Kenali 6 Jenis Zat Asam 'Baik` yang Sering Dipakai Produk Skincare

Beauty | Kamis, 28 November 2019 08:48
Kenali 6 Jenis Zat Asam 'Baik` yang Sering Dipakai Produk Skincare

Reporter : Cynthia Amanda Male

Berikut beberapa jenis zat asam serta manfaatnya bagi kulit.

Dream - Zat asam seringkali ditemukan di berbagai produk kecantikan. Kandungan zat asam ini memang sangat efektif menghilangkan sel kulit mati, serta membuat kulitmu lebih halus serta cerah.

Selain itu, zat asam juga dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat, jerawat, bahkan penuaan. Kamu hanya perlu menemukan jenis asam yang tepat untuk masalah kulitmu.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut beberapa jenis zat asam serta manfaatnya bagi kulit.

1. Asam Salisilat

Sebagai jenis asam beta-hidroksi, salisilat adalah asam yang sering digunakan pada produk khusus kulit berjerawat.

Kandungan asam salisilat dapat mengatasi jerawat, mencegah peradangan serta menghilangkan sel kulit mati.

 Skincare© shutterstock.com

2. Asam Sitrat

Jenis asam ini seringkali ditemukan pada produk perawatan kulit yang bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati. Maka dari itu, tak heran jika kamuenemukan produk kecantikan yang beraroma jeruk.

2 dari 3 halaman

Asam Kojic dan Glikolat

3. Asam Kojic

Asam kojic ditemukan dalam jamur asli Jepang dan sangat terkenal sebagai pencerah warna kulit. Jenis asam ini bermanfaat untuk mengurangi produksi melanin di kulit, yang menyebabkan bintik hitam. Tapi pada beberapa orang, kandungan ini dapat mengiritasi.

 Skincare© shutterstock.com

4. Asam Glikolat

Pada dasarnya, asam glikolat berfungsi untuk memecah sel-sel kulit mati yang ada di lapisan luar agar kulitmu lebih halus dan cerah.

Selain itu, asam glikolat juga membantu meningkatkan produksi kolagen. Jadi jika kulitmu kusam atau pori-porimu tersumbat, gunakan prosuk yang mengandung asam glikolat.

3 dari 3 halaman

Asam Laktat dan Hialuronat

5. Asam Laktat

Asam laktat merupakan AHA yang secara kimia mengeksfoliasi untuk menghilangkan sel kukit mati. Namun, yang ini sedikit lebih ringan.

Jadi jika kamu memiliki kulit kering, dehidrasi, sensitif atau sedang hamil, gunakan asam laktat untuk menghilangkan sel kulit mati serta menjaganya agar tetap lembap.

 Skincare© shutterstock.com

6. Asam Hialuronat

Asam hialuronat adalah satu-satunya asam yang tidak bekerja seperti asam lainnya. Ia dapat menahan air di dalam kulit, sehingga kulitmu tetap kenyal dan lembap.

Jenis asam ini merupakan bahan yang sangat efektif untuk membantu menghaluskan garis-garis halus serta mencegah penuaan.

Join Dream.co.id