Ketahui Penyebab Jerawat Berdasarkan Area Timbulnya

Beauty | Senin, 19 Agustus 2019 08:12
Ketahui Penyebab Jerawat Berdasarkan Area Timbulnya

Reporter : Cynthia Amanda Male

Yuk simak artikelnya sampai selesai.

Dream - Jerawat bisa tumbuh di berbagai bagian tubuh. Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa tumbuh di bagian punggung. 

Mungkin Sahabat Dream pernah berjerawat pada bagian pipi, dahi, hidung, bahkan punggung. Tapi tahukah kalian, jerawat di bagian tertentu menjadi pertanda kondisi kesehatan bagian tubuh?

Memang ini bukan hasil penelitian ilmiah, hanya berdasarkan pengalaman observasi founder Skin Dewi, Dewi Kauw. Jerawat di pipi misalnya, disebabkan oleh masalah pencernaan.

 shutterstock

" Ini enggak scientific proven ya. Tapi berdasarkan observasi saya, kalau di pipi itu kebanyakan dari masalah pencernaan," tutur Dewi di The Plaza, Jakarta Pusat, Jumat 16 Agustus 2019.

Berdasarkan pengalaman Dewi, para klien yang berkonsultasi tentang jerawat di pipi, proses buang air besarrnya tidak lancar atau pencernaannya kerap bermasalah. " Seperti sering sendawa atau ada penyakit asam lambung," tambah dia.

2 dari 6 halaman

Jerawat Dagu atau Rahang

Jika kamu memiliki jerawat di dagu atau rahang, kemungkinan penyebabnya adalah hormon. Dewi menyarankan untuk tes hormon ke laboratorium dan berkonsultasi dengan dokter kulit.

" Jangan berkonsultasi ke dokter umum, langsung ke functional medicine karena mereka lebih percaya prevention," katanya.

Jerawat yang muncul di hidung diasumsikan karena masalah liver. " Kemungkinan besar orangnya kecapean banget atau kurang tidur," jelas dia.

 shutterstock

3 dari 6 halaman

Jerawat Dahi

Sedangkan, jerawat di dahi bisa disebabkan beragam hal seperti pencernaan atau kondisi kulit kepala yang bermasalah.

" Bisa jadi karena pencernaannya kurang bakteri baik atau ada masalah dengan scalp. Mungkin karena berminyak atau ada ketombe. Kalau ada ketombe, bisa jadi disebabkan fungal acne, fungal related issues," tambah Dewi.

4 dari 6 halaman

Jerawat punggung

Ada juga sebagian orang yang memiliki jerawat punggung. Jerawat ini bisa disebabkan pencernaan atau makanan tertentu.

Dewi menyarankan untuk mengurangi konsumsi gula karena dapat menyebabkan jerawat membesar dan meradang. " Gula membuat inflamasi meningkat dan harus dikurangi. Gula juga jadi makanan jamur untuk membuat jerawat menyebar," tutupnya.

5 dari 6 halaman

Doa Mengatasi Jerawat yang Membandel

Dream Jerawat jadi salah satu momok tak hanya bagi para wanita tapi juga pria. Gangguan kulit pada wajah ini dapat membuat penampilan kurang menarik.

Orang jadi tidak percaya diri gara-gara jerawat. Terutama kaum hawa yang selalu memperhatikan penampilan mereka.

Banyak cara yang sudah dicoba untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari mencoba obat-obatan tertentu sampai cara ekstrem dengan memencet jerawat.

Sayangnya, cara-cara tersebut kadang kurang efektif. Jerawat tetap muncul bahkan semakin banyak.

Setelah berusaha mencari cara pengobatan yang sesuai, yuk kita barengi dengan membaca doa. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwata An Nasa'i.

6 dari 6 halaman

Doa Atasi Jerawat

 Doa atasi jerawat

Allahumma muthfi’al kabir wa mukbira shaghiri athfi’ha anni

Artinya,

" Ya Allah, dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku."

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id