Haruskah Pakai Sunscreen Walau di Rumah Saja?

Beauty | Minggu, 26 April 2020 13:01
Haruskah Pakai Sunscreen Walau di Rumah Saja?

Reporter : Dwi Ratih

Ketahui jawabannya berikut ini.

Dream - Kurang lebih sebulan lamanya, kita semua menjalani karantina mengikuti imbauan pemerintah karena pandemi virus corona yang membuat dunia gempar.

Kegiatan di tempat kerja, sekolah, dan perguruan tinggi, semua menjadi bergeser ke dalam rumah. Untuk keselamatan kita dan untuk keselamatan orang lain, kita mempraktikkan social distancing.

Selama situasi genting ini, gaya hidup telah banyak berubah. Dari apa yang kita makan, bagaimana berinteraksi dengan orang-orang, sampai kebiasaan merawat kulit.

ilustrasi sunscreen© Shutterstock

2 dari 5 halaman

Semua Berubah

Sebagian besar dari kita memiliki rutinitas perawatan kulit yang sama selama bertahun-tahun, sehingga perawatan yang dilakukan sudah memiliki 'aturan sendiri' mulai dari waktu sampai produk yang digunakan.

Tapi sekarang berubah.

Biasanya, penggunaan sunscreen sangat diwajibkan untuk melindungi kulit dari sinar matahari sebelum keluar rumah.

Tapi sekarang kita hanya berdiam diri di rumah, mungkin banyak orang berpikir sunscreen tidak lagi diperlukan.

Ilustrasi hijaber© Shutterstock

Dilansir dari Boldsky, hal itu bukan keputusan yang bagus untuk kulit.

Kita mungkin tidak keluar rumah dan terpapar sinar matahari langsung, tetapi bukan berarti tidak sama sekali kontak dengan sinar matahari.

Melalui jendela kita, saat duduk di balkon kita, ke teras atau depan rumah, kulit terekspos ke sinar matahari. Jika kamu merasa aman saat di dekat jendela, hal tersebut adalah kesalahan besar.

Sinar matahari UVA dapat dengan mudah menembus jendela.

Tidak hanya itu, untuk rileks dan bersantai di luar, atau saat jogging dan lari ke luar rumah, kulit cukup terpapar sinar matahari yang dapat menimbulkan kerusakan pada kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari memiliki efek degenerasi kulit pada kulit. Paparan sinar matahari paling tidak akan memberi efek kemerahan pada kulit, dan kemungkinan terburuknya akan menyebabkan hiperpigmentasi, garis-garis halus, kerutan dan kanker kulit.

Hal tersebut adalah alasan yang cukup untuk tidak menyepelekan perlindungan kulit, terhadap sinar matahari apa pun situasinya.

3 dari 5 halaman

Paparan cahaya dari gadget

Selain itu, radiasi dari komputer, ponsel, dan perangkat lain yang terus-menerus memapar juga telah terbukti meningkatkan kerusakan radikal bebas pada kulit, serta menyebabkan penuaan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh sinar UVA matahari.

ilustrasi work from home© Shutterstock

Sunscreen yang digunakan dengan oksida besi, dapat membantu mengatasi kerusakan yang disebabkan radiasi yang berasal dari berbagai perangkat digital.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa tabir surya dengan oksida besi membantu mengurangi bercak-bercak gelap pada kulit.

Kesimpulannya adalah, sunscreen harus tetap dipakai bahkan jika kita hanya di rumah saja. Merawat kulit dengan benar saat ini sangatlah penting.

(Laporan: Raissa Anjanique)

4 dari 5 halaman

Perlindungan Optimal, Ini Jumlah Sunscreen yang Harus Dipakai

Dream - Pemakaian sunscreen sangat dianjurkan untuk mencegah pigmentasi serta tanda penuaan. Sayangnya, tidak sedikit yang mengabaikan pemakaian sunscreen.

Padahal, pemakaian sunscreen pun tidak menjamin kulit terlindungi sepenuhnya dari sinar matahari. Kamu harus memakainya dengan benar untuk bisa mendapatkan perlindungan ekstra.

Sahabat Dream tidak harus memakai sunscreen dengan SPF tinggi jika hanya beraktivitas di dalam ruangan. Cukup gunakan yang mengandung sun protection formula (SPF) 30 atau 50 jika sering terpapar matahari dan polusi.

Setelah itu, gunakan sunscreen setiap 3-4 jam sekali untuk memaksimalkan kembali perlindungannya. Aplikasikan lebih sering ketika sering berkeringat atau luntur akibat cuci muka.

5 dari 5 halaman

Perhatikan Formula dan Dosis

Menurut Spesialis Kulit dan Kelamin, Arini Astasari, sunscreen sebaiknya dipakai sebanyak 2 miligram per sentimeter persegi.

" Biasanya, dianjurkan 2 miligram per sentimeter persegi. Tapi, sunscreen itu tergantung formulanya juga. Ada yang cream, lotion dan lain-lain," ungkapnya di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu 2 Februari 2020.

Mungkin terdengar agak sulit untuk menakarnya secara tepat. Secara umum, penggunaan sunscreen berformula cream pada wajah atau leher sebanyak setengah sendok teh.

Pada lengan dan torso sebanyak satu sendok teh. Untuk di kaki sebanyak 2 sendok teh. Takaran ini tidak berlaku untuk sunscreen berformula lotion atau spray.

Baca aturan pakai pada produk jika bingung dengan takarannya. Beberapa produk pun bisa menggunakan takaran yang berbeda-beda. Pakailah dengan jumlah cukup agar lebih aman dan tidak menyebabkan jerawat.

 

   

Join Dream.co.id