5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah dan Cara Memakainya

Beauty | Rabu, 21 Agustus 2019 08:48
5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah dan Cara Memakainya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tomat juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Berikut manfaat tomat dan cara memakainya untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Dream - Kulit wajah menjadi bagian tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, debu, hingga asap polusi udara. Paparan itu menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kusam, dan lainnya.

Agar kulit wajah tetap sehat, diperlukan perawatan. Salah satunya dengan cara alami menggunakan bahan buah-buahan dan sayuran. Salah satunya dengan tomat yang baik digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah tersebut.

Tomat mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kulit wajah. Salah satu cara memanfaatkan tomat ini dengan mengambil cairannya. 

Tidak hanya mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, tomat juga mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk memperbanyak produksi kolagen dalam tubuh.

Tomat juga mengandung antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas. Selain itu, ada manfaat tomat bagi kulit wajah lainnya, seperti berikut ini.

 

2 dari 6 halaman

Manfaat Tomat untuk Mengatasi Jerawat

Karena mengandung antiperadangan dan antioksidan, tomat ampuh menjadi bahan alami untuk mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan mampu mencegah dan mengurangi warna kemerahan pada bekas jerawat. Untuk perawatan anti jerawat dengan menggunakan tomat, Sahabat Dream bisa menambahkan timun.

 Masalah Kulit WajahMasalah Kulit Wajah © Shutterstock

Cara melakukan perawatan kulit wajah untuk mengatasi jerawat, yang pertama dilakukan ialah membuat tomat dan timun menjadi jus. Sahabat Dream bisa mencampurnya langsung atau bisa mencampurkannya setelah keduanya menjadi jus.

Setelah kedua jus alami ini tercampur, celupkan kapas ke dalam campuran jus tomat dan timun. Lalu tunggu beberapa saat sampai kapas menyerap cairan jus. Setelah itu, tempelkan kapas ke wajah secara merata.

Diamkan hingga kapas mongering, lalu bilas wajah dengan air setengah hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan jerawat ini secara rutin.

3 dari 6 halaman

Manfaat Tomat untuk Mengatasi Kulit Berminyak

 Masalah Kulit WajahMasalah Kulit Wajah © Shutterstock

Tidak hanya ampuh mengatasi jerawat, tomat juga bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak. Kandungan astigen dalam tomat dapat mengurangi produksi minyak pada kulit wajah.

Manfaat tomat untuk kulit wajah ini akan lebih maksimal apabila ditambahkan dengan perasan lemon. Tidak hanya mengurangi produksi minyak di kulit wajah saja, campuran tomat dan lemon ampuh untuk mencerahkan kulit.

Untuk memperoleh manfaat tomat dan lemon ini, Sahabat Dream bisa membuat campuran jus tomat dengan perasan lemon. Campurkan kedua cairan ini dalam wadah dan aduk hingga merata. Setelah itu, celupkan kapas ke dalam wadah hingga cairan terserap.

Lalu, tempelkan kapas ke wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit hingga kapas mongering. Setelah itu, angkat kapas dan bilas wajah dengan menggunakan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan sekali dalam sepekan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 6 halaman

Manfaat Tomat untuk Mencerahkan Kulit

Mencampur multani mitti dengan tomat diyakini mampu menyerap kotoran dan debu dari kulit wajah. Dengan diserapnya kotoran dan debu ini, akan membuat kulit wajah tampak lebih bersinar dan cerah. Untuk memaksimalkan manfaat tomat ini, Sahabat Dream bisa menambahkan air mawar.

 Masalah Kulit WajahMasalah Kulit Wajah © Shutterstock

Untuk melakukan perawatan kulit wajah ini, hal pertama yang disiapkan ialah jus tomat, multani mitti yang bisa dibeli di pasaran, dan beberapa tetes air mawar. Campurkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk hingga rata.

Setelah itu, aplikasikan langsung pada kulit wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Kemudian biarkan campuran tersebut selama 15 menit hingga mengering di wajah.

Baru setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Lalukan perawatan kulit wajah ini 1-2 kali dalam sepekan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 6 halaman

Manfaat Tomat untuk Mengatasi Komedo

 Masalah Kulit WajahMasalah Kulit Wajah © Shutterstock

Kandungan antioksidan dalam tomat tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan menangkal radikal bebas. Antioksidan dan astrigen yang terdapat di dalam tomat juga bermanfaat untuk mengatasi masalah komedo dan ampuh untuk mencerahkan kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat tomat sebagai pengusir komedo, Sahabat Dream bisa menggunakan secara langsung tomat dengan cara mengambil cairannya. Setelah itu, rendam kapas dalam cairan tomat sampai cairan tomat meresap ke dalam kapas.

Setelah itu, ambil kapas dan tempelkan kapas ke area kulit wajah yang banyak komedo, biasanya ada di sekitar hidung dan mulut. Tempelkan kapas sebelum tidur dan biarkan kapas menempel semalaman.

Pagi harinya, bilas wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini sepekan sekali untuk medapatkan hasil yang memuaskan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Tomat untuk Mengurangi Lingkaran Hitam

Manfaat tomat yang selanjutnya ialah mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Manfaat ini didapatkan karena adanya kandungan lycopene di dalam tomat yang mampu mengurangi warna hitam di sekitar mata yang membandel.

 Lingkaran Hitam di MataLingkaran Hitam di Mata © Shutterstock

Untuk memaksimalkan kinerja lycopene, kita bisa menambahkan aloe vera gel. Caranya mudah, Sahabat Dream tinggal mencampurkan jus tomat dengan aloe vera dalam mangkuk dan mengaduknya sampai merata. Setelah itu aplikasikan pada area bawah mata.

Tunggu 5 hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari untuk mengurangi lingkaran hitam di mata secara maksimal.

Sumber: Bold Sky

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id