Mau Usir Stres Karena Corona? Yuk Relaksasi Tubuh dengan Luluran di Rumah

Beauty | Senin, 30 Maret 2020 19:44
Mau Usir Stres Karena Corona? Yuk Relaksasi Tubuh dengan Luluran di Rumah

Reporter : Dwi Ratih

Yuk luluran yuk!

Dream - Memanjakan diri sendiri adalah cara ampuh untuk merelaksasikan tubuh selama kamu menjalani masa karantina di rumah. Siapa di antara kamu yang sudah mulai stres dan bosan karena tak bisa beraktivitas di luar rumah?

Relaksasi tubuh memang pilihan terbari untuk menghilangkan stres dan meningkatkan produktivitas di rumah, khususnya orang-orang yang Work From Home (WFH). Kamu bisa mereleksasi tubuh salah satunya dengan luluran.

Diketahui lulur adalah perawatan yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari tubuh. Perawatan tubu h ini juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut. 

Tapi sebelum lulur dimulai, Sahabat Dream wajib lakukan eksfoliasi tubuh agar perawatan makin maksimal. Apa sih eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah langkah perawatan kulit yang dilakukan untuk membersihkan wajah, selain wajah, tubuh juga perlu dieksfoliasi.

 ilustrasi lulur© Shutterstock

Setelah itu, kamu bisa lakukan lulur ke seluruh tubuh. Lulur akan membantu proses eksfoliasi kulit dan menjadikannya lembut dan lentur.

Ada banyak jenis lulur yang tersedia di pasaran saat ini. Dari banyaknya varian itu, lulur kopi diketahui paling banyak diminati.

Rangkaian perawatan tubuh ini tidak bisa dengan cara yang asal-asalan, ya. Khawatir, akan berdampak buruk untuk kulit tubuh kamu. Dilansir dari Boldsky, berikut ada tips yang bisa kamu lakukan untuk luluran di rumah:

2 dari 5 halaman

1. Cara Menggunakan Lulur

Lulur paling baik digunakan saat mandi. Karena ketika tubuh basah, pori-pori akan terbuka.

Basahi tubuh secara menyeluruh menggunakan air dengan suhu normal atau air hangat, ambil lulur dalam jumlah yang banyak dan oleskan ke seluruh tubuh.

Dengan gerakan memutar, gosok kulit selama 5-10 menit sebelum dibilas.

 ilustrasi lulur© Shutterstock

Pastikan pakai lulur dengan butiran yang lebih kecil, lalu bilas dengan air. Jangan gunakan sabun setelah luluran, karena proses eksfoliasi sudah cukup membuat kulit menjadi kering.

Sabun lebih baik digunakan sebelum luluran, atau jangan gunakan sabun sama sekali.

Setelah dibilas, jangan lupa gunakan body lotion atau body butter karena berfungsi untuk menenangkan dan melembutkan kulit.

2. Frekuensi Penggunaan Lulur

Mirip dengan wajah, eksfoliasi berlebihan pada tubuh bisa berbahaya bagi kulit. Gunakan lulur dua kali seminggu, dengan jeda 2-3 hari. Bagi yang memiliki kulit sensitif, lakukan tes produk sebelum benar-benar menggunakan lulur pada seluruh bagian tubuh.

3 dari 5 halaman

3. Manfaat Menggunakan Lulur Tubuh

Selain memberi relaksasi, lulur juga berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati, menenangkan kulit kering dan terkelupas, meratakan warna kulit, mencerahkan, melembutkan, meningkatkan kelembaban dan mengurangi stres.

 Ilustrasi hijaber© Shutterstock

4. Jangan Pakai Lulur Pada Wajah

Kulit wajah bersifat lebih tipis dan lebih sensitif daripada kulit di tubuh.

Tidak hanya itu, lulur yang diperuntukkan bagi tubuh sedikit bersifat lebih keras dari scrub yang memang diperuntukkan bagi wajah.

Jadi, menggunakan lulur untuk tubuh pada wajah, hanya akan membahayakan kulit.

Laporan: Raissa Anjanique

4 dari 5 halaman

Efek Buruk Luluran Setiap Hari

Dream - Sebagian wanita senang melakukan scrubbing atau luluran secara rutin untuk membuat kulit lebih halus dan bersih. Tapi, sebenarnya apakah scrubbing harus dilakukan setiap hari? 

" Scrubbing tubuh atau luluran sebenarnya bukan perawatan terlalu penting untuk dilakukan setiap hari. Kalau sudah mandi, nggak perlu luluran," tutur Kardiana Dewi, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, akhir pekan ini. 

 

5 dari 5 halaman

Scrubbing

 ilustrasi lulur© Shutterstock

Scrubbing memang dianjurkan, tapi tidak setiap hari. Fungsi utamanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang tak bisa dibersihkan hanya dengan mandi.

" Biasanya kan, suka mandi cepat-cepat. Kali ini benar-benar diperhatikan dan diharapkan sel kulit matinya pun terangkat," kata Kardiana.

Karena tidak terlalu dianjurkan, scrubbing tubuh dianjurkan hanya dilakukan dua hingga empat kali dalam satu bulan agar kelembapan kulit tetap terjaga. Jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi kering.

" Sebulan sekali sudah cukup. Karena siklus kulit itu kan 28 hari. Jadi, yang dibuang hanya sel kulit mati, bukan kelembapan kulitnya," pesan Kardiana. (ism) 

Join Dream.co.id