Mengenal Bakuchiol, Kandungan Skincare Diklaim Berkhasiat Tunda Penuaan Dini

Beauty | Kamis, 21 Januari 2021 12:12
Mengenal Bakuchiol, Kandungan Skincare Diklaim Berkhasiat Tunda Penuaan Dini

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apa yang membuatnya terkandung dalam beberapa skincare dan dicoba banyak Beauty Blogger?

Dream - Selama beberapa tahun terakhir, retinol telah menjadi kandungan skincare yang dicari-cari ketika ingin mencegah serta mengatasi penuaan dini. Zat ini juga dianggap berkhasiat meratakan warna kulit.

Retinol merupakan jenis retinoid yang terkuat. Sedangkan retinoid adalah turunan dari vitamin A yang mampu memicu regenerasi kulit dan produksi kolagen.

Menggunakan retinol bisa memperbaiki tekstur serta meratakan warna kulit. Bahkan, retinol juga mampu meningkatkan kelembapan kulit.

2 dari 3 halaman

Efek Samping Retinol

 Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock.com

Namun di sisi lain, retinol memiliki efek samping yang buruk bagi kulit sensitif. Pada konsentrasi atau penggunaan berlebihan, kulitmu bisa mengalami sensasi terbakar serta dermatitis.

Setelah pemakaian beberapa lama, retinol juga akan kehilangan efektivitasnya. Sehingga, kamu harus meningkatkan konsentrasi retinol yang digunakan.

Akhirnya, popularitas retinol digantikan dengan bakuchiol. Belakangan ini, kandungan tersebut ramai dicoba oleh Beauty Blogger.

Kandungan ini diklaim lebih aman karena berasal dari ekstrak tanaman dan telah digunakan di Cina serta India selama bertahun-tahun.

3 dari 3 halaman

Bersifat Natural dan Mampu Cegah Penuaan Dini

" Bakuchiol merupakan antioksidan yang terkandung dalam biji dan daun tanaman Psoralea Corylifolia," ungkap Debra Jaliman, Asisstant Professor in the Department of Dermatology Icahn School of Medicine, Mount Sinai dilansir dari Healthline.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa bakuchiol mampu mencegah garis halus, kerutan serta membantu menyamarkan pigmentasi dan meningkatkan elastisitas kulit.

Jadi, tidak heran jika bakuchiol dianggap menjadi alternatif yang tepat, natural dan lebih aman daripada retinol.

Ketika memakainya, kamu tidak akan merasakan sensasi perih, panas atau kurang nyaman seperti yang dirasakan ketika memakai retinol.

Tapi walaupun lebih aman, belum ada penelitian terperinci seputar manfaat bakuchiol pada wajah. Apalagi, jika dibandingkan dengan retinol.

Jika ragu memilih di antara keduanya, kamu bisa menggunakan bakuchiol agar wajah lebih mudah menyesuaikan dengan produk anti penuaan.

Ketika sudah terbiasa, kamu bisa mulai mencoba menggunakan retinol dengan konsentrasi yang paling ringan.

(Sumber: Healthline)

Join Dream.co.id