Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah, Kenali Jenis Lukanya Dulu

Beauty | Rabu, 29 Mei 2019 15:41
Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah, Kenali Jenis Lukanya Dulu

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Bekas luka di wajah pasti sangat mengganggu penampilan. Namun, sebelum kita bingung bagaimana cara menghilangkannya. Ada baiknya kenali dulu jenis bekas luka yang kita alami.

Dream - Wajah diumpamakan seperti halaman depan rumah. Asri dan indah apabila dihias. Kumuh bila tak dirawat.

Apalagi kalau ada bekas luka di wajah, duh! Alamat tidak akan keluar rumah berhari-hari. Bagaimana sih cara menghilangkan bekas luka yang ada di wajah? Yuk simak artikel di bawah ini.

Sebelum membahas bagaimana menghilangkan bekas luka di wajah, ada baiknya kita pahami dulu apa itu bekas luka dan apa saja jenisnya. Karena berbeda jenis lukanya, maka berbeda pula cara menanganinya.

Bekas luka di wajah bisa muncul apabila kulit wajah mengalami gangguan. Misalnya ada jerawat di wajah yang bisa menjadi luka apabila penangannya tidak tepat. Atau kulit wajah yang mengalami iritasi karena pemakaian produk kecantikan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit.

 Ilustrasi

Bisa juga bekas luka yang terjadi karena sayatan benda tajam maupun tumpul yang mengenai wajah. Dan, masih banyak lagi bekas luka yang timbul di wajah akibat luka, bukan luka hati lho ya.

Untuk menghilangkan bekas luka di wajah, tentu penanganannya berbeda-beda. Tergantung dari jenis luka yang diderita. Memang bekas luka ada apa aja sih?

2 dari 6 halaman

Bekas Luka Keloid

Dari strata bekas luka, bekas luka keloid menjadi luka yang paling agresif dan susah untuk dihilangkan. Bentuk luka ini tebal berwarna merah gelap, dan mengganjal.

Tentu saja membuat risih dan mengganggu penampilan. Terlebih kalau bekas luka ini ada di wajah.

Umumnya keloid jarang muncul di wajah, namun tidak menutup kemungkinan akan muncul di wajah.

Biasanya keloid muncul karena luka berat dan dalam, seperti luka bekas operasi, bekas tindik, bekas cakaran dan lain sebagainya.

Apalagi kalau penderita punya genetik yang rawan terhadap keloid, bekas jerawat kecilpun bisa jadi keloid.

 Bekas luka yang dialami Yein
Luka ini biasanya muncul karena tumbuhnya jaringan baru pada saat penyembuhan luka, dan tentu saja dipengaruhi faktor genetik. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka keloid?

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan Ablasi Laser, Mikrodermabrasi, dan Operasi Plastik.

Sebelum melakukan prosedur penghilangan bekas luka keloid, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit untuk mendapat diagnosa dan penanganan yang tepat.

3 dari 6 halaman

Bekas Luka Kontraktur

Kalau bekas luka yang satu ini terjadi karena kulit terbakar, yang dapat mempengaruhi ketegangan otot dan saraf sehingga membatasi gerak tubuh.

 Ilustrasi

 

Bekas luka ini juga dapat membentuk jaringan parut, yang tentu saja mengganggu penampilan, terlebih kalau bekas luka itu ada di wajah.

Selain karena luka bakar karena api, bekas luka kontraktur juga bisa muncul apabila kulit terus terpapar sinar matahari, atau benda lain yang memancarkan panas lainnya.

Dan bisa juga akibat iritasi penggunaan produk kecantikaan yang tidak sesuai sehingga mengakibatkan rasa terbakar pada wajah. Luka ini akan mengalami pengerutan dan pemendekan jaringan, sehingga membuat kulit yang terluka menjadi berkerut.

Untuk mengatasi dan menghilangkan bekas luka kontraktur, ada beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan penggunaan silikon gel secara rutin dalam kurun waktu satu bulan atau lebih, atau dengan cara yang cukup cepat yakni dengan operasi kulit.

Dalam pemakaian silikon gel maupun operasi tentu harus dengan anjuran dokter kulit, ya Sahabat Dream!

4 dari 6 halaman

Bekas Luka Hipertropik

Bekas luka yang satu ini biasa muncul daerah persendian, namun tidak menutup kemungkinan muncul di wajah.

Warna bekas luka hipertrofik ini umumnya berwana pucat, dan sifatnya tidak berbahaya. Hampir sama dengan keloid dan kontraktur, bekas luka ini biasanya muncul akibat dari luka bakar, bekas operasi, dan luka-luka lainnya.

Bentuk bekas luka hipertropik menyerupai keloid, banyak yang mengira bentuk luka benjolan adalah keloid, namun hal itu salah. Bisa saja luka itu adalah bekas luka hipertropik.

Cara penanganan bekas luka yang satu ini cukup mudah, bisa dengan menggunakan silikon gel, sampai dengan operasi, apabila bekas luka yang diderita tergolong parah.

5 dari 6 halaman

Bekas Luka Jerawat

Untuk bekas luka yang satu ini tentu sangat umum. Bekas jerawat umumnya akan meninggalkan warna merah dan noda kecoklatan apabila tidak ditangani dengan tepat.

Parahnya, bekas jerawat ini membentuk lubang tidak rata pada wajah, seperti bopeng.

 Solusi Atasi Noda Bekas Jerawat


Bekas jerawat yang ringan, dapat diatasi dengan pemakaian produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk bekas dan noda jerawat. Namun, apabila bekas luka jerawat dianggap sudah terlalu parah, maka perlu penanganan lebih lanjut.

Penanganannya seperti, Chemical Peeling, Dermabrasi, Derma filler, hingga Laser. Untuk penanganan yang tepat, baiknya lakukan konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu, dan jangan sembarangan memakai krim yang abal-abal.

6 dari 6 halaman

Cara Lain Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Urusan wajah menjadi sangat penting bagi para kaum hawa. Apalagi kalau masalah bekas luka membandel yang sulit dihilangkan, pasti bikin mood anjlok.

Setelah mengetahui jenis bekas luka dan cara penanganannya, kita juga harus tahu, kalau ada cara penanganan lain, dengan cara yang lebih alami.

Cara alami, seperti banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E, menggunakan minyak zaitun atau madu murni sebagai krim oles.

Selain minim efek samping, bahan-bahannya mudah didapatkan. Jadi, kenali bekas lukamu terlebih dahulu sebelum bingung pakai krim ini dan itu, dan jangan lupa konsultasikan ke dokter kulit yang terpercaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila bekas luka di wajah hilang, tentu dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan penampilan yang menarik, kan?

(ism, Sumber: Web MD)

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik
Join Dream.co.id