Foundation Flawless Bagai Lapisan Kulit Kedua, Ini Caranya

Beauty | Selasa, 3 Agustus 2021 19:36

Reporter : Mutia Nugraheni

Banyak yang menganggap foundation tebal akan menutupi banyak kekurangan wajah.

Dream – Menggunakan foundation jadi dasar penting dalam riasan wajah secara keseluruhan. Tak bisa terlalu tebal atau salah warna. Pasalnya akan sangat kentara pada wajah dan membuat tampilan jadi sangat aneh.

Fungsi utama foundation adalah meratakan warna kulit sehingga riasan lain baik di bibir, pipi maupun mata terlihat cantik. Banyak yang menganggap foundation tebal akan menutupi banyak kekurangan wajah.

Hal ini tidak tepat. Justru kita harus memilih formula foundation yang tepat sesuai jenis kulit. Termasuk menonjolkan warna kulit asli. Buatlah foundation tampak halus dan flawless bagai kulit lapis kedua. Yuk simak caranya.

1. Wajah bersih
Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum pakai foundation. Lalu, setelah bersih, buatlah wajahmu lembap agar foundation lebih mudah menempel. Setelah itu buatlah wajahmu bersinar dengan menggunakan masker atau pelembap agar hasil akhir foundation juga tampak lembut.

2. Pakai primer
Pemakaian primer kerap dikesampingkan, padahal efeknya padda foundation sangat luar biasa. Riasan yang menggunakan primer dan yang tidak menggunakan primer, perbedaannya sangat mencolok.

" Tanpa disadari, primer membuat hasil akhir riasan menjadi sempurna. Primer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, 'mengunci' make up dan membuatnya tahan lebih lama," kata Violette, penata rias asal Prancis, dikutip dari Vogue.

Selain itu, primer juga bisa memperkecil pori-pori, memudarkan bekas jerawat, dan noda hitam di wajahmu. Garis-garis lembut tanda penuaan juga akan tersamarkan

 

Foundation Flawless Bagai Lapisan Kulit Kedua, Ini Caranya
Foundation/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

3. Aplikasikan foundation dari tengah ke luar
Violette mengatakan, saat mengaplikasikan foundation lakukan teknik memutar dari tengah keluar. Mulai dari tengah wajah ke bagian atas pipi. Lalu, ratakan secara perlahan.

Bagian yang tidak kalah penting adalah di sekitar mulut yang warnanya rentan bertabrakan. Kamu bisa menepuknya dengan perlahan, agar foundation terlihat sealami mungkin.

 Apa Bedanya BB Cream, CC Cream, & Foundation?
© MEN

4. Jangan gunakan berlebihan
Agar alas bedak terlihat lebih natural dan alami, kamu tidak boleh menggunakannya terlalu banyak. Cukup dengan sentuhan ringan, dan teteskan alas bedak secukupnya saja. Hindari penggunaan yang berlebih, karena akan membuat hasil akhir riasanmu menjadi cakey dan berantakan. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti beauty blender dan spons.


Laporan : Delfina Rahmadhani

3 dari 6 halaman

Amankah Memakai Concealer sebagai Pengganti Foundation?

Dream - Pemakaian masker yang semakin tebal dan ketat membuat banyak wanita menggunakan riasan sederhana. Produk yang digunakan pun cukup sederhana.

Hanya sekedar untuk meratakan warna kulit, membuat wajah terlihat segar, serta meningkatkan kepercayaan diri meski riasannya tertutup sepanjang hari.

Salah satu produk yang seringkali digunakan untuk meratakan warna kulit secara kilat adalah concealer. Kemasan yang praktis dan coverage tinggi membuat concealer seringkali jadi produk andalan.

Namun meski bisa membuat wajah flawless seketika, Makeup Artist, Adi Adrian tidak menyarankan concealer untuk digunakan terlalu sering.

" Bolehkah concealer dipakai tiap hari?..... Tentu saja enggak boleh," jelasnya dalam salah satu unggahan di Instagram pribadinya.

 

4 dari 6 halaman

Ia mengungkap bahwa concealer berformula cukup padat. Sehingga, dapat memicu garis halus seperti di bawah mata dan di sekitar bibir.

Terlepas dari munculnya tanda penuaan, pemakaian concealer atau complexion yang terlalu kering juga bisa memperjelas garis halus maupun kerutan.

 Cara Tepat Pilih Warna Concealer untuk Tutupi Kantung Mata
© MEN

Jadi, jangan terlalu banyak atau sering memakai concealer. " Harusnya dipakai jarang2 saja. Kalo mau pake tiap hari, saya sarankan pake cushion saja," tutupnya.

5 dari 6 halaman

Taklukan Kulit Kering Agar Foundation Menempel Maksimal

Dream - Pemilihan produk yang tepat tidak hanya diterapkan ketika membeli produk perawatan kulit. Kamu juga harus melakukannya ketika membeli produk riasan wajah.

Pilihlah produk riasan wajah sesuai dengan kondisi kulitmu agar riasan terlihat rapi, natural, menyatu dengan kulit serta tidak mudah luntur.

Hal tersebut tidak hanya berlaku pada pemilik wajah berminyak. Kondisi wajah yang kering juga perlu berhati-hati memilih produk riasan agar tetap lembap dan riasan pun lebih mudah menyerap serta diaplikasikan.

Pemilihan produk yang salah akan membuat wajah yang kering memerah, riasan mudah hancur serta tanda penuaan lebih menonjol.

Dilansir dari Fustany.com, berikut tips memilih foundation yang tepat untuk kulit kering.

6 dari 6 halaman

1. Jika belum memiliki produk tertentu yang diinginkan, kamu bisa mencari rekomendasi foundation untuk kulit kering di media sosial atau situs tertentu.

2. Setelah mendapatkan beberapa rekomendasi, datanglah ke gerai penjualan produk tersebut untuk mencobanya secara langsung pada punggung tangan.

Kamu juga bisa mencoba milik teman atau keluarga jika ada yang memilikinya. Mencoba produk ini akan sangat bermanfaat untuk memastikan foundation yang dibeli nyaman digunakan pada wajah.

 2 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Foundation
© MEN

3. Pilihlah foundation dengan tekstur cair atau krim agar wajahmu tetap merasa nyaman dan lembap.

4. Lakukan perawatan kulit yang tepat sebelum merias wajah agar lebih mudah merias wajah. Ini juga bertujuan untuk mencegah wajahmu kering ketika memakai produk makeup.

5. Gunakanlah pelembap yang cukup. Kamu bisa mencampur foundation dengan pelembap agar lebih mudah diaplikasikan dan terlihat lebih flawless.

6. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk menjaga tekstur serta penampilan wajah secara keseluruhan. (mut)

Join Dream.co.id