Mengapa Stres Bisa Berdampak Buruk Bagi Kulit?

Beauty | Kamis, 11 Februari 2021 15:45
Mengapa Stres Bisa Berdampak Buruk Bagi Kulit?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu sebabnya.

Dream - Stres merupakan hal yang sangat wajar dialami semua orang. Namun, stres berat bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan juga kulit.

Mungkin, kamu mengetahui efek stres pada kesehatan seperti asam lambung naik dan lain-lain. Tapi, bagaimana bisa stres berdampak pada kulit.

Dilansir dari Skincare.comstres memicu produksi hormon kortisol yang dapat memperburuk semua kondisi kulit. Sehingga ketika kulit sudah bermasalah, kondisinya bisa meradang saat stres.

2 dari 2 halaman

Dampak buruk stres pada kulit

Berdasarkan penuturan dermatologis Rebecca Kazin, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh stres.

Masalah lain yang bisa disebabkan oleh stres adalah kulit kusam, lelah, mengalami penuaan dini serta kantung mata.

Hal ini juga dipicu kurang tidur serta pola makan kurang sehat yang sering dialami ketika stres. Apalagi, jika mengabaikan kewajiban merawat kulit secara rutin.

Maka dari itu, kamu harus selalu mengontrol stres, menjaga pola hidup sehat serta melakukan perawatan kulit secara rutin agar kulitmu tetap sehat.

Mengontrol stres bisa dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya adalah meditasi, berkonsultasi dengan psikolog, sering mengobrol dengan teman dekat atau keluarga, menyisakan waktu untuk diri sendiri dan lain-lain.

Join Dream.co.id