Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

DIY Skincare untuk Mature Skin, Cara Meremajakan Kulit dengan Bahan Alami

DIY Skincare untuk Mature Skin, Cara Meremajakan Kulit dengan Bahan Alami Ilustrasi/ Shutterstock

Dream - Usia yang pastinya bertambah setiap tahun dapat membuat kulit wajah mulai kehilangan elastisitasnya. Kandungan kolagen juga biasanya akan ikut menurun sehingga menimbulkan beragam masalah kulit bisa muncul lebih cepat. 

Mature skin, atau kulit yang sudah mengalami penuaan, biasanya akan lebih cepat kering dan sulit menyerap nutrisi dengan maksimal. 

Dengan pertambahan yang tak bisa dihindari, tentunya kulit yang sudah menua membutuhkan perawatan berupa nutrisi yang sesuai.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mature skin, kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Meski khasiatnya tak langsung terasa, kamu juga bisa mengunakan bahan-bahan alami yang membantu memberikan nutrisi di kulit. 

Berikut beberapa masker alami yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk mature skin:

  • Scrub Stroberi 

Pertama adalah menggunakan scrub dari stroberi yang dicampur dengan kacang walnut. Haluskan kedua bahan ini, dan aplikasikan di wajah dengan gerakan memutar secara perlahan. 

Butiran kacang walnut dan beragam vitamin yang ada di stroberi akan memberikan nutrisi pada kulit, sekaligus bantu mengeksfoliasi kulit sehingga lebih bagus untuk menyerap nutrisi. 

  • Masker Pisang dan Madu 

Masker pisang dan madu bisa menjadi andalan kamu, karena mudah dibuat dan memiliki kemampuan melembapkan yang signifikan. Caranya tinggal campurkan pisang dan madu, hingga membuat sebuah campuran yang halus, dan aplikasikan di wajah selama 20 menit, setelah itu tinggal dibilas. Wajah kamu akan terasa lebih lembut secara instan! 

  • Masker Pepaya dan Yogurt 

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat melakukan eksfoliasi pada kulit secara lembut. Efek dari eksfoliasi yang didapatkan dari papain, dapat membuat kulit lebih sehat, dan sel kulit mati terangkat. 

Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan bersama yogurt, dan aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Yogurt juga memiliki kandungan lactid acid yang dapat bantu eksfoliasi kulit kamu. 

  • Madu dan Oatmeal 

Scrub yang dibuat dari oatmeal dan madu, dapat membantu kamu melakukan eksfoliasi pada mature skin, tanpa membuat kulit rusak. 

Kamu cukup mencampurkan madu pada oatmeal, dan diaplikasikan ke wajah yang sudah bersih dengan gerakan memutar. 

Sumber: Femina.in

Perkuat Kuku Rapuh dengan Cara Alami

Dream - Kuku yang rapuh menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami kaum Hawa. Tentu saja kamu sangat ingin memiliki kuku yang kuat dan terawat, namun biasanya tidak tahu cara mendapatkannya.

Kuku rapuh bisa disebabkan banyak faktor, misal kurangnya asupan nutrisi pada tubuh maupun terlalu sering menggunakan cat kuku atau kuku palsu.

Salah satu cara termudah untuk membuat kuku jadi lebih kuat adalah dengan menjaga kelembapan. Selain itu, kamu juga perlu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kuku dengan mengonsumsi makanan sehat, atau menggunakan produk perawatan kuku. 

Kebanyakan produk perawatan kuku yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari bahan alami. Sehingga, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan bahan alami untuk merawat kuku. 

Berikut ini, adalah beberapa bahan alami yang sangat mungkin dimanfaatkan untuk merawat kuku, agar lebih kuat:

  • Lemon 

Vitamin C yang ada di dalam lemon, dapat membuat kuku kamu bertumbuh dengan sehat dan kuat. Untuk menggunakannya, kamu bisa memotong lemon, dan mengoleskan buahnya di kuku kamu dan biarkan selama lima menit setiap harinya. 

Tak hanya membantu kuku bertumbuh, cara ini juga bisa membuat kuku kamu terlindung dari beragam bakteri. 

  • Minyak Kelapa

Memijat kuku dan kutikula dengan menggunakan minyak kelapa hangat, dapat membuat kuku lebih kuat dan menstimulasi pertumbuhannya. 

Hal tersebut disebabkan karena kandungan dalam minyak kelapa ada vitamin E, yang menjadi sumber antioksidan, yang dapat melawan radikal bebas, sehingga membuat pertumbuhan nutrisi di kuku terjaga.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat membantu kamu membuat kuku lebih lembap dan sehat, khususnya jika kamu memiliki kuku yang super kering. Minyak zaitun bisa digunakan untuk merawat kuku yang rusak, dengan cara diaplikasikan saat sebelum tidur, sebagai minyak kuku. 

  • Cangkang Telur 

Jangan dibuang, cangkang telur ternyata merupakan sumber kalsium yang bisa digunakan untuk merawat kuku rapuh. Caranya adalah dengan menghaluskan cangkang telur yang sudah bersih, lalu mencampurkannya dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, dan diapliaksikan sebagai masker untuk kuku. 

  • Madu 

Madu memiliki kemampuan melawan bakteri dan jamur yang berkembang pada kuku. Tak hanya itu, madu juga dapat menutrisi kuku sekaligus melembapkannya. 

Untuk membuat kuku lebih kuat, kamu bisa mencampurkan madu dan perasan lemon, dan mengaplikasikan masker ini pada kuku yang bersih selama 15 menit. 

Sumber: Times of India

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Kencangkan Kulit yang Mengendur dengan 5 Langkah Simple

Kencangkan Kulit yang Mengendur dengan 5 Langkah Simple

Kulit yang mengendur bisa diatasi dengan pemakaian skincare dan memperbaiki pola hidup. Bahkan, pijatan wajah pun bisa membantu mengatasinya.

Baca Selengkapnya
10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Jangan Salah Pilih

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Jangan Salah Pilih

Ketika memasuki usia 40 tahun, wajah akan mengalami penuaan. Simak rekomendasi skincare terbaik berikut ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

3 Bahan Aktif yang Bisa Atasi Jerawat, Pastikan Ada di Skincare Harian

Ada banyak kandungan skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Cari tahu beberapa di antaranya beserta beragam manfaatnya untuk kulit.

Baca Selengkapnya
Bye Kulit Kasar! 8 Langkah Mudah Haluskan Tekstur Kulit

Bye Kulit Kasar! 8 Langkah Mudah Haluskan Tekstur Kulit

Meskipun sudah melakukan skincare routine, tapi kenapa ya tetap ada jerawat hingga kulit kering?

Baca Selengkapnya
Tinggalkan 2 Perawatan Kulit yang Bikin Skincare Terbuang Sia-sia

Tinggalkan 2 Perawatan Kulit yang Bikin Skincare Terbuang Sia-sia

Tidak semua tren skincare harus diikuti. Banyak di antaranya justru membuat kulitmu bermasalah. Hindari 2 kebiasaan yang bisa bikin skincare terbuang sia-sia.

Baca Selengkapnya
Sering Berjerawat karena Hormon, Remaja Penting Banget Tahu Kunci Perawatan Kulit

Sering Berjerawat karena Hormon, Remaja Penting Banget Tahu Kunci Perawatan Kulit

Remaja umumnya memiliki kulit yang lebih sensitif. Perubahan hormon yang terjadi pada masa ini seringkali memicu munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya.

Baca Selengkapnya
Apa Penyebab Leher Hitam? Bisakah Diatasi Hanya dengan Menggunakan Skincare?

Apa Penyebab Leher Hitam? Bisakah Diatasi Hanya dengan Menggunakan Skincare?

Masalah kulit yang sering terjadi adalah lipatan leher yang menghitam. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih dalam!

Baca Selengkapnya
Ampuh Cegah Penuaan Dini, Ini 3 Bahan Alami Setara Retinol

Ampuh Cegah Penuaan Dini, Ini 3 Bahan Alami Setara Retinol

Masih banyak perempuan muda yang ragu untuk mencoba retinol karena khawatir dengan efek sampingnya.

Baca Selengkapnya