Jangan Sepelekan Perawatan Kulit Ketiak, Lakukan Underarm Care Routine Sederhana Ini

Beauty | Jumat, 21 Januari 2022 10:45

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Siapa bilang kulit ketiak tak butuh perawatan?

Dream - Kulit wajah memang selalu mendapat perhatian khusus dalam hal perawatan. Padahal bagian kulit lain juga membutuhkan perhatian agar tetap sehat dan terawat, termasuk bagian tersembunyi seperti kulit ketiak.

Meski jarang terlihat, kulit ketiak yang tidak dirawat dapat menimbulkan bau badan hingga dan bertekstur kasar karena perubahan gaya hidup. Seperti banyaknya aktivitas, keringat bakteri, paparan polusi, meningkatnya stres, mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang kurang baik untuk kulit.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Dibandingkan kulit tubuh bagian lainnya, kulit ketiak memiliki lapisan kulit yang lebih tipis. Ketika area lipatan tertutup dan sering bergesekan, kulit ketiak rentan iritasi dan berpotensi menjadi tempat bersarangnya bakteri, jamur dan organisme tertentu yang seringkali memunculkan masalah-masalah kulit.” Nessya Dwi Setyorini, dokter spesialis kulit pada konferensi virtual Nivea, Brightening Range 8 Superfood, Kamis 20 Januari 2021.

Jika dibiarkan, kulit ketiak akan terlihat kusam hingga menghitam. Lebih parahnya lagi, tekstur kulit ketiak akan lebih kasar dan menimbulkan bau karena bakteri.

Kondisi itu tentunya membuat kita kurang nyaman dalam beraktivitas, bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri. Untuk menghindari dampak buruk dari kulit ketiak yang tidak terawat, Nessya membagikan beberapa tips untuk menjaga kulit ketiak agar tetap sehat dan terawat.

Jangan Sepelekan Perawatan Kulit Ketiak, Lakukan Underarm Care Routine Sederhana Ini
Shutterstock
2 dari 5 halaman

1. Jaga Kebersihan Kulit

Setelah seharian terpapar polusi dan bakteri dari keringat, pastinya banyak sekali kuman pada tubuh terutama bagian-bagian lipatan. Pastikan membersihkan kulit secara rutin dengan pembersih yang lembut tanpa kimia yang terlalu kuat.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Yang pertama adalah menjaga kebersihan dengan mandi, tentunya dua kali sekali karena kita di negara tropis tidak cukup sekali. Mandi dengan air dan sabun yang dapat membersihkan bakteri dan kotoran selama beraktivitas seharian," jelas Nessya.

3 dari 5 halaman

2. Ganti Pakaian Secara Rutin

Percuma saja jika kulit sudah dibersihkan tetapi baju sebelum mandi yang penuh bakteri masih dipakai. Jadi, langsung ganti baju setelah membersihkan tubuh. Bahkan jika tubuh sangat berkeringat dan masih menunda untuk mandi, tetap dianjurkan mengganti baju terlebih dahulu untuk menghindari penumpukan bakteri.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Pakaian juga harus diganti, setelah mandi baiknya baju juga diganti. Dan bahannya juga disesuaikan, jika beraktivitas di tempat yang panas dan kegiatannya berkeringat, pilih bahan yang dapat menyerap keringat. Jangan sampai dibiarkan basah karena bisa jadi sumber bakteri," tambah dr. Nessya

 

4 dari 5 halaman

3. Hindari Kegiatan Mengiritasi Ketiak

Bagi sebagian wanita, bulu ketiak memang mengganggu penampilan. Mencabut bulu ketiak kerap dilakukan secara rutin. Padahal hal ini dapat mengiritasi kulit ketiak dan bisa saja membuat kulit menjadi kasar.

" Kegiatan yang mengiritasi ketiak seperti mencabut bulu ketiak ataupun waxing, sebaiknya dihindari. Hindari juga menggosok bagian kulit ketiak terlalu kencang dengan sabun antiseptik yang membuat kulit kering," tambah Nessya.

Jika ingin mencukur bulu ketiak, tambah Nessya, sebaiknya memakai shaving elektrik karena tekanan lebih sedikit dan juga pastikan pisau cukur tajam agar tidak banyak bagian kulit yang tergerus. Dan jangan lupa gunakan foam agar lebih mudah mencukur tanpa mengiritasi kulit ketiak.

 

5 dari 5 halaman

4. Undermarm Care Routine

Siapa bilang kulit ketiak tak butuh perawatan. Penggunaan produk pelembab juga dibutuhkan kulit ketiak. Apalagi bagi pemilik kulit kering.

" Jangan lupa pakai perawatan kulit ketiak, contohnya seperti moisturizer yang dapat memperkuat barrier kulit. Atau juga gunakan deodorant yang bisa merawat kulit ketiak. Sebaiknya hindari kandungan alkohol," tambah dr. Nessya.

Mendukung akan kebutuhan perawatan kulit ketiak, Nivea menghadirkan Nivea Brightening Range 8 Superfood. Terdiri dari 4 varian, masing-masing varian juga diperkaya dengan kandungan bahan aktif lain yang memiliki fungsi dan manfaat tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para wanita Indonesia, yaitu Extra Brightening, Brightening Happy Shave, Brightening Antibakteri dan Brightening Silk Touch.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Menjawab kebutuhan masyarakat akan skincare dari bahan-bahan alami, kami secara khusus memformulasikan rangkaian deodoran terbaru ini yang memberikan perawatan terbaik untuk kulit. NIVEA Brightening Range 8 Superfood Deodorant ini mengandung ekstrak 8 superfood yang kaya akan nutrisi dan Micro Vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit,” jelas Senior Brand Manager NIVEA Deodorant, Sabrina Diandra.

Join Dream.co.id