Cara-cara Ampuh Memulihkan Bekas Jerawat

Beauty | Rabu, 9 Oktober 2019 07:42
Cara-cara Ampuh Memulihkan Bekas Jerawat

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Wajah jadi bopeng-bopeng usai sembuh dari jerawatan parah.

Dream - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit paling meresahkan. Setelah diatasi, ada masalah baru yang dapat timbul usai pengobatan jerawat.

Salah satunya adalah acne scar, bekas jerawat atau yang kerap disebut bopeng. Luka ini muncul akibat kerusakan jaringan kulit dari masalah non inflamasi maupun inflamasi pasca proses penyembuhan.

Kebiasaan buruk dari memecahkan jerawat juga menjadi salah satu penyebab umum bekas jerawat. Bentuk acne scar sangat bermacam-macam. Beberapa di antaranya yakni ice pick, rolling scar dan boxcar.

 Jerawatan

" Ice pick merupakan yang paling sulit diatasi, karena bentuknya yang dalam dan meruncing. Akibatnya permukaan kulit tidak mulus dan terlihat bopeng," jelas dokter spesialis kulit,  Shinta Damayanti di ERHA Derma Center Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa 8 Oktober 2019.

2 dari 4 halaman

Mengatasi Bekas Jerawat

Bekas jerawat berupa hiperpigmentasi atau kehitaman dapat disamarkan dengan memakai krim wajah. Sedangkan bekas jerawat kemerahan diatasi dengan laser treatment.

Namun bekas jerawat yang meninggalkan bopeng seperti ice pick, rolling scar dan boxcar harus diatasi dengan treatment khusus, demi mengembalikan struktur permukaan kulit.

 Jerawatan

Auto Microneedle adalah inovasi terbaru dengan menggabungkan jarum-jarum halus (Auto Microneedle Therapy System) dan elektroporasi untuk memasukkan serum ke lapisan bawah epidermis.

" Jarum akan membuat luka-luka kecil yang merangsang produksi elastin dan kolagen, yang nantinya mempercepat proses pemulihan bekas jerawat sehingga cekungan terlihat lebih naik dan mengurangi bopeng," paparnya.

Metode ini lebih aman karena hanya menyebabkan sedikit luka, lebih higienis dengan memakai jarum baru di setiap tindakan dan hasil lebih baik karena penetrasi serum lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

Cara Lebih Ampuh

Hasil Auto Microneedle dapat terlihat setelah 4-5 kali treatment dengan jangka waktu setiap bulan. Metode ini sangat efektif untuk mengatasi bekas jerawat rolling scar dan boxcar yang tidak terlalu dalam.

Sementara itu, bekas jerawat tipe ice pick membutuhkan cara lebih ampuh untuk mengembalikan tekstur kulit. Yakni dengan metode Microneedle RF.

 Jerawatan

Jarum yang digunakan pada metode ini dilapisi emas murni 24 karat. Microneedle RF juga memberi dua manfaat sekaligus, yakni pemulihan bekas jerawat dan rejuvenasi kulit.

" Cara ini lebih advance, waktu pemulihannya juga lebih cepat sehingga cocok diterapkan untuk orang yang harus selalu berpenampilan sempurna," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Efek Samping

Layaknya perawatan kulit yang memakai jarum, kedua acne treatment tersebut memiliki downtime atau waktu pemulihan.

Kulit biasanya akan terlihat lebih merah dan akan normal dalam waktu 5-7 hari.

" Pasien akan diberikan antibiotik khusus untuk mencegah infeksi. Usai perawatan disarankan hanya memakai antibiotik, sunscreen dan sabun cuci wajah saja," pungkasnya.

 Jerawatan

Di Indonesia, perawatan Auto Microneedle dan Microneedle RF sudah tersedia di ERHA Derma Center. Harganya berkisar mulai dari Rp1,5 juta untuk Microneedle dan Rp3 juta untuk Microneedle AF.

" Harga tersebut mencakup 1500 shot (injeksi). Bisa digunakan sekaligus atau dalam beberapa kali pertemuan, tergantung daya tahan pasien masing-masing," kata Ika Nursantini Noor, General Manager Brand & Product Marketing ERHA Acne ACT. 

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id