Penyebab Tak Semua Kaki Berkeringat Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Beauty | Rabu, 17 Agustus 2022 07:01

Reporter : Cynthia Amanda Male

Lakukan cara berikut agar kaki tetap segar dan nyaman saat beraktivitas.

Dream - Ketiak bukan satu-satunya area tubuh yang bisa mengeluarkan bau tak sedap ketika berkeringat. Pasti kamu pernah mencium bau menyengat yang tak sedap dari seseorang yang baru melepas alas kaki.

Dokter Kulit, Arthur Simon menjelaskan kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki jumlah kelenjar keringat paling banyak. Kondisi ini membuat organ tubuh yang digunakan untuk berjalan itu bisa mengeluarkan bau yang kurang sedap ketika berkeringat.

Bau akan semakin menyengat ketika seseorang sedang dalam masa pubertas. Hal yang sama bisa dialami seorang ibu hamil yang dipicu perubahan kadar hormon sehingga memproduksi keringat lebih banyak.

 Kaki Lembap© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Penyebab Tak Semua Kaki Berkeringat Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Bau Kaki. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bau Kaki

Meski banyak berkeringat, tidak semua orang akan mengeluarkan bau kaki kurang sedap. Kondisi kaki yang baru biasanya muncul karena menjadi sarang bakteri yang datang ketika keringat terlalu sering keluar ditambah kondisi lembap. 

Jika dibiarkan, kakimu bisa memiliki lubang kecil di area telapak yang lama kelamaan bisa membesar. Jamur pun bisa tumbuh di sela-sela jari dan menyebabkan bau kaki yang lebih menyengat.

Untuk mengatasi bau kaki tak sedap bisa dengan membersihkan organ tubuh kamu itu menggunakan sabun serta menyikatnya sekali sehari saat mandi.

 Merawat Kulit Kaki© Shutterstock

Foto: Shutterstock

3 dari 3 halaman

Pastikan kakimu benar-benar kering hingga ke sela jari. Gunakan handuk yang berbeda untuk area kaki agar lebih bersih.

Jangan lupa potong kuku kaki dan bersihkan sela-sela kuku untuk mencegah sarang bakteri maupun jamur. Gunakan juga kaos kaki yang mampu menyerap keringat. Jika beraktivitas cukup lama, ganti kaos kaki minimal sekali sehari. Terutama, jika berkeringat.

Bila perlu, gantilah sepatu sekali sehari jika beraktivitas cukup lama di luar ruangan. Hindari pemakaian sepatu yang terlalu sempit agar kakimu tidak mudah berkeringat atau lecet. Kamu bisa mencoba menggunakan bedak anti jamur, bedak biasa, atau deodoran untuk mencegah bau kaki. Selamat mencoba!

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Arthur S., SpKK, FINSDV (@dokterkulitkucom)

 

Join Dream.co.id