Benarkah Gejala Autoimun Muncul Akibat Suntik Putih? Dengar Penjelasan Dokter

Beauty | Senin, 27 Juni 2022 11:35

Reporter : Cynthia Amanda Male

Benarkah suntik putih bisa menyebabkan autoimun?

Dream - Beberapa waktu lalu, beredar video TikTok yang menunjukkan seorang wanita mengalami gejala autoimun, seperti rambut rontok dan sesak napas. Perekam video TikTok itupun mengungkapkan hal tersebut bermula dari kebiasaan suntik putih atau infus whitening.

Autoimun. seperti dikutip dari laman Kemenkes, terjadi jika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Padahal sistem kekebalan tubuh seharusnya menjadi benteng pelindung bagi tubuh dalam menghadapi penyakit.  

 TikToker Terkena Gejala Autoimun Setelah Rutin Suntik Putih© TikTok @virasetyaaa

Foto: TikTok @virasetyaaa

Munculnya pengakuan wanita yang mengklaim terkena gejala autoimun karena suntik putih membuat banyak netizen penasaran. Benarkah suntik putih bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tidak bisa disembuhkan?

Dokter Adam Prabata dalam penjelasannya melalui akun TikTok mengatakan penyakit autoimun merupakan gangguan sistem imun yang menyerang sel 'normal' dalam tubuh. Padahal, seharusnya sistem imun memerangi benda asing atau sel yang sudah rusak di dalam tubuh.

Benarkah Gejala Autoimun Muncul Akibat Suntik Putih? Dengar Penjelasan Dokter
Penjelasan Dokter Terhadap Video Viral. (Source: Instagram @adamprabata & TikTok @virasetyaaa)
2 dari 7 halaman

Penyebab Autoimun

Lebih lanjut, Internis Konsultan Reumatologi, Sandra Langow pun menjelaskan bahwa penyebab autoimun belum diketahui secara pasti. Namun, hal tersebut bisa disebabkan oleh pengaruh genetik dan faktor lingkungan.

" Faktor lingkungan ini banyak sekali. Contohnya adalah infeksi virus, bakteri, sinar matahari, hormon estrogen, kegemukan, kekurangan vitamin D, dan masih banyak lagi," ungkap Sandra.

Jadi, suntik putih belum tentu bisa menyebabkan autoimun. Namun, kamu harus tetap berhati-hati ketika melakukan perawatan kulit. Pastikan kamu berkonsultasi ke dokter kulit terpercaya agar tidak menyebabkan masalah yang lebih sulit diatasi.

3 dari 7 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Adam Prabata (@adamprabata)

 

4 dari 7 halaman

Suntik Putih Selama 2,5 Tahun, Kulit TikToker Rusak hingga Alami Gejala Autoimun

Dream - Walau semakin banyak orang yang percaya diri dengan warna kulitnya, tidak sedikit wanita masih melakukan suntik putih atau infuse whitening. Banyak wanita bahkan rela membayar mahal perawatan atau produk yang dapat membuat kulit putih dalam waktu cepat.

Padahal, pemakaian produk pemutih atau suntik putih bisa berbahaya bagi kulit. Apalagi, jika dilakukan berkali-kali dalam jangka waktu panjang.

Ngaku Tak Pernah ke Salon, Ini Rahasia Kecantikan Paripurna Heni Tania yang Dinikahi Kombes Slamet Saat Usia 19 Tahun

Beberapa dokter kulit telah mengungkapkan dampak buruk suntik putih dengan kondisi pasien yang memiliki lesi atau tanda seperti luka bakar pada salah satu area tubuh. Biasanya, kondisi pasien yang diungkap oleh dokter kulit diakibatkan oleh pemakaian krim pemutih dengan kandungan hidroquinon.

Namun, lain halnya jika kamu melakukan infus whitening atau suntik putih. Kamu bisa terkena gejala autoimun seperti yang dialami oleh pemilik akun TikTok @virasetyawatiamd.keb.

Dia mengungkapkan kondisi kulit wajah dan lehernya yang memiliki bercak merah di beberapa bagian. Diketahui pemilik akun kerap melakukan suntik putih jangka panjang.

 Dampak Buruk Suntik Putih© TikTok @virasetyawatiamd.keb

Foto: TikTok @virasetyawatiamd.keb

5 dari 7 halaman

Kulitnya Merah-merah

Kulit wajahnya tampak putih, mulus, dan cerah. Namun di kolom caption, dia mengungkapkan kondisinya yang kerap mengalami sesak napas, nyeri tenggorokan, mudah lelah dan sakit, rambut rontok, serta masalah kulit lainnya.

Pada video unggahannya, pemilik akun juga mengungkapkan momen saat pergi ke rumah sakit dan diduga terkena gejala autoimun.

2 Senjata yang Bikin Eyeliner Tahan Lama

 Dampak Buruk Suntik Putih© TikTok @virasetyawatiamd.keb

Foto: TikTok @virasetyawatiamd.keb

6 dari 7 halaman

Setelah videonya viral dan ditonton sebanyak 6 juta kali, dia mengungkapkan telah melakukan suntik putih selama lebih dari 2,5 tahun. “ Dari 2016 akhir sampek 2018 awal kak. Tak lanjutkan lagi ke klinik kecantikan lagi, infus yg harga 700k 2minggu sekali,” tuturnya.

 Dampak Buruk Suntik Putih© TikTok @virasetyawatiamd.keb

Bedah Makeup Sway Challenge Nia Ramadhani yang Dilihat Warganet Beraura Beda

Foto: TikTok @virasetyawatiamd.keb

Akhirnya, pemilik akun mengalami berbagai masalah kesehatan yang diungkapkan sebelumnya. Dia pun mengaku pernah suntik kromosom yang disarankan dokter hanya untuk dilakukan 3 kali.

Pengalamannya membuat warganet prihatin dan mendoakan agar lekas sembuh. Warganet pun berterima kasih karena videonya bisa mencegah kebiasaan suntik putih yang membahayakan kulit.

7 dari 7 halaman

@virasetyaaa Balas @diadiadiaaaaaaa 2x kena pelanggaran☹️ #fypage ♬ Dj Ngamen 5 - Music Remix561

 

Join Dream.co.id