Cara Menggunakan Serum Vitamin C Agar Bekerja Lebih Optimal

Beauty | Sabtu, 6 Agustus 2022 07:01

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Gak perlu bingung, yuk simak cara menggunakan serum vitamin C agar dapat bekerja optimal

Dream - Serum vitamin C sering disebut 'booster' dalam perawatan kulit. Vitamin C ini menjadi bahan dalam perawatan kulit yang telah digunakan dalam berbagai formulasi dan produk. Mulai dari pelembab hingga krim malam, vitamin C dicampurkan dalam berbagai bentuk.

Sahabat Dream mungkin sering mendengar orang menggunakan serum vitamin C dan bertanya-tanya mengapa serum ini populer Alasannya terletak pada formulasi serumnya.

Serum dalam bentuk terkonsentrasi pada satu zat saja memiliki kemungkinan besar untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

 Pemakaian Essence© Shutterstock

Setelah mengetahui mengapa vitamin C dalam bentuk serum lebih disukai, pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah bagaimana cara menggunakan serum vitamin C yang benar.

Gak perlu bingung, yuk simak cara menggunakan serum vitamin C agar dapat bekerja optimal.

Cara Menggunakan Serum Vitamin C Agar Bekerja Lebih Optimal
Ilustrasi/ Shutterstock
2 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Serum Vitamin C

Saat menimpa produk perawatan kulit, aturannya adalah berpindah dari yang paling cair ke yang paling kental. Jadi jika serum lebih kental dari essence gunakan setelahnya.

Jika Sahabat Dream baru memulai penggunaan serum, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti.

 Ilustrasi Pemakaian Serum© Shutterstock

  • Langkah 1: Menggunakan pembersih lembut cuci muka.
  • Langkah 2: Jika menggunakan toner, aplikasikan selanjutnya.
  • Langkah 3: Ambil beberapa tetes serum, gosokkan di antara telapak tangan dan oleskan serum pada wajah, dan leher.
  • Langkah 4: Selanjutnya, oleskan pelembab.
  • Langkah 5: Sebagai langkah perawatan kulit terakhir, aplikasikan lapisan tabir surya.
  • Langkah 6: Mulailah dengan rutinitas make-up.

Catatan: Di antara setiap langkah, tunggu beberapa menit hingga produk terserap ke dalam kulit. Serum biasanya menimbulkan efek kesemutan pada kulit. Jika menggunakannya pertama kali, lakukan tes tempel sebelum menggunakan serum pada sedikit bagian kulit wajah atau kulit di belakang telinga.

(Source: Boldsky)

3 dari 6 halaman

3 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah, Lebih Efektif daripada Diminum?

Dream - Vitamin C semakin sering digunakan produsen perawatan kulit dalam pembuatan produk mereka. Langkah ini wajar dilakukan karena vitamin C sudah terbukti memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah salah satunya antioksidan.

Mungkin, sebagian orang pernah mengaplikasikan vitamin C pada wajah dalam bentuk irisan atau perasan buah jeruk maupun lemon. Namun, kandungan pada bahan alami tersebut belum tentu efektif untuk kesehatan kulit.

Akan lebih baik jika Sahabat Dream menggunakannya dalam bentuk produk yang sudah diformulasi dan diperkaya oleh bahan kimia maupun teknologi lainnya agar lebih efektif digunakan saat melakukan perawatan sehari-hari.

Apalagi menurut Dokter Kulit, Listya Paramita, manfaat vitamin C akan lebih optimal digunakan secara topikal pada kulit daripada dikonsumsi dengan cara diminum. Berikut manfaat vitamin C yang digunakan dalam bentuk serum.

4 dari 6 halaman

1. Antioksidan alami

 Wajah Terpapar Sinar Matahari© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kamu bisa memperoleh berbagai manfaat antioksidan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Itu artinya kulitmu bisa terlindungi dari pengaruh buruk beberapa faktor lingkungan, seperti polusi, paparan sinar matahari, asap rokok, dan lain-lain.

5 dari 6 halaman

2. Mencegah penuaan

 Wajah Awet Muda© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Di samping melindungi dari paparan sinar matahari, vitamin C juga mampu memicu dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sehingga, kamu bisa mencegah proses penuaan dan membuat kulit wajah tampak awet muda, kenyal, serta halus.

6 dari 6 halaman

3. Mencerahkan kulit

 Memiliki Wajah Cerah© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kamu juga bisa membuat kulit lebih cerah secara bertahap dengan menggunakan serum vitamin C. Pasalnya, vitamin C dapat menghambat kerja enzim tirosinase yang akan meminimalisir pembentukan melanin. Tertarik untuk memakainya?

Join Dream.co.id