Ini Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi

Beauty | Kamis, 16 April 2020 16:47
Ini Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu juga cara mengatasinya.

Dream - Kulit kering dan dehidrasi mungkin terdengar serupa. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan.

Kesamaan dari kedua kondisi tersebut adalah kulit yang kekurangan kelembapan. Sedangkan, salah satu perbedaan dari kulit kering dan dehidrasi tersebut adalah jangka waktunya.

Dilansir dari Miss Kyra, kulit kering terjadi akibat kurangnya kelembapan yang dialami dalam jangka waktu lama. Biasanya, kulit kering ditandai dengan penuaan dini, pori-pori besar atau kekusaman.

Sementara kulit dehidrasi biasanya dialami dalam jangka waktu lebih singkat dan dapat terjadi pada semua jenis kulit. Orang yang memiliki kulit berminyak juga dapat mengalami hal ini.

 Masalah Kulit© Shutterstock.com

Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya kandungan air pada kulit, sering membuat wajah terlihat kurang segar dan kusam. Kamu bisa mengatasinya dengan memakai produk yang dapat menambah kandungan air pada kulit.

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti semangka, alpukat dan timun juga bisa membantu mengatasi dehidrasi pada kulit. 

Pilih produk yang berbahan dasar air dan mengandung kolagen serta asam hyaluronat agar kulitmu terbebas dari dehidrasi. Meskipun kulit kering lebih sulit diatasi, tapi kamu bisa memperbaiki kondisinya dengan memakai face oil atau produit berbahan radar minyak.

Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan menghindari foam-based cleanser agar kelembapan wajah tetap terjaga.

(Sumber: Miss Kyra)

2 dari 6 halaman

DIY Perawatan Kecantikan Selama 'Work From Home'

Dream - Pandemi virus corona mengguncang dunia dan membuat segalanya jadi serba salah dalam waktu singkat.

Untungnya, sebagian besar perusahaan telah membuat keputusan yang masuk akal untuk membiarkan karyawan mereka bekerja dari rumah, sehingga self distancing dapat diikuti.

Buat kamu yang work from home, usai menyelesaikan tugas kantormu jangan lupa untuk tetap merawat diri di rumah, ya.

 ilustrasi wanita cantik© shutterstock

Nggak perlu ke salon atau ke klinik kecantikan, kamu bisa lakukan perawatan sendiri di rumah. Berikut ada Do It Yourself (DIY) perawatan kecantikan yang bisa kamu ikuti:

3 dari 6 halaman

Facial

Diawali dengan bersihkan wajah menggunakan kapas dan micellar water. Lalu, gunakan susu pembersih atau rangkaian kecantikan lainnya.

Pakai crub untuk menyingkirkan sel kulit mati dan kotoran. Gunakan steamer untuk memanaskan wajah namun usahakan jangan sampai terlalu panas.

 ilustrasi face massage© shutterstock

Kemudian bersihkan komedo menggunakan alat khusus agar kotoran dan pori-pori terhindar dari kuman.

Langkah terakhir adalah menggunakan sheetmask. Setelah selesai semua rangkaian, gunakan pelembab agar wajah tidak kering atau berminyak.

4 dari 6 halaman

Perawatan rambut

Cukup siapkan 2 telur ayam, 1 tablet vitamin e khusus rambut, mangkuk, 1 buah lemon, dan 2 tetes minyak esensial favorit.

Lalu, campurkan semua bahan-bahan tersebut dan oleskan ke kepala selama 15 menit sebelum dibilas dengan sampo dan kondisioner.

Rasakan kesegaran kepala usai menjalani semua rangkaian tadi perawatan rambut tadi.

 ilustrasi perawatan rambut© shutterstock

 

 

5 dari 6 halaman

Wax

Siapkan secangkir gula pasir putih, 1 sdm jus lemon dan 1/4 gelas madu.

Campur semua bahan ini dalam wajan dan panaskan sampai terbentuk pasta yang kental dan lengket.

 ilustrasi waxing© shutterstock

Lalu taruh sedikit bedak di area yang perlu dibasmi, siapkan kain khusus untuk mencabut rambut-rambut halus yang akan diwax.

Letakkan kain di atas kulit yang diolesi lilin kental tadi, lalu tarik cepat dari arah berlawanan tumbuhnya rambut-rambut halus itu.

6 dari 6 halaman

Manicure dan pedicure

Pada dasarnya, kedua treatment tersebut menggunakan alat-alat yang sama.

Mari kita mulai dengan pedikur, celupkan kaki ke dalam bak berisi air hangat yang mengandung 1 sdt garam Epsom, 2-3 tetes sabun cair, dan 2-3 tetes minyak esensial.

 ilustrasi manicure & pedicure© shutterstock

Biarkan selama 5 menit, lalu angkat kaki kamu ke luar bak, hapus cat kuku yang sudah ada sebelumnya, gunakan gunting kuku untuk menyingkirkan kulit mati, jangan lupa kikir kuku kamu dan terakhir gosok kaki pelan menggunakan batu apung.

Kemudian celupkan kaki kembali ke dalam air selama 5 menit, tarik keluar, biarkan mengering, lalu lembabkan dengan lotion dan gunakan kembali dua lapis cat kuku favorit kamu!

Lakukan hal yang sama untuk perawatan manikur kamu, ya, Sahabat Dream.

(Laporan: Raissa Anjanique)

Join Dream.co.id