Jangan Sembarangan Campur Skincare, Sekilas Seru tapi Bahaya Buat Kulit

Beauty | Kamis, 23 Juni 2022 15:47

Reporter : Cynthia Amanda Male

Mencampur skincare justru bisa menghilangkan manfaat produk.

Dream - Pemakaian skincare merupakan pengalaman menyenangkan bagi setiap wanita, bahkan pria ada juga yang menikmatinya. Salah satu rutinitas dalam merawat kulit ini bisa membuat seseorang merasa lebih tenang. Terutama, jika dilakukan setelah beraktivitas.

Selain proses pemakaian yang menyenangkan, beberapa orang juga sering menggabungkan skincare untuk tujuan tertentu.

Dalam video unggahan Dokter Kulit, Yessica Tania, tampak seseorang mencampur air, sampo bayi, dan baby oil untuk dijadikan cairan pembersih makeup.

Sekilas, proses tersebut tampak seru untuk dilakukan. Kamu juga bisa memanfaatkan produk yang tersisa jika memang memiliki skincare tidak terpakai. Tapi, ternyata kebiasaan mencampur skincare bisa berbahaya bagi kulit.

Jangan Sembarangan Campur Skincare, Sekilas Seru tapi Bahaya Buat Kulit
Menggunakan Skincare. (Source: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Kandungan Skincare yang Tercampur Bisa Berbahaya

 Menggunakan Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Menurut Yessica, mencampur skincare bisa berbahaya akibat kandungan pengawet di dalamnya ditujukan untuk bekerja pada pH, konsentrasi, serta formulasi tertentu. Jadi ketika digabungkan dengan produk lain, pengawet tidak akan efektif dalam menjaga formulasi serta kondisi produk agar tahan lama maupun higienis.

Pengawet maupun kandungan lainnya pada skincare juga bisa mengalami ketidakcocokan atau bentrok. Sehingga, pemakaian skincare tidak akan efektif. Bahkan, skincare yang dicampur juga bisa menjadi sarang bakteri.

3 dari 6 halaman

Apalagi, jika kamu menggunakan wadah lainnya dan membiarkan skincare terlalu lama terkontaminasi udara luar ketika dicampur.

Akibatnya, bakteri pada skincare tersebut bisa menyebabkan munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya. Hal ini bisa semakin berbahaya jika kulitmu sensitif atau mengalami dermatitis atopik.

Maka dari itu, gunakanlah skincare yang telah terjual di pasaran. Produk tersebut telah diformulasi sedemikian rupa untuk bisa cocok dan aman digunakan sesuai dengan fungsinya. Jadi, kamu tidak perlu mencampur produk atau membuat skincare sendiri untuk bisa menjaga kesehatan kulit. Cukup temukan skincare terbaik untuk kulitmu.

 

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Zie (@dr.yessicatania)

 

4 dari 6 halaman

Lebih Efektif Menggunakan Skincare dengan Tren 'Skin Cycling'

Dream - Banyaknya skincare yang terjual di pasaran bisa membuat kita kesulitan atau justru mempermudah memilih perawatan sesuai jenis kulit. Pasalnya, seseorang hanya membutuhkan pembersih, pelembap, dan tabir surya untuk melakukan perawatan kulit dasar.

Tapi, beberapa orang membutuhkan perawatan tambahan atau sekadar ingin mencoba skincare yang mampu meningkatkan kesehatan kulit. Jika kamu salah satunya, ikutilah tren ‘skin cycling’ yang dipopulerkan oleh Dokter Kulit, Whitney Bowe.

Mengenal Kebiasaan Memencet Jerawat yang Terkait dengan OCD

Tren tersebut meliputi pemakaian skincare yang dilakukan bergantian setiap malam. Hal ini diklaim dapat mencegah iritasi dan peradangan ketika kulit telah menggunakan banyak produk. Terutama, produk yang mengandung bahan aktif tertentu, seperti retinol.

Melakukan tren ini juga mampu memaksimalkan pemakaian skincare berbahan aktif. Jadi, kulitmu bisa mendapatkan manfaat dari berbagai bahan aktif secara bertahap. Dilansir Pop Sugar, berikut tahapan skin cycling yang dilakukan setiap malam secara bergantian.

 Mengeksfoliasi Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Bentuk Self-love Bisa dengan Merawat Kecantikan Kulit

Malam Pertama: Eksfoliasi

Lakukanlah eksfoliasi terlebih dulu menggunakan bahan kimia. Hindari pemakaian scrub wajah agar eksfoliasi lebih aman untuk kulit. Kamu bisa menggunakan AHA, BHA, atau PHA untuk membantu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam dan mudah berjerawat.

5 dari 6 halaman

Malam Kedua: Pemakaian Retinol

 Menggunakan Retinol© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sering Terpapar Matahari, Begini Cara Melindungi Kulit Kepala dari Sinar UV

Setelah itu, gunakan retinol untuk mencegah dan menyamarkan tanda penuaan. Gunakan retinol dengan konsentrasi minimum jika kulitmu sensitif atau belum pernah memakainya. Pastikan juga jumlahnya tidak terlalu banyak untuk mencegah iritasi.

6 dari 6 halaman

Malam Ketiga dan Keempat: Pemulihan

 Memakai Pelembap© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tuang ke Air, Cara Unik Bikin Foundation Transferproof

Selanjutnya, biarkan kulitmu istirahat dalam tahap pemulihan setelah melakukan pembersihan serta menggunakan bahan aktif. Ini bertujuan untuk menjaga sawar kulit atau skin barrier agar tetap kuat dengan cara meningkatkan hidrasi serta kelembapan kulit.

Gunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, serta glycerin. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kulit yang ternutrisi secara lengkap.

Join Dream.co.id