Ketahui Kapan Harus Menggunakan Kuas Makeup Berbulu Vegan dan Sintetis

Beauty | Kamis, 29 September 2022 11:48

Reporter : Cynthia Amanda Male

Fungsi dan cara kerja kedua jenis kuas berbeda. Cari tahu agar bisa memilih yang tepat untuk menyempurnakan riasanmu.

Dream - Memilih aplikator atau alat makeup sangat mempengaruhi hasil riasanmu. Makeup bisa terlihat kurang rapi dan tidak natural jika menggunakan aplikator yang salah.

Biasanya, kesalahan memilih aplikator terjadi ketika menggunakan kuas. Banyaknya jenis kuas yang terdapat di pasaran seringkali membuat orang bingung memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

 Memakai Kuas Makeup© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Terlepas dari bentuknya, bahan dasar bulu kuas juga bisa mempengaruhi hasil makeup. Sejauh ini, bulu kuas dibuat dari dua bahan, yaitu vegan atau sintetis dan bulu hewan atau natural.

Ketahui Kapan Harus Menggunakan Kuas Makeup Berbulu Vegan dan Sintetis
Memakai Kuas Makeup. (Source: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Keduanya memiliki fungsi dan karakteristik masing-masing. Bulu hewan atau yang disebut bahan natural akan lebih mudah mengangkat produk makeup bertekstur bubuk, seperti bedak, blush, dan lain-lain.

 Ulang Tahun Ke-22 Masami Shouko© Cynthia Amanda Male

Foto: Cynthia Amanda Male

" Bulu hewan itu kayak rambut manusia. Debu, kan mudah nempel di rambut. Jadi, bulu hewan juga sama. Dia lebih bisa angkat makeup yang powdery, kayak blush dan bedak," tutur Sophie Linardi, Founder Masami Shouko dalam acara Ulang Tahun Masami Shouko Ke-22 di TWS Dining, Jakarta Selatan, Rabu 28 September 2022.

Sedangkan kuas yang berbulu sintetis atau bersifat vegan lebih cocok digunakan untuk mengaplikasikan makeup bertekstur gel, cair, atau liquid. " Kalau vegan nggak menyerap makeup. Bahan dasarnya plastik. Jadi, disesuaikan fungsi dan kebutuhannya" .

Selain pemilihan kuas atau aplikator yang tepat, pastikan kamu membersihkan alat makeup secara rutin. Pastikan juga kamu membersihkannya menggunakan pembersih khusus kuas agar bulunya tidak cepat rusak. Lalu, keringkan dengan cara membalikkan posisi makeup agar airnya cepat turun, bulu kuas mengering, serta bentuknya tetap terjaga.

3 dari 6 halaman

Trik Pengaplikasian Foundation ala MUA Korea untuk Tampilan Makeup No-Makeup

Dream - Riasan ala wanita Korea identik dengan tampilan wajah natural meski menggunakan base makeup seperti foundation, cushion, atau BB cream. Tampilan wajah natural yang nyaris seperti tidak menggunakan makeup bisa didapatkan dengan teknik tertentu.

Sejumlah Makeup Artist (MUA) asal Korea juga kerap membagikan teknik pengaplikasian makeup yang sama agar riasan lebih natural. Salah satu teknik yang diterapkan MUA Korea dibagikan oleh Beauty TikToker @maybmei.

Ia mengungkap teknik pengaplikasian foundation agar tidak terlihat cakey dan terlalu tebal. Kamu hanya perlu menyiapkan liquid foundation, spons, dan flat foundation brush. 

Nah semua perlengkapan makeup sudah siap? Waktunya kita mulai tahapan-tahan pengaplikasian makeup nomakeup ala MUA Korea.

4 dari 6 halaman

Pertama-tama, tuangkan liquid foundation ke wadah makeup atau punggung tangan. Setelah itu, ambil produk sedikit demi sedikit dan aplikasikan menggunakan kuas.

 Trik MUA Korea© TikTok @maybmei

Foto: TikTok @maybmei

Mulailah pengaplikasian dari pipi bagian tengah yang memiliki kulit lebih tebal dibandingkan area lainnya. Kamu juga bisa meratakan foundation dengan jari. Baurkan foundation dari area di dekat hidung ke area terluar wajah.

5 dari 6 halaman

 Trik MUA Korea© TikTok @maybmei

Foto: TikTok @maybmei

Tambahkan sedikit demi sedikit foundation hingga mendapatkan coverage sesuai keinginan. Selanjutnya, ratakan kembali foundation dengan spons.

6 dari 6 halaman

@maybmei Ini trik dari korean MUA, jadi natural bgt hasilnya! #GuiltyFreeFeelingFree @pixyindonesia . diskon 20% di tokopedia dari tanggal 28 Juni - 31 Juli #beauty101 #tutorialmakeup #makeuptutorial #gayaditiktok ♬ POP! - NAYEON

 

Join Dream.co.id