Cara Memilih Pelembap untuk Wajah Berminyak

Beauty | Selasa, 10 Maret 2020 17:12
Cara Memilih Pelembap untuk Wajah Berminyak

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apakah kamu pemilik wajah berminyak?

Dream – Banyak wanita yang memiliki kulit berminyak tidak merasa perlu memakai pelembap. Mereka merasa kulit wajahnya sudah lembap, padahal faktanya kulit berminyak tetap harus memakai pelembap.

Tidak memakai pelembap bisa menyebabkan produksi minyak berlebih karena kulit membutuhkan kelembapan ekstra.

 ilustrasi skincare© shutterstock.com

Kulit berminyak bisa terlihat kurang menarik, apalagi jika terdapat komedo, beruntusan, dan pori-pori besar.

Saat dehidrasi, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan kelembapan, dan hal ini tidak begitu ideal pada wajah berminyak.

2 dari 5 halaman

Perhatikan produk yang digunakan

Hal ini hanya terjadi jika kamu lupa menggunakan pelembap. Dilansir Miss Kyra, pelembap bermanfaat untuk menghidrasi dan menjadi lapisan pelindung kulit.

Ketika mencuci wajah untuk membersihkan minyak, kulitmu akan mengikis sedikit kelembapan alami kulit dan memicu produksi sebum berlebih.

Jadi, membersihkan wajah secara teratur saja belum cukup.

 ilustrasi bersihkan wajah© Dream

Perhatikan juga pelembap yang digunakan. Pastikan pelembap yang digunakan berbahan dasar air, bukan minyak agar tidak menyumbat pori-pori.

Pilih pelembap yang non-comedogenic dan mengandung gliserin, jojoba oil, eksrak alpukat, tea tree oil, asam hyaluronat, ekstrak lidah buaya serta squalene.

Perhatikan efek pelembap pada kulit setelah pemakaian.

3 dari 5 halaman

Ini Pentingnya Cuci Muka Sebelum Tidur

Dream – Rasa malas kerap melanda setelah beraktivitas seharian. Bahkan, mungkin kamu pernah tidur dengan makeup pada wajah.

Padahal, kulitmu bisa bermasalah karena tidak membersihkannya. Sebelum tidur, selalu pastikan wajah sudah benar-benar bersih.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut alasan kamu harus membersihkan wajah sebelum tidur: 

 Ilustrasi tidur© Dream

4 dari 5 halaman

Membersihkan Pori-pori

Polusi, makeup dan sel kulit mati akan mengisi pori-pori serta menyebabkan jerawat maupun komedo.

Ketika membersihkan wajah di malam hari, sisa kotoran maupun makeup akan terangkat. Sehingga, kulitmu lebih bersih dan sehat.

 ilustrasi cuci wajah© Dream

Meremajakan Kulit

Kulitmu mengalami peremajaan ketika tidur di malam hari. Inilah mengapa sebaiknya wajahmu dalam keadaan bersih sebelum tidur. Kotoran dan sisa makeup bisa mengganggu proses peremajaan.

5 dari 5 halaman

Mengatasi Kekusaman

Kotoran, polusi, debu dan sisa makeup bisa membuat kulitmu kusam jika tidak dibersihkan. Ini juga akan menimbulkan noda di wajah. Jadi, jangan lupa bersihkan wajah sebelum tidur di malam hari.

 ilustrasi wajah segar© Dream

Mencegah Penuaan

Menjaga kebersihan wajah dapat mencegah penuaan dni, mengurangi dampak buruk sinar matahari serta masalah kulit lainnya.

Wajahmu akan terlihat lebih bersih, kenyal dan glowing. Tentunya, jika kamu memakai pelembap dan minum air yang cukup setelah membersihkan wajah.

Join Dream.co.id