Mengenal Masalah Kulit Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Beauty | Kamis, 27 Februari 2020 08:13
Mengenal Masalah Kulit Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Reporter : Cynthia Amanda Male

Salah satu masalah kulit wajah yang butuh penanganan khusus adalah kulit tersumbat.

Dream - Biasanya kita menangani semua masalah kulit wajah dengan cara yang sama. Mencuci wajah, melakukan scrubbing dan diakhiri mengoleskan pelembab.

Tapi teknik yang sama tak bisa dilakukan untuk masalah kulit tertentu. Butuh solusi khusus.

Salah satu masalah kulit wajah yang butuh penanganan khusus adalah kulit tersumbat.

Seperti diketahui, wajah sering berjerawat dan kulit selalu tampak kusam mengindikasikan adanya masalah kulit yang tersumbat.

Mengenal Masalah Kulit Tersumbat

Kulit yang tersumbat ditandai oleh pori-pori yang terbuka lebar dengan banyak komedo. Akibatnya kulit terasa kasar dan sering mengalami jerawat.

 Kulit tersumbat© Dream

Seperti diketahui, kulit melepaskan sel-sel kulit mati. Jika dibiarkan menumpuk akan menyumbat pori-pori kulit. Inilah yang disebut dengan kulit tersumbat.

Selain itu, kulit bersentuhan dengan debu dan polusi, produk perawatan kulit dan makeup secara terus menerus. Semua faktor ini akan membuat kulit makin tersumbat.

Kulit yang tersumbat melibatkan berbagai masalah kulit sebagai penyebabnya seperti komedo, jerawat, dan kulit kusam.

2 dari 5 halaman

Cara Mengenali Kulit Tersumbat

Untuk mengenali kulit tersumbat cukup mudah. Apakah tekstur kulit wajah terasa kasar? Atau pernahkah seseorang mengatakan akhir-akhir ini kulit kamu terlihat kusam? Ada kemungkinan kulit kamu tersumbat.

 Kulit tersumbat© Dream

Tanda-tanda apakah kulit kamu tersumbat bisa dilihat dari seringnya seseorang mengalami komedo, baik yang hitam maupun yang putih.

Selain itu, kulit tersumbat ditandai dengan permukaan kulit yang tidak merata dan sering muncul jerawat.

3 dari 5 halaman

Penyebab Kulit Tersumbat

Kulit tersumbat terutama disebabkan karena pori-pori yang terbuka lebar tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak berlebihan yang diproduksi di kulit, debu dan polusi.

 Kulit tersumbat© Dream

Kurangnya perawatan kulit yang tepat, ketidakseimbangan hormon, kebiasaan makan yang buruk dan menggunakan produk perawatan kulit dan makeup yang salah juga dapat menyebabkan kulit tersumbat.

Jika kamu termasuk seseorang yang suka makeup, maka alat makeup yang jarang dibersihkan juga dapat menginfeksi kulit dan menyebabkan kulit tersumbat.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kulit Tersumbat

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan dan mengelupas kulit (eksfoliasi) secara teratur. Tapi jangan berlebihan.

Bersihkan kulit dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut yang bebas sabun. Untuk mengelupaskan kulit, cari produk yang memiliki asam alfa-hidroksi.

 Kulit tersumbat© Dream

Bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, asam mandelat, asam malat dan asam laktat adalah asam alfa hidroksi yang akan mengelupas kulit dengan lembut tanpa membuatnya terlalu kering atau menyebabkan kerusakan.

 

5 dari 5 halaman

Untuk Kulit Sensitif

Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan enzim dari buah untuk pengelupasan kulit. Cari produk yang mengandung enzim pepaya atau nanas. Buah-buahan ini mengandung enzim yang mengeksfoliasi kulit dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

 Kulit tersumbat© Dream

Selain itu, gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Menggunakan produk perawatan kulit yang salah bisa sangat merusak kulit. Terakhir, bersihkan peralatan makeup dan hapus makeup setiap kali sebelum tidur malam.

Terkait
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id