Ketahui Penyebab dan Cara Menyembuhkan Rambut Rontok

Beauty | Jumat, 8 Maret 2019 13:30
Ketahui Penyebab dan Cara Menyembuhkan Rambut Rontok

Reporter : Cynthia Amanda Male

Rambut rontok menjadi momok, terutama bagi kaum hawa.

Dream - Rambut rontok bukan masalah sepele, apalagi untuk wanita. Kerontokan bisa membuat seseorang stres karena penampilan bisa terganggu yang akhirnya menurunkan rasa percaya diri.

Meski membuat cemas, kerontokan pada rambut sebetulnya tak perlu dihadapi dengan kepanikan. Jika rambutmu rontok tidak lebih dari 50-100 helai per hari, kamu masih bisa bernapas lega. Kondisi ini memang lazim terjadi pada semua orang. 

" Semua orang pasti pernah rontok karena rambut punya fase hidup dan mati. Dan kalau mati, rambutnya akan rontok," ungkap Medical Doctor dan Medical Host dr. Oz, Alberta Claudia, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Menurut Alberta, biasanya rambut akan rontok setelah 6-7 tahun. Rambut yang berserakan di lantai setelah menyisir biasanya terjadi karena faktor hormon, stres, pola makan, usia atau proses melahirkan.

'Tapi, paling sering karena stres," kata Alberta.

Jika terkait faktor usia, rambut akan mulai mengalami penurunan pertumbuhan saat usia 40 atau 50 tahunan.

" Normalnya, rambut tumbuh 1,7 sentimeter per bulan. Di usia 40 ke atas akan mengalami penurunan 10-20 persen dan akan tumbuh lagi 6-7 tahun kemudian," jelas dia.

Saat rambut rontok, kamu bisa menanganinya diantaranya dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang, mengurangi pemakaian penutup kepala, atau memijat kulit kepala.

Dari segi nutrisi, kamu juga disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi vitamin A. Hindari  juga makanan berminyak agar tidak meningkatkan produksi sebum di kulit kepala.

" Pilih makanan kaya protein, vitamin B, D atau E yang mengandung antioksidan serta menutrisi rambut," tutup Alberta.(Sah)

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id