Awas! Jerawat di Area Mata Bisa Berujung Kebutaan

Beauty | Selasa, 23 November 2021 13:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan sembarangan menyentuh dan memakai obat jerawat.

Dream - Jerawat tidak hanya terdapat di pipi, dagu, hidung, atau dahi. Pada beberapa kasus, jerawat juga bisa muncul di area mata. Biasanya, jerawat di mata akan terlihat seperti bisul.

" Merah, bengkak, dan sakit," jelas Dermatologis, Arthur Simon melalui unggahannya di Instagram @dokterkulitkucom. Sama seperti jenis lainnya, jerawat di area mata tidak boleh sembarangan disentuh atau dipecahkan.

Bahkan, jerawat di area mata tidak dianjurkan untuk segera disembuhkan dengan memakai obat jerawat. Apalagi, Arthur mengungkapkan bahwa jerawat tersebut bisa menjadi tanda-tanda infeksi jaringan seputar mata.

Awas! Jerawat di Area Mata Bisa Berujung Kebutaan
Memiliki Wajah Bejerawat. (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Bisa berujung pada komplikasi

 Memiliki Wajah Berjerawat© Shutterstock

Oleh karena itu, cara mengatasinya bisa sangat berbeda dengan jenis jerawat yang biasanya muncul di area wajah lain. Jika ingin mengatasinya, kamu perlu berkonsultasi pada dokter kulit terlebih dulu untuk memastikan kondisi serta jenis jerawat yang dimiliki.

Jangan terlalu lama membiarkan kondisi jerawat pada mata karena bisa berujung pada kehilangan penglihatan total, kehilangan penglihatan parsial, atau mengalami komplikasi lainnya.

Jadi, segera konsultasikan kondisimu ke dokter kulit sebelum menyentuh, memencet, atau memakai obat jerawat agar jerawat pada mata segera sembuh dan tidak menyebabkan komplikasi.

3 dari 5 halaman

Cara Atasi Jerawat bagi Pemilik Kulit Kering

Dream - Jerawat merupakan salah satu permasalahan wajah yang kerap dialami oleh banyak orang. Biasanya jerawat sering muncul pada kulit berminyak, walaupun begitu pemilik kulit kering juga mungkin mengalami jerawat. 

Salah satu pemicu jerawat adalah terlalu banyaknya sebum, yang membuat pori-pori bisa tersumbat. Selain itu, kotoran serta sisa produk makeup yang menyumbat pori juga menjadi penyebab lain jerawat.

Curhat Karina Nadila Pernah Gagal Casting karena Jerawat

Sehingga, meskipun kulit kita berjenis kering, masih sangat mungkin mengalami jerawat.

Karena itulah sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit, terutama bagian wajah, agar tidak berjerawat. Selain itu, kita bisa memilih produk-produk perawatan yang ringan, dan pastikan memiliki formula yang tak menyubat pori-pori. 

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, jika kamu merupakan pemilik kulit kering, dan wajahmu muncul jerawat:

4 dari 5 halaman

Atasi Jerawat Pada Kulit Kering

Gunakan Pembersih Lembut

Cara pertama adalah menggunakan pembersih wajah yang lembut, dan tidak kasar untuk kulit. Dengan menggunakan produk semacam ini, kulit kamu bisa bersih, tanpa harus membuat kulit semakin kering.

Amankah Memakai Scrub Saat Kulit Berjerawat?

Gunakan Pelembap Berbahan Dasar Air

Menggunakan pelembap wajib dilakukan oleh semua orang, baik kulit kering maupun berminyak. Saat sedang timbul jerawat, kamu bisa menggunakan pelembap yang memiliki bahan dasar air, dan tak menyumbat pori-pori.

5 dari 5 halaman

Hindari Eksfoliasi

Untuk kulit kering, ketika sedang berjerawat hindari melakukan eksfoliasi. Hal tersebut agar minyak alami di wajah tidak berkurang.

Selain Tentang Penampilan, Inilah 8 Arti Mimpi Jerawatan yang Memengaruhi Kehidupanmu

Hati-Hati dengan Produk Jerawat

Coba untuk mulai menggunakan produk khusus jerawat dengan dosis rendah. Saat menggunakan produk khusus jerawat juga kamu perlu berhati-hati, karena biasanya bisa membuat kulit bertambah kering. 

Sumber: Healthline

Join Dream.co.id