasa beraktivitas di luar ruangan, kamu akan merasa kulit lebih mudah kering. Hal tersebut diakibatkan oleh polusi dari asap kendaraan bermotor. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan pelembap yang cukup untuk menghidrasi kulit.

2 dari 4 halaman

Cuaca dan Mandi Air Hangat

3. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang tidak menentu dari panas ke dingin menyebabkan kulit sulit beradaptasi dengan suhu dan mengering. Apalagi, jika kamu tidak memakai pelembap yang cukup karena merasa kulit sudah cukup berminyak. Jadi, pakailah pelembap yang cukup di cuaca dingin maupun panas agar kulit tetap lembap.

 Kesalahan Perawatan Kulit Yang Sering Tidak Disadari

4. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat memang sangat nyaman. Rasa pegal akan menghilang dan kamu merasa lebih tenang. Tapi, suhu yang hangat menyebabkan kulit kering.

" Mandi pakai air hangat bisa mengikis kelembapan alami kulit. Jadi, kulit terasa kering. Sebaiknya, pakai air bersuhu normal saja. Nggak terlalu dingin maupun panas," katanya.

3 dari 4 halaman

Paparan AC

5. Terpapar AC

" Banyak orang yang merasa lebih lembap kalau pakai kipas angin. Akhirnya, orang lebih memilih pakai AC. Padahal, paparan AC sangat mudah membuat kulit kering. Makanya, orang yang terlalu sering terkena AC perlu menggunakan lotion supaya kulitnya tidak kering dan mudah keriput," ungkap Kardiana.

 Tips Make Up Menawan Pemilik Kulit Kering

6. Kurang Minum Air Putih

Hidrasi dari dalam sangat penting dilakukan. Hal yang paling mudah adalah minum air putih 8 gelas per hari. Dengan banyak minum air putih, kamu bisa mengurangi risiko kulit kering dan membuatnya tampak lebih bercahaya.

4 dari 4 halaman

Cermat Memilih Sabun

7. Terlalu Sering Pakai Sabun Antiseptik

Walaupun terkesan membersihkan secara ekstra, tapi sebenarnya jenis sabun ini sangat mudah membuat kulit kering. Maka dari itu, sabun antiseptik tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari.

 Cegah Kulit Kering Mengelupas Saat di Tanah Suci

8. Sering Makan Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji tidak mengandung antioksidan, mineral maupun vitamin yang bermanfaat bagi kulit. Bahkan, bisa membuat kulit kering karena kandungan garam yang bisa menyerap cairan tubuh. Jadi jika ingin memiliki kulit yang sehat, makan makanan segar seperti buah dan sayur serta hindari junkfood.

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id