Beda-beda Skincare untuk Satu Wajah, Aman?

Beauty | Rabu, 17 Juli 2019 09:47
Beda-beda Skincare untuk Satu Wajah, Aman?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apakah kamu sering melakukan hal ini?

Dream - Tidak selamanya kita bisa membeli semua produk dari serangkaian kosmetik yang diproduksi sebuah brand.

Justru, seringkali kita menggabungkan produk dari berbagai brand untuk sekali pakai dalam sehari-hari.

Tapi, amankah memakai produk dari berbagai brand untuk dijadikan satu rangkaian perawatan kulit?

" Kembali lagi ke kita, jadi harus tahu bahan aktif yang cocok untuk kulit dan skincare yang sudah dipakai," ujar Hafiza Fikri, Spesialis Kulit dan Kelamin di Sheraton Grand, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Juli 2019.

Beberapa bahan aktif yang biasa ditemukan dalam suatu produk adalah retinol dan berbagai jenis zat asam (acid).

 shutterstock

" Misalnya retinol, apakah produk kita ada kandungan retinol dan apakah kita cocok pakai bahan itu. Kalau pakai yang memgandung zat asam, oh ternyata saya nggak bisa campur dengan yang mengandung zat basa," jelasnya.

Sebenarnya, hampir semua produk perawatan kulit bisa digabung dengan yang lainnya, selama produk tersebut tidak berfungsi sebagai obat.

" Kalau mutlak tidak boleh dicampur itu jarang ya. Selama bahannya masih bersifat kosmetik, itu tidak masalah. Tapi kalau kulitnya sensitif, ya nggak bisa pakai retinol dan hydrocyd karena nanti too much," tutupnya.

2 dari 6 halaman

Tahapan Memakai Skincare di Malam Hari

Dream - Setelah beraktivitas seharian di luar ruangan, kulitmu membutuhkan perawatan ekstra. Kamu perlu menghilangkan kotoran agar kulit bisa beristirahat dengan sempurna dan bebas dari masalah kulit.

Tapi sebelum memakainya, Sahabat Dream perlu mengetahui urutan pemakaian produk skincare supaya lebih efektif dalam menjaga kesehatan kulit.

Berikut tahapan pemakaian skincare menurut Spa Essentia Product Representative, Julia Kawilarang.

1. Membersihkan Kulit Wajah

" Memang kita tidak bisa melihat debu yang menempel di wajah dan menganggap air bisa membersihkan wajah. Padahal, sisa kotoran akan masuk ke dalam kulit dan menyebabkan blackheads atau jerawat," ujarnya di Gaya Spa Wellness, JakartaSelatan, Jumat 21 Juni 2019.

Maka dari itu, kamu perlu membersihkan wajah dengan micellar water, milk cleanser dan face cleanser agar bebas dari kotoran maupun makeup.

2. Menyegarkan Kulit Wajah

" Setelah cleansing, lanjutkan dengan toner untuk memberikan kesegaran pada wajah dan mengangkat lebih dalam kotoran yang masih tertinggal, karena toner memiliki sifat mengangkat kotoran lebih banyak" .

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

" Meski tidak dianjurkan setiap hari, namun tahapan ini sangat penting. Karena setiap hari pasti ada kulit mati, yang kalau tidak diangkat akan terjadi penebalan, menyebabkan wajah kusam dan tidak cerah bercahaya," katanya.

Kamu bisa memakai scrub atau lulur wajah yang dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan dan formulanya terlebih dahulu sebelum membeli.

Jangan lupa mencobanya di beberapa area di wajah untuk memastikan kembali keamanannya, karena formula face scrub yang salah lebih berisiko merusak kulit.

3 dari 6 halaman

4. Menutrisi Kulit

 

" Pakailah masker selama 10-15 menit untuk menutrisi, melembapkan dan memberikan kekencangan kembali pada kulit serta membantu mengecilkan pori-pori," ungkapnya.

5. Melembapkan Kulit

" Jangan lupa memakai serum dan pelembap setelah melewati tahapan sebelumnya supaya wajah tetap kenyal serta lembap," tutupnya.

4 dari 6 halaman

Trik Bikin Skincare Jadi Lebih Ampuh

Dream - Pernah memakai skincare, namun hasilnya tak kunjung dirasakan? Mungkin Sahabat Dream punya masalah di bagian kulit yang satu ini.

Rutinitas skincare diawali dengan mengaplikasikan produk pada kulit bagian paling atas yang disebut epidermis. Untuk hasil perawatan sempurna, produk skincare harus mencapai dermis yang terletak lebih dalam.

" Di antara keduanya ada ceramide yang berfungsi sebagai pintu. Skincare terkadang tidak bisa masuk ke dalamnya sehingga hasilnya tidak maksimal atau bahkan gak ada efek apapun," kata Thomas, Planner Astalift Indonesia di acara Dream Iftar Ramadan Office to Office, Jakarta, Rabu 15 Mei 2019.

 Astalift

Dibutuhkan skincare yang terbuat dari partikel kecil agar dapat menembus ceramide. Seperti Astalift dengan teknologi Nano Astaxanthin dari Jepang.

 Astalift

" Ini merupakan inovasi partikel yang diperkeci hingga 20 nano meter. Besarnya lebih kecil daripada ukuran pori-pori manusia yang sebesar 100 nano meter," kata Aprianti Virna,
Brand Manager Astalift Indonesia.

5 dari 6 halaman

Jangan Lupa Lakukan Ini...

Selain mencari skincare yang ampuh, jangan lupa untuk melakukan double cleansing dengan benar sebelum memulai rutinitas perawatan.

Hal ini dimaksudkan agar kulit menjadi lebih siap untuk didempul dengan berbagai produk kecantikan.

Mulailah dengan memakai cleansing gel. Tekstur gel bersifat lebih ringan dari krim yang biasanya memicu minyak berlebih.

" Lakukan dengan gerakan dari bawah dagu ke atas melawan gravitasi agar kulit tidak kendur. Pijat dan biarkan panas dari tangan mengalir ke kulit wajah," ujarnya.

 Astalift

Kemudian cuci wajah menggunakan cleansing foam atau sabun cuci muka. Air hangat dapat membuka pori-pori sehingga kotoran dapat lebih terangkat.

Terakhir, sempurnakan cleansing dengan micellar water untuk mengangkat sisa makeup yang tidak bisa dihilangkan oleh kedua tahap sebelumnya. Untuk memberi efek segar, usapkan toner non alkohol sebelum memakai rangkaian skincare. Selamat mencoba! (ism)

6 dari 6 halaman

Ketahui Tanggal Kedaluwarsa Skincare dan Makeup Kamu

Dream - Kalau sering membeli produk makeup, kamu juga perlu mengingat tanggal kedaluwarsanya. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruhi pada kualitas beauty item, lho!

 shutterstock

Menggunakan produk kedaluwarsa dapat menyebabkan ruam, peradangan dan iritasi kulit.

Jika kamu ingin mengetahui tanggal kedaluwarsa makeupmu, berikut masa berlaku rata-rata berbagai jenis produk:

1. Pembersih Wajah

Umumnya, sabun cuci muka bertahan hingga satu tahun.

 Tips Memilih Pembersih Wajah Ideal Sesuai Kebutuhan Kulit

Dan jika kamu mulai melihat perubahan warna dalam cairan, maka produk tersebut harus segera dibuang.

2. Micellar Water

Produk yang sangat populer beberapa tahun terakhir ini bisa sangat mudah terkena bakteri jika terekspos udara bebas. Sebaiknya micellar water digunakan selama enam bulan saja.

 shutterstock

3. Toner

Sama seperti toner juga merupakan produk berbasis air dan mudah terpapar bakteri.

 shutterstock

 

Biasanya, produk ini dipakai 6 hingga 12 bulan. Jika mulai berubah warna, teksturnya menjadi kental atau berbau aneh, maka kamu harus membuangnya.

4. Pelembap

Banyak krim wajah bertahan hingga satu tahun. Namun, beberapa produk berbahan natural dan organik perlu disimpan dengan baik karena bisa kedaluwarsa dalam kurun waktu kurang dari setahun.

 shutterstock

(ism, sumber: Times of India

 

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id