Pentingnya Menjaga Kuku Tetap Kuat dan Sehat dengan Nail Oil

Beauty | Rabu, 10 Agustus 2022 08:12

Reporter : Shania Suha Marwan

Kuku juga harus tetap cantik agar tampilan makin menarik, Sahabat Dream.

Dream - Sama pentingnya dengan memelihara kesehatan kulit tubuh dan rambut, kuku juga jadi bagian tubuh yang wajib masuk perawatan rutin.

Kenapa demikian? Sebab, kuku yang sehat akan membuat kamu terlihat lebih cantik dan menarik. Sebaliknya kuku kotor dan rapuh bisa membuat orang cepat merasa ilfeel atau hilang feeling, jika meminjam kalimat anak gaul. 

Selain itu, kuku kotor juga dapat menjadi sarang kuman yang tentunya sangat mengganggu kesehatan tubuh.

Merawat kuku, bisa juga dilakukan di rumah ataupun dengan treatment di salon kecantikan. Tapi buat kamu yang belum memiliki waktu pas untuk perawatan di salon kecantikan, nggak ada salahnya untuk tetap manjakan kuku dari rumah saja.

Berikut ada beberapa langkah yang wajib kamu lakukan, tips perawatan kuku ini diberikan Nail Artist ternama Carissa Liem.

Pentingnya Menjaga Kuku Tetap Kuat dan Sehat dengan Nail Oil
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Menjaga kebersihan kuku

Selain mengganggu kesehatan, kuku kotor bisa membuat kamu terlihat tidak peduli kebersihan.

Tentu saja kamu tidak ingin dianggap sebagai orang yang jorok, kan? Jadi penting untuk kamu selalu memperhatikan kebersihan kuku. 

Saat membersihkan kuku, kamu perlu bersihkan bagian dalam kuku, di mana biasanya itu menjadi tempat kotoroan menumpuk.

Pakai kikir kuku setelah gunting kuku

Kuku dapat tumbuh dengan kuat dan menjadi panjang. Saat menggunting kuku, jangan lewatkan tahapan selanjutnya agar kuku tetap terjaga kebersihannya.

 Menjaga kebersihan kuku © Ilustrasi/ Shutterstock

Kamu bisa mengikir kuku menggunakan nail file. 

Hal ini masih cukup awam dilakukan di rumah, namun saat treatment manicure, kuku kamu akan dibentuk menggunakan nail file. 

Tak hanya berfungsi membentuk kuku agar tampilannya terlihat lebih cantik, nail file juga berfungsi membuat kuku bagian luar tidak tajam. 

“ Kuku itu harus dikikir, supaya nggak tajam-tajam enggak baret-baret, itu kan yang kadang-kadang dapat melukai kutikula kita sendiri,” ungkap Carissa Liem, di Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022. 

3 dari 5 halaman

Memberikan nutrisi pada kuku dan kutikula

Agar kuku dan area kutikula, yaitu lapisan kulit yang berada tepat di pangkal kuku, tetap terjaga, kamu wajib pakai minyak kuku atau nail oil setiap selesai mengikir.

Fungsinya adalah untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan kuku dan kutikula, sekaligus menjaga kutikula tetap lembap. 

Carissa berkolaborasi bersama Kumi, sebuah merek perawatan kak alami, mengeluarkan lima nail oil di mana, setiap produknya memiliki manfaatnya sendiri untuk kuku. 

Minyak kuku yang dikeluarkan Carissa Nails X Kumi ini memiliki bahan dasar minyak sweet almond oil yang tentunya punya ragam nutrisi bermanfaat untuk merawat kesehatan kuku, sekaligus mudah diserap kulit. 

Produk nail oil bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, terutama ketika kuku mulai terasa kering dan membutuhkan nutrisi tambahan. 

Tips penting, kamu bisa menggunakan nail oil di malam hari sebelum tidur agar penyerapan nail oil pada kutikula dan kuku tanpa terganggu oleh aktivitas.

4 dari 5 halaman

Produk terbarunya...

Berikut ini ada lima nail oil yang baru saja diluncurkan pada Selasa, 9 Agustus ini. Cari tahu lebih dalam, yuk!

Bitten Free

 Produk terbarunya...© Foto: Shania Suha Marwan

Pertama adalah nail oil yang mengandung tea tree oil dan jojoba oil, minyak berwarna hijau ini memiliki fungsi untuk mempercepat proses penyembuhan area kutikula yang terbuka.

Cocok untuk kamu yang memiliki kutikula kering dan masalah hangnail. 

Calm & Glory 

Selanjutnya ada minyak kuku berwarna ungu yang memiliki aroma sandalwood, untuk menangkan perasaan. 

Money Magnet 

Minyak kuku lainnya adalah Money Magnet Nail Oil yang punya kandungan tambahan rosehip oil yang sangat bagus untuk melawan penuaan.

Minyak ini cocok untuk kamu yang punya area kutikula yang kering, atau ingin merawat kutikula agar tidak terjadi penuaan dini.

5 dari 5 halaman

Spa on Nails


 Spa on Nails© Foto: Shania Suha Marwan

Varian ini punya aroma paling semerbak dengan wangi jasmin yang membuat kamu sedang spa mewah. Untuk meningkatkan kelembapan lebih ekstra, terdapat juga kandungan shea butter dalam varian ini. 

Stress Less 

Terakhir adalah varian stress less yang punya aroma bunga dan grapefruit segar yang pastinya akan membangkitkan mood sekaligus membuat kuku lebih sehat. 

Join Dream.co.id