Gaya Makeup 'Nyi Roro Kidul' hingga 'None Belanda' jadi Definisi Riasan 90-an

Beauty | Senin, 4 Juli 2022 16:45

Reporter : Cynthia Amanda Male

Seperti apa gaya riasannya?

Dream - Gaya riasan di setiap era memiliki ciri khas tersendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, gaya riasan dibuat semakin natural dan tidak berbeda jauh dengan tampilan wajah asli.

Tentunya, gaya makeup yang tren saat ini sangat berbeda dengan 30 tahun lalu atau lebih. Gaya makeup 90-an identik dengan base makeup putih, alis tegas, serta pemakaian pigmen yang kontras pada pipi, mata, maupun bibir.

Hal itu ditunjukkan oleh akun Instagram @tutorial.makeup.indo yang mengunggah ulang berbagai hasil makeup di era 90-an. Berikut di antaranya.

Gaya Makeup Nyi Roro Kidul hingga None Belanda jadi Definisi Riasan 90-an
Gaya Makeup 90-an. (Source: Instagram @tutorial.makeup.indo)
2 dari 7 halaman

1. Makeup ala 'Ratu Belanda'

 Makeup Ala 90-an© Instagram @tutorial.makeup.indo

Foto: Instagram @tutorial.makeup.indo

Riasan yang diklaim mirip penampilan wanita Belanda ini ditonjolkan dengan kontur serta highlight tegas, dan base makeup putih pucat. Alisnya pun tegas dan tampak sangat tipis di bagian belakang.

Bulu mata serta eyeliner yang dipakai pun tebal. Sementara, warna yang dominan dipakai di mata dan pipi adalah merah muda. Lipstik yang dipakai pun bergaya klasik warna merah.

3 dari 7 halaman

2. Makeup ala 'Ratu Nyi Roro Kidul'

 Makeup Ala 90-an© Instagram @tutorial.makeup.indo

Foto: Instagram @tutorial.makeup.indo

Tidak jauh berbeda, gaya makeup ini juga menggunakan warna base makeup, blush, serta lipstik yang sama. Ketebalan produk yang dipakai pun serupa.

Hal yang membedakan dengan riasan sebelumnya hanyalah eyeshadow warna gelap di seluruh kelopak. Terutama, di outer corner mata. Sebutan 'Nyi Roro Kidul' juga hanya identik dengan warna hijau yang dominan pada aksesoris pengantin.

4 dari 7 halaman

3. Makeup ala 'Ratu Hijab Full Melati'

 Makeup Ala 90-an© Instagram @tutorial.makeup.indo

Foto: Instagram @tutorial.makeup.indo

Nama gaya makeup ini pun identik dengan pemakaian banyak melati sebagai aksesoris pengantin. Terlepas dari itu, makeup yang digunakan sangat menonjol pada warna lipstik merah, alis tipis, blush merah muda, serta kontur hidung yang tegas. Makeup matanya dibuat seperti wing berwarna abu-abu.

Mempelai prianya juga dirias dengan gaya bibir ombre warna merah, eyeliner di sekitar outer corner mata, serta alis tipis.

5 dari 7 halaman

4. Makeup ala 'None Belanda'

 Makeup Ala 90-an© Instagram @tutorial.makeup.indo

Foto: Instagram @tutorial.makeup.indo

Jika tidak menggunakan adat Indonesia, kemungkinan besar pengantin akan terlihat seperti orang asing. Hal itu tampak pada salah satu foto dalam video.

Pengantin menggunakan gaya rambut serta pakaian klasik warna putih. Riasan wajahnya medok di bagian bibir. Matanya dipertegas dengan eyeliner, eyeshadow samar, serta alis tipis.

6 dari 7 halaman

5. Makeup ala 'Nyi Blorong versi Hijab'

 Makeup Ala 90-an© Instagram @tutorial.makeup.indo

Foto: Instagram @tutorial.makeup.indo

Dilihat dalam potret ini, makeup ala 90-an kerap menggunakan eyeshadow warna abu-abu atau perak di seluruh kelopak. Sementara lipstik yang dipakai selalu warna merah.

Pemakaian blush juga dominan warna merah muda. Base makeup pun selalu warna putih pucat meski tidak selalu cocok dengan kulit pengantin.

Setelah melihat semua jenis makeup di era 90-an, gaya riasan mana yang jadi favorit Sahabat Dream?

7 dari 7 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh TUTORIAL MAKEUP (@tutorial.makeup.indo)

 

Join Dream.co.id