Masker Tak Lindungi Kulit dari 'Jahatnya' Sinar UV, Wajib Pakai Sunscreen!

Beauty | Selasa, 18 Januari 2022 17:35

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan malas pakai sunscreen ya, Sahabat Dream.

Dream ─ Masker jadi benda yang wajib dikenakan saat keluar rumah selama pandemi Covid-19. Bentuk dan bahannya sangat beragam dan saat menggunakannya, kita kadang jadi malas memakai sunscreen atau tabir surya.

Merasa masker sudah cukup melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, terutama jika juga menggunakan topi atau payung. Rupanya kebiasaan ini harus dihindari.

Claudia Christin, dokter spesialis kulit, lewat akun Instagramnya @funskincare, membeberkan beberapa fakta soal masker dalam hal melindungi kulit dari sinar matahari. Menurutnya, kita tetap harus mengenakan sunscreen meskipun sudah menggunakan masker yang menutup sebagian wajah.

 Menggunakan sunscreen setiap hari© MEN

" Kamu tetap harus memakai tabir surya untuk kulit di bawah masker wajah, dan sebenarnya, gesekan, kelembapan, dan keringat lebih banyak menghilangkan tabir surya daripada bagian lain dari wajah," tulisnya.

Memang, masker memang bisa melindungi kulit secara fisik dari matahari, tapi presentasenya sangat sedikit. Untuk level perlindungan, ternyata lebih tinggi masker dari bahan sintetis dari pada bahan kain.

 

Masker Tak Lindungi Kulit dari Jahatnya Sinar UV, Wajib Pakai Sunscreen!
Pakai Masker
2 dari 5 halaman

Dipengaruhi juga seberapa padat anyaman bahan mempengaruhi perlindungan. Biasanya semakin berongga, semakin sedikit perlindungan yang diberikan. Sementara untuk warna, warna masker yang lebih gelap memberikan perlindungan yang lebih baik

"Sebagian besar masker wajah terbuat dari bahan katun ringan dan mungkin memiliki SPF (sun protection formula) 7 atau lebih, yaitu sekitar setengah dari yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari. Pastikan untuk mengoleskan kembali tabir surya saat melakukan aktivitas di luar ruangan," ungkap dr. Claudia.

Sebagai gambaran detail, dr. Claudia membuat video simulasi perlindungan UV dengan UV camera. Berikut videonya.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Claudia Christin (@funskincare)

Laporan Abinsha Nurmaulida Rizky

3 dari 5 halaman

Sunscreen vs Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama

Dream - Memakai sunscreen atau sunblock setiap hari hukumnya adalah wajib. Terutama bagi kamu yang selalu ingin menjaga kulit selalu sehat dan awet muda. Banyak sekali produk sunscreen dan sunblock yang beredar di pasaran dan banyak yang bingung saat memilihnya.

Sebenarnya baik sunscreen dan sunblock memiliki fungsi yang sama, yaitu melindungi kulit kita dari sinar UVA dan UVB berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan. Terutama ketika harus beraktivitas di luar ruangan.

 Sunscreen vs Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama© MEN

Lalu apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Dikutip dari PopSugar, perbedaan utamanya adalah sunscreen menyerap ke dalam kulit dan sunblock menetap di atas kulit.

" Sunscreen akan menyerap dan menyebar sebelum sinar matahari menembus kulit. Sementara sunblock, menetap di atas kulit kita dan memblokir sinar matahari dengan memantulkannya. Kedua produk tersebut bekerja dengan berbeda, walaupun memiliki perlindungan yang sama," ujar Ashley Magovern, MD, seorang dokter kulit, dikutip dari Real Simple

 

4 dari 5 halaman

Sunblock lebih efektif

Bila kamu membaca label belakang sunscreen dan sunblock, anda akan melihat perbedaan yang mengejutkan. Blair Murphy-Rose, MD, FAAD, dokter bedah kosmetik bersertifikat di New York, mengatakan banyak sunblock yang memiliki zinc oxide atau titanium dioxide. Zat-zat tersebut yang menjadi pelindung utama kulit dan sinar matahari yang berbahaya.

" Sunblock lebih efektif daripada 'saudaranya', sunscreen. Bahan aktif dari sunblock juga dianggap lebih aman bagi lingkungan," ujarnya.

Sementara sunscreen berisi bahan kimia seperti; avobenzone, octocrylene, homosalate, octisalate, octinoxate, oxybenzone, dan banyak lainnya. Formula tersebut memang menyediakan perlindungan matahari yang kita butuhkan, tapi masih terdapat potensi yang dapat merusak kulit. Sunscreen juga perlu lebih sering digunakan berulang dan lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk meresap ke dalam kulit.

 

 

5 dari 5 halaman

" Karena sunscreen tidak menciptakan perisai pelindung fisik, itu cenderung tidak memberikan perlindungan terhadap banyak kondisi yang disebabkan oleh sinar matahari seperti perubahan pigmentasi dan rosacea dibandingkan dengan sunblock," kata Murphy Rose.

 Tidak Menggunakan Sunscreen© Shutterstock

Untuk mengetahui mana produk sunscreen atau sunblock, baca label di belakang kemasan. Bila ada formula zinc oxide dan titanium dioxide makan produk tersebut adalah sunblock. Untuk memilih sunscreen yang tepat cara yang memiliki broad-spectrum (yang berarti melindungi kulit terhadap UVA dan UVB).

Laporan: Anzila Riskia Putri

Join Dream.co.id