7 Manfaat Facial Message, Bikin Wajah Glowing dan Cegah Penuaan

Beauty | Senin, 8 Juni 2020 13:13
7 Manfaat Facial Message, Bikin Wajah Glowing dan Cegah Penuaan

Reporter : Arini Saadah

Facial message ini juga bisa membuat wajahmu semakin glowing dan bersinar.

Dream Facial message atau pijat wajah adalah salah satu teknik relaksasi yang begitu menyenangkan. Facial message ini bisa dilakukan secara mandiri atau dilakukan oleh terapis.

Beberapa titik wajah, leher, dan bahu diberi tekanan saat facial message supaya aliran darah lebih darah. Selain manfaat kecantikan, facial message ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Melansir dari SehatQ, teknik facial message pun juga beragam. Kamu bisa menggunakan minyak atau lotion tertentu untuk memijit wajah secara lembut.

Facial message ini bisa dilakukan dengan tangan atau menggunakan alat face roller. Lantas apa saja manfaat facial message untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah kamu?

Yuk kita cek di bawah ini 7 manfaat facial message yang perlu kamu ketahui: 

2 dari 9 halaman

Relaksasi Wajah

facial wajah© Shutterstock.com

Selain pijat tubuh, pijat wajah juga menjadi sesuatu yang penting untuk relaksasi. Nah, dengan melakukan facial message, otot-otot yang tegang di wajahmu bisa diredakan setelah melakukan aktivitas yang melelahkan.

Perlakukan facial message ini bisa menjadi relaksasi wajah yang menyenangkan. Kulit wajah akan semakin sehat dan mencegah penuaan.

3 dari 9 halaman

Mencegah Penuaan

Ilustrasi© Pexels

Manfaat facial message selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan. Jika kamu telah mendapati tanda-tanda penuaan di wajahmu, maka kamu bisa melakukan facial message untuk mencegah tanda penuaan semakin jelas.

Penelitian menunjukkan, menggunakan pijat wajah dengan krim anti-penuaan selama 8 minggu para responden merasakan manfaatnya.

Hal ini dibandingkan dengan responden yang tidak melakukan facial message, responden yang melakukan pijat wajah lebih sedikit keriput di wajahnya. Tekstur kulitnya pun juga tetap emrata dan lembut.

4 dari 9 halaman

Cegah Munculnya Jerawat

Ilustrasi© Pixabay

Manfaat facial message juga dapat mencegah munculnya jerawat. Hal ini apabila kamu melakukan pijat wajah dan menekan beberapa bagian secara berkala untuk melancarkan aliran darah. Sehingga risiko mucnulnya jerawat bisa berkurang.

Minyak zaitun sangat baik digunakan untuk pijat wajah mencegah munculnya jerawat. Meskipun demikian hal ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Facial message harus dilakukan secara lembut dan jangan melakukan pijat wajah dengan menekan berlebihan.

Penting diperhatikan pula, jangan melakukan pijat wajah saat wajah sedang berjerawat banyak atau ada jerawat yang meradang.

5 dari 9 halaman

Melegakan Sinus

facial wajah© shutterstock

Manfaat facial message bagi kesehatan adalah melegakan sinus. Di saat kamu menderita sinus, memberikan tekanan atau facal message di area tertentu dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada hidung tersumbat.

Namun jika sinusitis yang dialami sedang akut, mungkin cara ini belum efektif untuk merdekannya secara maksimal.

Facial message ini bisa membantu mengencerkan lendir, menghilangkan rasa sakit kepala, serta melancarkan aliran darah di area sekitar sinus.

Sementara itu teknik apa yang cocok untuk pijat wajah bagi penderita sinusitis masih dalam pengembangan lebih lanjut.

6 dari 9 halaman

Membuat Wajah Glowing

Ilustrasi© Pexels

Wajah glowing menjadi idaman bagi setiap wanita. Facial message ini juga bisa membuat wajahmu semakin glowing dan bersinar.

Sebuah penelitian pada tahun 2002, sebanyak 59 persen perempuan yang melakukan facial message merasakan kulitnya lebih segar dan bersinar setelah melakukan pijat wajah.

Sedangkan, 54 persen perempuan yang lain mengaku kulitnya lebih kenyal. Sementara itu 50 persen perempuan lainnya juga mengaku merasakan kulitnya lebih kencang. Hal ini diduga berkaitan dengan manfaat facial message yang juga dapat membuat rileks otot wajah yang tegang.

7 dari 9 halaman

Menyamarkan Jaringan Parut

Ilustrasi© Pexels

Selain membuat wajah glowing, manfaat facial message juga bisa menyamarkan jaringan parut. Jika kamu memiliki luka di bagian wajah akibat kecelakaan atau goresan benda tajam, melakukan facial message bisa membantu menyamarkan bekas luka di wajahmu.

Dengan pijat wajah, aliran darah akan semakin lancar, dan membuat menyamarkan tekstur yang tidak rata.

Lebih jauh lagi, pijat wajah ini juga bisa melegakan gejala seperti rasa nyeri, gatal, dan keluhan lain pada luka. Namun kamu juga harus melakukan pijat wajah secara hati-hati, jangan dilakukan jika luka masih dalam proses penyembuhan tahap awal.

8 dari 9 halaman

Menutrisi Kulit

facial wajah© Shutterstock.com

Manfaat facial message ini juga bisa menutrisi kulit. Jika kamu belum terbiasa melakukan facial message, kamu bisa menggunakan alat untuk membantu melakukannya seperti jade roller atau bisa juga dengan tangan kosong.

Lakukan facial message ini selama 5-10 menit untuk memastikan kulit semakin ternutrisi. Jade roller ini digunakan dalam rangkaian skincare malam hari sehingga manfaat serum yang kamu gunakan bisa lebih meresap.

9 dari 9 halaman

Cara Melakukan Facial Message

facial wajah© Shutterstock.com

Pijat wajah bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik. Setiap cara memiliki kelebihan masing-masing. Pijat wajah dilakukan cukup 5 hingga 10 menit untuk membantu kelancaran aliran darah. Berikut cara melakukan facial message:

  • Pijat dengan gerakan melingkar di pelipis.
  • Gunakan telapak tangan dan ujung jari untuk memijat sisi kanan dan kiri wajah.
  • Ketika memijat, mulailah dari dagu dan naik kea rah dahi.
  • Tekan jari manis ke tulang alis dari arah dalam ke luar, lakukan gerakan yang sama di bagian bawah mata.
  • Tekan bagian tengah wajah dimulai dari hidung hingga ke telinga.

Itulah teknik yang bisa kamu lakukan untuk memijat wajah secara mandiri di rumah. Selain teknik memijat wajah di atas, mengetahui titik-titik mana saja yang bisa memberikan manfaat maksimal juga dapat memaksimalkan efektivitas facial message. Gunakan minyak atau serum yang sesuai dnegan kebutuhan wajahmu supaya facial message benar-benar menyenangkan untuk relaksasi dan mencegah penuaan dini.

Deretan 7 manfaat facial message dan cara melakukan teknik pijat wajah di atas bisa kamu aplikasikan di rumah. Jika belum terbiasa, mintalah bantuan temanmu yang sudah berpengalaman atau meminta bantuan dokter untuk konsultasi. Karena memijat wajah sangat baik untuk merelaksasi otot wajah yang tegang setelah beraktivitas seharian.

Join Dream.co.id