Cara Menjaga Keseimbangan Microbiome di Kulit Sensitif

Beauty | Kamis, 29 September 2022 06:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Mempertahankan microbiome kulit yang seimbang menjadi kunci penting dalam merawat kulit, terutama kulit sensitif

Dream - Kulit merupakan rumah bagi berbagai macam mikrobiota seperti bakteri, virus, jamur dan parasit yang berperan sebagai pertahanan pertama kulit untuk melawan berbagai faktor eksternal. Misalnya sinar UV, polusi, dan mikroorganisme patogen serta radikal bebas.

Ketika keseimbangan microbiome kulit terganggu, kulit menjadi lebih sensitif dan dapat menyebabkan iritasi pada kesehatan kulit seperti timbulnya jerawat, dermatitis atopik, dermatitis perioral, psoriasis, penuaan dini, dan lain sebagainya.

Mempertahankan microbiome kulit yang seimbang menjadi kunci penting dalam merawat kulit, terutama kulit sensitif.
 
“ Microbiome adalah microorganisme bisa fungi, jamur atau bakteri. Di setiap 1cm kulit kita ada 10 pangkat 6 mikrobiome,” jelas dr Andina Bulan Sari, Dermatologist pada acara Peluncuran Labore Barrier Repair Serum, Rabu 27 September 2022.

 

Cara Menjaga Keseimbangan Microbiome di Kulit Sensitif
Ilustrasi/ Shutterstock
2 dari 4 halaman

Bersihkan Wajah

Cuaca disekitar juga memengaruhi kondisi kulit dan keseimbangan microbiome. Di iklim tropis yang memiliki suhu panas dan lembab sepanjang tahun dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah, membuatnya lebih sensitif.

Untuk menjaga keseimbangan microbiome tetap seimbang di kulit sensitif sebaiknya rajin membersihkan wajah agar kuman tidak mudah masuk dan membuat iritasi atau

 

3 dari 4 halaman

Pakai Skincare

Melihat kebutuhan yang meningkat untuk produk perawatan kulit sensitif. LABORÉ melakukan riset untuk mengamati karakteristik kulit tropis yang membutuhkan perawatan berbeda.

 Istimewa© Istimewa

“ Kami menghasilkan rangkaian produk LABORÉ dirancang dengan formulasi yang ramah untuk kulit sensitif terutama kondisi lingkungan tropis. LABORÉ Barrier Repair Serum menjadi solusi terbaru untuk merawat skin barrier untuk seluruh jenis kulit terutama kulit sensitif di negara beriklim tropis yang memiliki karakteristik berbeda dan membutuhkan perawatan dengan formulasi khusus,” jelas Riva Malida Fadilah, Senior Brand Executive PT Paragon Technology and Innovation pada kesempatan sama.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Langsung Ganti Semua Step

 Pemakaian Essence© Shutterstock

Memilih skincare memang tak mudah, kita harus mencobanya satu per satu untuk tahu efek yang akan terjadi di kulit.

“ Skincare kan banyak banget, kalau mencoba jangan mengubah skincare secara keseluruhan jadi coba dulu satu step, baiknya juga pilih yang kecil travel kit dulu,” tambah dr Sari Chairunissa, PT Paragon Technology and Innovation VP of Research and Development pada kesempatan yang sama.

Join Dream.co.id