Jangan Salah! Begini Tanda Skincare Tidak Cocok untuk Kulit

Beauty | Kamis, 29 April 2021 13:33
Jangan Salah! Begini Tanda Skincare Tidak Cocok untuk Kulit

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Apa tandanya ya?

Dream - Penggunaan skincare bertujuan untuk membuat kulit wajah menjadi bersih dan sehat. Menemukan skincare yang tepat memang membutuhkan wakt. Namun tidak semua produk memberikan hasil yang sama bagi tiap penggunanya.

Kandungan bahan aktif pada produk skincare sangat personal bagi kulit wajah masing-masing. Tapi, untuk mengetahui apakah produk skincare tersebut cocok atau tidak, Dr. Claudia Christin memberikan penjelasannya.

" Ada beberapa tanda kulit tidak cocok saat menggunakan skincare. Misalnya kemerahan, gatel-gatel, kulit terasa tidak nyaman," jelas dr. Claudia dalam konferensi pers Dear Me Beauty, Rabu 28 April 2021.

2 dari 6 halaman

Jangan Panik Dulu Bila Muncul Jerawat

Biasanya tanda-tanda tersebut bisa muncul setelah menggunakan skincare berbahan dasar AHA, BHA, PHA, retinol, atau vitamin C. dr Claudia menyarankan, pengguna skincare tetap melanjutkan pemakaiannya selama kurang lebih 2 hingga tiga minggu.

" Bahan aktif seperti AHA, BHA, PHA, retinol atau vitamin C itu bersifat purging atau kondisi saat awal penggunaan akan langsung memberikan efek di wajah, tapi setelahnya wajah akan lebih baik," paparnya.

kemuncul jerawat setelah pemakaian, lanjut dr Claudia, merupakan reaksi dari bahan aktif yang akan menyempurnakan hasil akhir dari penggunaan skincare.

" Purging biasanya memang membuang jerawat yang awalnya kecil menjadi besar, tetapi habis itu jadi lebih baik. Tapi kalau skincare dipakai sampai habis tetap tidak menunjukkan hasil baik dan malah menyebar ke area lain, itu artinya tidak cocok," tambah dr. Claudia mengingatkan.

3 dari 6 halaman

Wajib Kenali Jenis dan Masalah Kulit Sendiri

Lebih lanjut Nikita Wiradiputri, CEO of Dear Me Beauty mengingatkan, penggunaan skincare sangat personal pada masing-masing kulit. Jadi, ada baiknya bila kita mengenali masalah dan jenis kulit agar pemilihan skincare tepat sasaran.

" Aku sudah pakai skincare sejak usia 12 tahun dan dari prosesnya akhirnya aku tahu mana yang terbaik untuk kulitku, mana yang tidak dan mungkin itu tidak berlaku untuk kulit orang lain. Jadi skincare itu sangat personal sekali," ujarnya.

4 dari 6 halaman

3 Tanda Produk Skincare Kurang Cocok untuk Kulitmu

Dream - Melihat rekomendasi produk skincare untuk jenis kulitmu saja belum cukup. Kamu perlu melihat respons kulitmu terhadap sebuah produk untuk mengetahui manfaatnya dan mengklaim kecocokkannya 

Jika kondisi kulitmu membaik, berarti produk skincare yang digunakan cocok untukmu. Begitu juga dengan sebaliknya.

Dilansir oleh Boldsky.com, berikut tanda skincare kurang cocok untukmu.

Kulit terasa kusam dan tertarik

Kulit kusam merupakan salah satu tanda skincare kurang cocok untuk kulitmu. Mungkin, skincare yang digunakan membuat kulitmu dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

Begitu juga ketika kulitmu terasa seperti tertarik. Itu menandakan kulitmu membutuhkan kelembapan ekstra. Aplikasikan pelembap di pagi dan malam hari agar kulit tetap lembap.

5 dari 6 halaman

Makeup mudah hancur

Ketika memakai skincare yang kurang cocok, riasanmu tidak akan terlihat sempurna dan mudah hancur.

Ini bukan hanya karena kemampuan merias wajah yang belum sempurna, tapi kondisi maupun tekstur kulit kering atau berpori-pori besar.

6 dari 6 halaman

Beruntusan

Ini merupakan tanda yang sangat jelas bahwa produk skincare kurang cocok untuk kulitmu. Ketika wajahmu beruntusan, segera hentikan pemakaian produk dan perhatikan kandungan yang kurang cocok untuk wajahmu.

 

Join Dream.co.id