Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ketahui Kandungan Tepat untuk Mengeksfoliasi Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Ketahui Kandungan Tepat untuk Mengeksfoliasi Wajah Berdasarkan Jenis Kulit Mengeksfoliasi Kulit. (Source: Shutterstock)

Dream - Sebagian orang memerlukan eksfoliasi kulit untuk memperlancar proses regenerasi. Sehingga, kondisi kulit lebih bersih, sehat, dan cerah. Tapi, proses eksfoliasi harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

Pasalnya, eksfoliasi seringkali dilakukan menggunakan scrub atau skincare yang memiliki kandungan cukup iritatif bagi kondisi kulit tertentu. Untungnya, kini banyak skincare yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi wajah dan mengandung bahan aktif ringan serta aman bagi semua kondisi kulit.

Agar lebih mudah menentukan kandungan skincare yang tepat untuk mengeksfoliasi kulit, berikut panduan dari Dokter Kulit, Muneeb Shah.

Mengeksfoliasi Kulit

Foto: Shutterstock

Eksfoliasi menggunakan skincare cenderung lebih aman karena mengurangi kerusakan fisik akibat gesekan dari alat perawatan kulit. Selain itu, kamu juga bisa memilih kandungan yang tepat serta mengontrol jumlah produk yang digunakan agar sesuai dengan kebutuhan kulit.

Setelah memutuskan untuk memakai skincare untuk mengeksfoliasi kulit, ketahui jenis kulitmu terlebih dulu. Jika kulitmu tergolong normal, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung glycolic acid.

Bagi orang yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, skincare dengan salicylic acid akan lebih ampuh untuk mengeksfoliasi wajah dan membersihkan pori-pori. Tapi jika kulitmu kering, gunakanlah skincare dengan kandungan lactic acid agar kelembapan wajah tidak terganggu akibat proses eksfoliasi.

Sementara pemilik kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung mandelic acid atau PHA. Beberapa produk skincare menggabungkan berbagai jenis asam dengan formula yang tepat. Sehingga, kamu bisa menjadikan panduan ini sebagai dasar pemilihan produk eksfoliasi sebelum mencoba menemukan skincare yang tepat.

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dr. Muneeb Shah (@doctorly)

 

Mengenal Eksfoliasi Fisik dan Kimia, Apa Saja Bahan dan Kelebihannya?

Dream - Pengelupasan adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari kulit untuk menyegarkan sekaligus proses peremajaan secara berkala. Sahabat Dream mungkin bertanya-tanya apa yang membuat langkah ini penting.

Kulit kita melepaskan sel-sel setiap 25-30 hari sekali untuk regenerasi dan membuat sel-sel kulit baru. Sel-sel yang dilepaskan ini lebih populer kita sebut sebagai sel-sel kulit mati.

Ketika tidak tertangani dengan baik, sel-sel kulit mati ini dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit dan membuatnya kering, kusam dan tidak merata.

Dengan rutin melakukan eksfoliasi, Sahabat Dream telah membantu proses menyingkirkan sel-sel kulit mati ini.

Hal pertama yang perlu Sahabat Dream ketahui adalah ada banyak cara untuk pengelupasan kulit pengelupasan fisik dan pengelupasan kimia.

Eksfoliasi Kimia

Merawat Kulit

Pengelupasan kimia, umumnya dikenal sebagai proses mengelupaskan sisa-sisa kulit mati dengan bantuan bahan bahan kimia. Proses ini lebih baik dilakukan oleh seorang profesional terlatih untuk mengurangi risiko yang terlibat.

Pengelupasan kimiawi tidak hanya menambah kilau alami pada kulit, tetapi juga membantu mengatasi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, kerutan, dan bekas jerawat.

Apa saja bahan kimia yang terlibat?

Pengelupasan kimia menggunakan exfoliant seperti asam glikolat, asam laktat dan asam malat. Ini juga dikenal sebagai AHA (asam alfa-hidroksi). Bahan-bahan ini dianggap sebagai yang terbaik untuk kulit kering karena tidak menembus lebih dalam ke dalam kulit.

Bahan kimia lain yang digunakan untuk melakukan pengelupasan kimia adalah asam salisilat, yang merupakan asam beta-hidroksi (BHA). BHA sedikit lebih agresif dan ideal untuk kulit berminyak dan/atau berjerawat.

Asam lain yang cukup lembut untuk digunakan pada kulit sensitif adalah asam mandelic. Namun, ini dapat digunakan bersama untuk melakukan proses.

Bahan lain yang dapat dicari dalam exfoliant kimia adalah enzim buah. Ini juga efektif dalam pengelupasan kulit. Tetapi kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan seorang profesional sebelum melakukannya.

 

Exfoliasi fisik

Pengelupasan fisik adalah cara paling umum untuk pengelupasan kulit dan mungkin lebih awam dilakukan. Lulur yang kita gunakan sehari-hari adalah alat atau exfoliant untuk pengelupasan fisik.

Dengan menggosok produk granular lewat gerakan melingkar akan membantu mengelupas dan merevitalisasi kulit.

Proses pengelupasan fisik cukup mudah karena Sahabat Dream hanya butuh membasahi wajah, menggosok wajah menggunakan exfoliant setidaknya selama 30 detik dan kemudian membilasnya dengan air hangat sebelum mengeringkannya dengan lembut menggunakan handuk lembut.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi

Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi

Eksfoliasi harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak mengiritasi kulit serta menyebabkan masalah lainnya. Pakai produk yang tepat dan cocok untuk kulit.

Baca Selengkapnya
Teknik Eksfoliasi Aman untuk Kulit Sensitif, Tanpa Sebabkan Iritasi

Teknik Eksfoliasi Aman untuk Kulit Sensitif, Tanpa Sebabkan Iritasi

Pahami jenis kulitmu sebelum memilih eksfoliator yang aman digunakan dalam rutinitas perawatan.

Baca Selengkapnya
5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus

5 Perpaduan Bahan Aktif Rekomendasi Dokter Kulit yang Bikin Kulit Mulus

Padukan dua bahan aktif berbeda untuk manfaat skincare yang maksimal. Cari tahu juga perpaduan yang aman untuk kesehatan kulit agar tidak iritasi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya

Tepat Memilih Masker Wajah, Beda Masalah Kulit Beda Juga Solusinya

Pilihlah jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu untuk hasil yang optimal.

Baca Selengkapnya
3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

3 Kesalahan Terbesar Pakai Skincare Menurut Dokter Kulit, Jadi Tak Efektif

Masih banyak orang salah memakai skincare. Akhirnya, kondisi kulit pun tidak membaik usai merawat kulit. Cari tahu 3 kesalahan terbesar saat memakai skincare.

Baca Selengkapnya
Jaga Kulit Tetap Lembap Selama Puasa, Simak Tips dari Dokter

Jaga Kulit Tetap Lembap Selama Puasa, Simak Tips dari Dokter

Berpuasa sangat berpengaruh terhadap tingkat kelembapan kulit.

Baca Selengkapnya
Cara Eksfoliasi yang Tepat Agar Kulit Glowing Saat Lebaran

Cara Eksfoliasi yang Tepat Agar Kulit Glowing Saat Lebaran

Eksfoliasi jadi salah satu kunci tampil glowing saat Lebaran. Hal ini bisa dilakukan dengan beragam jenis perawatan kulit.

Baca Selengkapnya
4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

Menjaga kelembapan dan kesehatan kulit tidak selalu mudah meski tinggal di lingkungan beriklim tropis. Lakukan 4 cara berikut untuk memastikan kulitmu lembap.

Baca Selengkapnya