6 Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan, Sering Dianggap Sampah Padahal Khasiat Melimpah

Beauty | Selasa, 5 Juli 2022 12:36

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Kulit singkong yang dicuci bersih dan diparut, lalu dicampur air bisa dijadikan sebagai masker wajah yang mampu melembutkan kulit.

Dream – Hampir setiap orang akan langsung membuat kulit singkong setelah mengupas dan mengambil umbinya yang berwarna puth. Padahal bagian yang kita anggap limbah itu ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak untuk perawatan kulit. Ada juga yang sudah mendapatkan manfaat kulit singkong dengan menjadikannya sebagai pakan ternak.

Sahabat Dream mungkin tak banyak yang tahu manfaat kulit singkong untuk kecantikan. Selama ini para perempuan merawat kecantikan dengan menggunakan skin care yang diperjualbelikan. Padahal ada bahan-bahan alami yang juga bisa diandalkan, salah satunya kulit singkong.

Kulit singkong memiliki kandungan berupa vitamin C, protein, karoten, kalsium, dan lisin. Dengan pengolahan khusus, manfaat kulit singkong ini bisa dipergunakan sebagai bahan alami untuk kecantikan.

Daripada makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat kulit singkong untuk kecantikan sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

 

6 Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan, Sering Dianggap Sampah Padahal Khasiat Melimpah
© MEN
2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan

 Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan© Unsplash.com

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kulit singkong untuk kecantikan yang pertama adalah bisa mengangkat sel kulit mati. Di mana sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara rutin, lama-kelamaan bisa menutupi pori-pori dan juga membuat skin care yang sahabat Dream gunakan tidak bisa terserap secara sempurna.

Kamu bisa menggunakan kulit singkong sebagai bahan scrub alami yang ampuh mengangkat sel kulit mati. Caranya mudah sekali. Kamu hanya perlu mencuci kulit singkong sampai bersih dan mengambil bagian yang bertekstur kasar lalu dicampur dengan air.

Kemudian aplikasikan dan gosokkan ke kulit wajah hingga beberapa menit. Kemudian basuh dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak tiga kali seminggu untuk membuat wajahmu lebih cerah dan halus.

Menyamarkan Flek Hitam

Bagi sahabat Dream yang memiliki keluhan flek hitam di wajah, maka kulit singkong bisa menjadi solusi yang tepat. Sahabat Dream bisa memarut kulit singkong dan mengaplikasikannya ke wajah atau ke bagian bekas luka yang meninggalkan noda hitam.

Lakukanlah sebanyak dua kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Bekas tersebut lama-lama akan semakin samar dan kulitmu pun bisa halus kembali.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan

 Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan© Unsplash.com

Untuk Masker Wajah

Merawat wajah sangatlah penting. Hal ini karena berhubungan dengan penampilan. Apalagi bagi sahabat Dream yang setiap harinya beraktivitas dengan berhadapan dengan banyak orang. Maka, penampilan tetap menjadi prioritas. Jadi, jangan sampai sahabat Dream lupa merawat wajah dengan cara menggunakan masker wajah secara rutin.

Selain bisa menggunakan masker wajah yang dijual di pasaran, kamu juga bisa lho membuat masker wajah dari kulit singkong. Caranya adalah dengan mencuci kulit singkong terlebih dahulu. Lalu kulit singkong diparut sampai halus dan dicampurkan dengan air. Kamu bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dan tetesan lemon.

Pastikan kamu sudah membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker kulit singkong. Aplikasikan masker sampai rata dan tunggu sampai kering. Lalu bilas dengan air dingin. Sahabat Dream akan mendapatkan kulit yang lebih halus.

Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat kulit singkong bagi kecantikan yang tak kalah luar biasa adalah bisa memperlambat penuaan kulit. Ini bisa menjadi pilihan mudan dan murah pastinya demi tampil awet muda. Hanya dengan kulit singkong yang selama ini dianggap sampah, sahabat Dream bisa memanfaatkannya untuk merawat kulit.

Hal ini karena kulit singkong memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Vitamin C sendiri adalah sumber antioksidan yang bisa mengatasi kerusakan oksidatif karena radikal bebas. Nah, kerusakan oksidatif inilah yang menjadi penyebab dari penuaan kulit. Jadi, tidak ada salahnya jika sahabat Dream mulai mencoba menggunakan kulit singkong untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan

 Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan© Unsplash.com

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat kulit singkong untuk kecantikan berikutnya adalah bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Nah, ini cocok sekali untuk sahabat Dream yang memiliki keluhan rambut rontok. Mengingat bahwa rambut sendiri bagi perempuan ibarat mahkota yang harus selalu dijaga. Selain itu, rambut juga kerap menjadi pusat perhatian banyak orang. Sehingga, penting sekali dijaga agar tetap indah.

Kamu bisa menggunakan kulit singkong untuk dijadikan masker rambut. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Mudah-mudahan dengan cara ini, rambutmu bisa segera tumbuh dan kembali menghiasi kepala.

Mengurangi Rambut Rontok

Tak sedikit perempuan yang stres ketika melihat rambutnya sering rontok. Setiap menyisir, ia akan melihat rambut-rambutnya tertinggal di sisir. Kemudian saat sedang keramas, rambut juga akan rontok di kamar mandi. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka lama-kelamaan rambutmu akan semakin berkurang.

Untuk mengatasi rambut rontok, sahabat Dream bisa menggunakan kulit singkong. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut yang bisa menguatkan akar rambut. Dengan begitu, rambutmu pun tidak akan mudah rontok lagi.

Join Dream.co.id