Generasi Z Gunakan Produk Anti Aging Sejak Usia 13 Tahun

Beauty | Rabu, 22 Januari 2020 11:36
Generasi Z Gunakan Produk Anti Aging Sejak Usia 13 Tahun

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Generasi Z menggunakan hampir seluruh pendapatan mereka untuk perawatan.

Dream - Perilaku wanita dalam mempercantik diri berubah seiring dengan perkembangan waktu. Sebagai manusia yang lahir di era digital, generasi Z dikenal memiliki karkater unik, yang membedakannya dengan generasi lain. Termasuk dalam hal kecantikan.

Berdasarkan survei ZAP Beauty Index 2020, generasi Z mulai melirik produk kosmetik dan perawatan kecantikan sejak usia 13 tahun. Bahkan mereka telah mempertimbangkan menggunakan produk dengan fungsi anti aging.

" Menariknya lagi, generasi Z menggunakan hampir seluruh pendapatan mereka untuk perawatan. Berbeda dengan generasi Y yang hanya mengeluarkan 30 persen pendapatan mereka dan generasi X yang justru kurang dari 5 persen untuk urusan kecantikan," tutur Fadly Sahab, CEO ZAP di Jakarta, Selasa 21 Januari 2020.

 CEO ZAP

Salah satu produk kosmetik yang paling laris di kalangan generasi Z adalah concealer. Mereka memakainya untuk menutupi bekas jerawat yang banyak muncul di usia pubertas. Selain itu, ada enam produk kecantikan yang juga wajib digunakan perempuan Indonesia setiap hari.

" Produknya meliputi facial wash, moisturizer, toner, serum, essence, dan eye cream. Facial wash memiliki peminat paling banyak di kategori skincare, yaitu 92,4 persen," papar Yosanova Savitry, Chief Operation MarkPlus Institute.

2 dari 3 halaman

Ingin Lebih Glowing

Jika di 2018 perempuan memaknai 'cantik' adalah bertubuh sehat atau fit, definisi tersebut mulai bergeser di awal 2019.

" Sebesar 46,7 persen responden mendefinisikan 'cantik' sebagai penampilan keseluruhan atau well-dressed. Namun yang pasti, kulit cerah dan glowing masih menjadi definisi 'cantik' bagi 82,5 persen perempuan Indonesia," ujar Yosanova.

 HijabersHijabers © shutterstock.com

Hal ini juga mendorong pertumbuhan tren sheet mask di kalangan generasi Z. Sebanyak 20,2 persen generasi Z memakai sheet mask setiap hari dibandingkan generasi Y dan Z.

" Yang pakai sheet mask lebih banyak dibandingkan yang pakai sunscreen. Mereka (generasi Z) ingin efek langsung, besok pagi glowing," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Pengaruh Influencer

Hidup di era serba digital, keputusan generasi Z dalam membeli produk kecantikan sangat bergantung dari influencer. Terutama di sosial media Instagram dan YouTube.

 HijabersHijabers © shutterstock.com

" Mereka pasti punya sosok panutan. Sebanyak 54 persen memilih sosok influencer sebagai panutan dan 64,2 persennya nyaman berbelanja produk kecantikan di e-commerce," kata Yosanova.

Poin utama yang menjadi penentu generasi Z dalam membeli produk adalah review atau ulasan. Influencer kerap mengulas berbagai produk dengan bentuk yang menarik seperti foto dan vlog.

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id