Peremajaan Kulit dengan Mesotherapy, Bagaimana Prosesnya?

Beauty | Minggu, 25 Agustus 2019 17:06
Peremajaan Kulit dengan Mesotherapy, Bagaimana Prosesnya?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Sebuah perawatan kecantikan alternatif ini tengah populer.

Dream - Sebagian Sahabat Dream mungkin akrab dengan berbagai macam perawatan kecantikan seperti filler, tarik benang (thread lift), sedot lemak (liposuction) dan lipodissolve.

Bagaimana dengan mesotherapy?

Perawatan kecantikan alternatif ini tengah populer untuk meremajakan kulit. Meski masih tergolong baru, mesotherapy dipercaya bisa membuat tampilan kulit jadi tampak jauh lebih muda.

Bagi yang penasaran, dr Phoebe Jones, seorang dokter kosmetik di Concept Cosmetic Medicine di Sydney, Australia akan memberikan penjelasan soal Mesotherapy lewat Beautycew.com.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Mesotherapy?

" Mesotherapy adalah perawatan kulit non-bedah yang menggunakan banyak suntikan larutan kimia dengan dosis kecil ke dalam lapisan dermis atau ruang subkutan ( lapisan kulit di antara dermis dan epidermis)," jelas Dr Jones.

Apakah mesotherapy merupakan perawatan kulit terbaik bagi semua orang? Sayangnya tidak. Semuanya tergantung pada pasien dan masalah kulit yang dihadapi masing-masing.

" Larutan kimia bisa terdiri dari berbagai macam komponen, umumnya asam hialuronat, platelet rich plasma (PRP), vitamin dan mineral (misalnya vitamin C), antioksidan (misalnya glutathione), botulinum toxin, hormon atau lemak mikro," tambah Dr Jones.

 shutterstock

Apakah Mesotherapy Efektif?

Jones mengatakan semua tergantung pada komponen larutan kimia yang digunakan dan kedalaman tempat penyuntikkan.

Idenya adalah trauma yang diciptakan banyaknya suntikan dengan penambahan larutan kimia bisa menyebabkan terjadinya peremajaan kulit.

Mekanismenya adalah melalui trauma dan peregangan fibroblas, yang mengarah pada neocollagenesis atau stimulasi kolagen.

" Penambahan substrat yang berbeda dapat lebih meningkatkan hasilnya, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan bercahaya. Treatment yang berulang dapat menyebabkan dermis lebih tebal, garis halus yang lebih baik serta kondisi kulit jauh lebih sehat dan lebih muda," kata Dr. Jones.

Mesotherapy juga membantu melembapkan kulit dari dalam ke luar. Jadi sangat bagus untuk kulit yang dehidrasi dan bagi orang-orang yang sering bepergian atau sering berada di luar.

3 dari 6 halaman

Prosedur Mesotherapy

Pertama, pasien akan berkonsultasi kepada seorang dokter kulit atau bedah kosmetik yang sudah terlatih.

Dia akan menjelaskan tentang Mesotherapy secara detail. Termasuk prosedur hingga potensi efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Selanjutnya, dokter akan mengoleskan krim mati rasa pada wajah pasien. Pasien akan menunggu sekitar 30 hingga 60 menit agar krim mati rasa bekerja.

Setelah itu, pasien biasanya akan menerima beberapa suntikan wajah dengan jarum berukuran mikro yang ditembakkan melalui medical gun.

 shutterstock

Prosesnya cukup cepat, biasanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan sedikit hingga tanpa rasa sakit.

Jika tidak mau merasakan sakit dari jarum suntik, pasien bisa memilih perawatan tanpa jarum. Dokter akan memakai alat khusus yang menggunakan frekuensi rendah.

Alat ini bisa menembus jaringan kulit untuk mengantarkan larutan kimia aktif ke bagian terdalam dari dermis.

Seperti Mesotherapy konvensional, larutan kimia yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan. Meski begitu, proses penetrasi larutan kimia mungkin lebih terbatas dibandingkan dengan Mesotherapy konvensional.

4 dari 6 halaman

Apakah Mesotherapy Memiliki Masa Penyembuhan?

Jones mengatakan perawatan kecantikan dengan Mesotherapy hanya memerlukan sedikit masa penyembuhan. Setelah disuntik, pasien bisa mengalami memar dalam beberapa hari ke depan.

" Biasanya pasien akan mengalami memar selama dua hingga tiga hari. Terutama jika pasien mudah mengalami memar pada kulit atau memiliki kulit yang cukup tipis," kata Dr. Jones.

Jika khawatir tentang penampilan kulit yang memar dan ingin mencari obat pasca perawatan yang baik, disarankan untuk membeli foundation khusus yang dibuat untuk menutupi dan menyembuhkan kulit pasca prosedur Mesotherapy.

Apakah Mesotherapy Punya Efek Samping?

Selain masa penyembuhan, Mesotherapy juga memiliki efek samping. Sebagian besar efek samping yang dirasakan adalah ketidaknyamanan selama perawatan, memar serta bengkak.

Sementara untuk beberapa kasus, pasien yang punya masalah alergi juga merasakan efek samping. " Saya menemukan rasa sakit dan memar cenderung jauh lebih buruk jika pasien sedang dalam masa pra-menstruasi, lelah dan stres," tutur Dr. Jones.

Rasa sakit dan memar juga terjadi pada mereka yang minum alkohol, mengonsumsi minyak ikan, aspirin dan ibuprofen sebelum perawatan.

Untuk mengatasinya, Dr. Jones menyarankan untuk minum parasetamol satu jam sebelum perawatan dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

5 dari 6 halaman

Berapa Lama Mesotherapy Bisa Bertahan?

 

 shutterstock

Jones mengatakan tergantung pada seberapa sering pasien menjalani perawatan kecantikan ini.

" Setiap kali selesai melakukan perawatan, kulit akan menjadi lebih baik. Ini seperti pergi ke gym," katanya.

Ia menjelaskan untuk efek kulit terlihat lembap dan bersinar umumnya berlangsung sekitar tiga hingga empat bulan.

Sementara untuk proses stimulasi kolagen terjadi lebih dari tiga hingga enam bulan setelah setiap perawatan.

Mesotherapy benar-benar membantu menjaga kulit tetap dalam kondisi segar dan sehat seperti dalam kapsul waktu.

Jika pasien melakukannya dua hingga tiga kali setahun, akan terlihat lebih baik dalam waktu lima tahun daripada ketika saat pertama kali mulai melakukan perawatan.

Tapi jika pasien belum pernah melakukannya, maka dia bisa melakukan tiga kali perawatan terpisah setiap satu bulan.

Untuk mempertahankan kondisi kulit, bisa melakukan perawatan Mesotherapy dalam tiga hingga enam bulanan.

6 dari 6 halaman

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Mesotherapy?

Dr. Jones mengatakan semua tergantung pada produk larutan yang digunakan dan besarnya area yang mendapat perawatan Mesotherapy.

Biaya yang harus dikeluarkan bisa minimal Rp2 jutaan hanya untuk area di bawah mata hingga Rp9 jutaan untuk seluruh wajah.

" Biaya 9 juta itu tanpa tambahan larutan mewah di dalamnya. Jika menambahkan larutan botulinum toxin, biayanya jadi lebih mahal," kata Dr. Jones.

 Perawatan Wajah Praktis untuk Remajakan Kulit

Bagaimana Sahabat Dream? Tertarik untuk melakukan perawatan kecantikan dengan Mesotherapy yang sangat mahal ini?

Jika memang tertarik, jangan lupa untuk berhati-hati sebelum mencobanya. Setiap perawatan kecantikan yang melibatkan bahan kimia pasti ada dampak negatifnya.

Konsultasi dengan dokter yang terlatih agar bisa mendapatkan penjelasan yang benar sehingga kamu tidak sampai salah langkah.(mut)

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id