7 Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit hingga Atasi Jerawat

Beauty | Rabu, 12 Agustus 2020 18:35
7 Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan, Mencerahkan Kulit hingga Atasi Jerawat

Reporter : Arini Saadah

Daun bidara ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Dream – Manfaat daun bidara tidak hanya berkaitan dengan pengusiran jin atau semacamnya. Daun bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Manfaat daun bidara terlihat dari kandungan berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, antioksidan, dan berbagai manfaat kesehatan juga kecantikan lainnya.

Pohon bidara alias Indian jujube sebenarnya memiliki beragam khasiat untuk kecantikan kulit, mulai dari kulit kering, kulit berjerawat, hingga kulit yang menunjukkan penuaan.

Ingin tahu manfaat daun biara untuk kecantikan? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber, siapa tahu bisa menjadi bahan alami untuk perawatan kulitmu, Sahabat Dream.

2 dari 8 halaman

Mengobati Kulit yang Meradang

Ilustrasi© Dream

Manfaat daun bidara untuk kecantikan bisa digunakan sebagai penenang kulit yang meradang. Daun bidara memiliki kandungan anti-inflamasi dimana bisa menenangkan kulit yang meradang.

Caranya oleskan daun bidara yang sudah ditumbuh halus pada area kulit yang meradang. Oh iya, manfaat daun bidara juga mengandung sifat antibakteria sehingga bagus untuk melawan bakteri penyebab iritasi.

3 dari 8 halaman

Melembapkan Kulit

Ilustrasi© Dream

Jika kamu memiliki kulit yang kering, kamu bisa memanfaatkan kandungan lemak danmineral dalam daun bidara untuk mengatasinya. Manfaat daun bidara untuk kecantikan diyakini mampu melembapkan kulit.

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker. Caranya haluskan daun bidara, tambahkan air atau air mawar hingga teksturnya mirip masker. Lalu oleskan pada area kulit yang kering. Tunggu beberapa menit hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Jerawat

Ilustrasi© Dream

Manfaat daun bidara memang sangat baik untuk kecantikan, salah satunya mengatasi permasalahan jerawat. Hal ini lantaran kadungan zat antibakteria dalam daun bidara yang dipercaya mampu mengatasi masalah kulit tersebut.

Caranya, haluskan daun bidara lalu berikan air atau perasan lemon. Campur hingga merata dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit atau hingga masker mongering. Lalu bilas sampai bersih. Gunakan rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

Bagi Sahabat Dream yang tidak suka maskeran, kamu bisa memanfaatkan daun bidara untuk kecantikan menjadi toner. Mudah sekali bukan?

5 dari 8 halaman

Mencerahkan Kulit

Ilustrasi© Dream

Masalah kulit kusam sangat mengganggu penampilan kita. Apalagi ada bekas jerawat pada kulit wajah, tentu menjadi masalah yang serius bagi kebanyakan orang.

Nah, kamu bisa menggunakan manfaat daun bidara untuk mengatasi masalah kulit kusam. Daun bidara ternyata ampuh bisa membantu mencerahkan kulit.

Kandungan vitamin C dan zat antioksidan dalam daun bidara mampu melawan radikal bebas dann mencegah kerusakan sel, sehingga kulit dapat menjadi semakin cerah dan sehat.

6 dari 8 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi© Dream

Manfaat daun bidara untuk kecantikan lainnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Lantaran kandungan daun bidara bisa mencegah keriput dan lingakran hitam di area mata.

Kamu bisa menggunakan daun bidara sebagai masker dengan campuran madu atau perasan lemon. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga mongering kemudian bilas sampai bersih.

7 dari 8 halaman

Menyembuhkan Luka

Ilustrasi© Dream

Jika kamu memiliki luka yang sulit disembuhkan, kamu bisa mencoba manfaat daun bidara untuk menyembuhkan lukamu.

Daun bidara dipercaya bisa menyembuhkan luka ringan di bagian tubuhmu. Sebab daun bidara mengandung senyawa glikosida yang bisa mempercepat regenerasi kulit, sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka.

8 dari 8 halaman

Merawat Rambut Rusak

Ilustrasi© Dream

Tak hanya mengatasi jerawat, manfaat daun bidara untuk kecantikan juga bisa untuk merawat kesehatan rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan merebusnya lalu dijadikan hair tonic.

Manfaat daun bidara untuk kecantikan dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah kerusakan serta kerontokan rambut.

Itulah 7 manfaat daun bidara untuk kecantikan secara alami. Bahan alami dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kecantikan tanpa efek samping.

Sumber: Cosmopolitan, berbagai sumber.

Join Dream.co.id