Menulis Jurnal, Cara Maudy Ayunda Jaga Kesehatan Mental

Beauty | Jumat, 5 November 2021 12:23

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kenali berbagai manfaat menulis jurnal.

Dream - Beberapa tahun terakhir, kesehatan mental semakin menjadi perhatian. Tak heran jika semakin banyak orang yang berani mengutarakan kondisi psikisnya atau langsung berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater.

Konten yang membahas seputar tips kesehatan mental pun kian banyak. Salah satunya adalah manfaat menulis jurnal secara rutin bagi kesehatan mental. Padahal, kebiasaan tersebut bukanlah hal baru.

Menulis jurnal sangat disarankan untuk melatih berkomunikasi, menjaga kesehatan mental, serta meningkatkan fokus. Hal tersebut juga dirasakan oleh penyanyi sekaligus pemain film, Maudy Ayunda. Ia mengaku mendapat banyak manfaat dengan menulis jurnal.

Menulis Jurnal, Cara Maudy Ayunda Jaga Kesehatan Mental
Maudy Ayunda. (Source: Instagram @maudyayunda)
2 dari 5 halaman

Merasa lebih mengenal diri sendiri

 Maudy Ayunda© Dream

" It's helping me connect with myself. Saat menuliskan perasaan, aku feel more connected dan lebih mengerti diri aku," ujarnya dalam peluncuran produk kecantikan kolaborasinya dengan merek kosmetik lokal, Aeris Beaute, Kamis 4 November 2021.

Selain itu, pelantun Perahu Kertas itu juga merasa lebih kuat secara mental dan fokus menghadapi berbagai hal dengan membiasakan diri menulis jurnal.

" Kalaupun aku lagi down, aku tetap merasa bisa face it all kalau feel connected, mindful, and present. Apalagi, dengan semua ketidakjelasan situasi, hal yang terjadi bikin anxiety," ujar Maudy.

3 dari 5 halaman

Membantu mencapai impian

Kebiasaan tersebut menjadi salah satu kunci kesuksesan penyanyi 26 tahun itu dalam mencapai impiannya. Dia pun kerap melakukan evaluasi dan refleksi diri, serta mengucap syukur ketika menulis jurnal.

" Jurnal bisa jadi productivity tool. Bukan hanya planner, kita juga bisa reflect, be mindful, mengenal diri sendiri, track our goalsIt's important to pause and think about what we are grateful for. Kalau dikejar deadline kan, susah untuk mikirin hal yang disyukurin. Padahal, itu penting untuk mental health," ujar pelantun Kejar Mimpi itu.

Di samping menulis jurnal, penyanyi yang tengah gemar bercocok tanam itu juga sering mengumpulkan kalimat motivasi yang bisa memicu produktivitasnya. (mut)

4 dari 5 halaman

Bangga! Wajah Maudy Ayunda Mejeng di Times Square New York

Dream - Wajah Maudy Ayunda terpampang di Times Square, New York, Amerika Serikat. Bintang film Perahu Kertas itu terpilih sebagai Artist of the Month dari Indonesia dalam program musik EQUAL dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.

Foto Maudy Ayunda yang mejeng di Times Square tersebut merupakan kampanye Equal yang diselenggarakan Spotify. Maudy Ayunda pun bangga melihat gambarnya sendiri terpampang di Time Square.

Tinggal Kenangan, Inilah 6 Momen Bahagia Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Melalui laman Instagram pribadinya, Maudy Ayunda mengunggah foto dirinya yang terpampang di Times Square. Bintang film Habibie & Ainun 3 itu mengaku begitu senang melihat wajahnya terpampang di Times Square.

 Ilustrasi© Dream

"  New York Times Square Situation!!! A big shout out to @spotify for highlighting female artists in your EQUAL campaign. Thank you for amplifying voices and pushing for representation," tulis Maudy Ayunda menyertai postingan fotonya.

"  Temen2 yang di NEW YORK, post and tag me please!!" sambung Maudy.

 

 

5 dari 5 halaman

Apresiasi Publik

 Ilustrasi© Dream

Postingan Maudy Ayunda pun mendapat banyak apresiasi dari teman sesama artis dan warganet. Mereka memberikan pujian dan apresiasi atas prestasi membanggakan dari Maudy. Najwa Shihab pun juga turut memberikan emotikon love di kolom komentar.

Nikahan Dirias Keponakan Umur 17 Tahun, Aduh Hasilnya...

" Keren banget! Ntar deh kalo pas ke New York lagi, moga2 masih ada," tulis @imanusman.

" Woohoo!!!" tulis @deelestari.

" Prestasi apa lagi ini bun. Congrats. Gak habis-habis ya. Doain nyusul. Aamiin," tulis @deni_silaban.

" kak maudy gk pernah kaleng2..," kata @anisanur1704.

" Keren bnget kak maudy❤️🙌," ucap @nnonikk__

Join Dream.co.id