7 Bunga yang Punya Manfaat Bagi Kecantikan

Beauty | Selasa, 5 Mei 2020 06:12
7 Bunga yang Punya Manfaat Bagi Kecantikan

Reporter : Dwi Ratih

Apa saja ya?

Dream - Bunga dapat memperindah segalanya. Siapa sangka bunga juga dapat bermanfaat bagi kecantikan. Bukti kecil saja adalah brand-brand kecantikan sering menggunakan bahan alami bunga ke dalam produk mereka.

Bunga tidak hanya dapat memperbaiki kulit, tetapi juga dapat melembabkan dan mengurangi jerawat.

Dilansir dari India Times, berikut beberapa bunga yang memiliki manfaat dalam dunia kecantikan.

Mawar

Digunakan sebagai air mawar, masker wajah, lotion bahkan krim malam, mawar tergabung dalam beberapa produk kecantikan. Dengan sifat melembabkan dan menyembuhkan, mawar membuat kulit menjadi hidup dan bahkan memperbaiki pembuluh darah yang rusak.

Sifat anti-bakteri membuatnya ideal untuk orang dengan kulit berminyak dan rawan jerawat. Menggunakan air mawar dapat mengontrol kelebihan minyak pada kulit, sementara menggunakan krim dan masker mawar membantu menghilangkan jerawat.

ilustrasi bunga mawar© Shutterstock

Lavender

Terkenal karena penggunaannya sebagai minyak esensial, lavender membantu dalam menormalkan jenis kulit kering, berminyak dan sensitif, dengan menciptakan keseimbangan produksi sebum.

Lavender juga membantu dalam meringankan dan mengurangi ketegangan dengan memberikan efek menenangkan pada kulit. Lavender penuh dengan sifat-sifat antibakteri dan antiseptik, yang merupakan alasan mengapa ia termasuk dalam kandungan beberapa masker wajah dan krim.

2 dari 6 halaman

Chamomile

Bunga chamomile adalah bunga ajaib untuk semua penggemar perawatan kulit. Bunga Ini mengandung sifat anti-inflamasi, anti-jamur, antibakteri dan antiseptik.

Sifat-sifat tersebut membantu kulit mendapatkan kembali elastisitasnya, mengurangi kemerahan dan juga menenangkan kulit. Chamomile banyak digunakan untuk membuat minyak dan bubuk keringnya biasanya dipakai untuk wajah yang menenangkan kulit.

Ilustrasi bunga chamomile© Shutterstock

Kembang sepatu

Dikenal karena kualitas pengelupasan dan menghidupkan kembali kulitnya, kembang sepatu adalah bunga yang banyak digunakan di dunia kecantikan.

Bunga itu memiliki manfaat dan penggunaannya pada warna kulit, pengencangan kulit, pengelupasan kulit, mengontrol produksi minyak, melembabkan dan melindungi kulit terhadap penuaan dini.

Minyak kembang sepatu juga digunakan sebagai minyak rambut, karena membantu mengisi kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3 dari 6 halaman

Melati

Melati adalah tanaman yang cocok untuk membuka penyumbatan dan membersihkan pori-pori kulit. Bunga itu dikemas dengan antioksidan dan juga digunakan untuk perawatan anti-penuaan.

Bunga ini juga dikenal untuk melembabkan dan melembutkan kulit, itulah sebabnya minyak melati digunakan dalam pembuatan beberapa produk kecantikan.

ilustrasi bunga melati© Shutterstock

Marigold

Bunga ini banyak tersedia di India. Marigold memiliki rangkaian manfaat kecantikan tersendiri. Bunga ini juga dikenal sebagai calendula dan minyaknya telah banyak digunakan di seluruh dunia.

Minyak calendula memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi bintik-bintik dan bekas jerawat. Kamu juga bisa menggunakan minyak pada gigitan serangga untuk menenangkan dan menghilangkan rasa sakit.

4 dari 6 halaman

Pansy

Semua penggemar perawatan kulit di luar sana mungkin tahu betapa bermanfaatnya pansy. Mengandung asam salisilat, yang merupakan alasan mengapa banyak digunakan sebagai zat.

Ini memberikan efek menenangkan pada kulit dan dapat digunakan sebagai masker atau dapat disemprotkan ke seluruh wajah sebagai kabut.

ilustrasi bunga pansy© Shutterstock

Laporan: Cindy Azari

5 dari 6 halaman

3 Masker Buah yang Dapat Mengatasi Kulit Dehidrasi

Dream - Kelamaan berada di dalam rumah terkadang bisa membuat kulit kering atau dehidrasi. Pada tingkat yang lebih parah kulit kamu akan mengalami beruntusan, jerawat dan kasar.

Dengan kondisi isolasi seperti saat ini, kamu tentu tak bisa leluasa pergi keluar rumah untuk membeli produk perawatan. Lagi pula kamu tidak perlu membeli produk baru untuk mengatasinya.

Mengapa tak mencoba membuat masker wajah menggunakan bahan alami seperti yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini.

Stroberi dan Susu

Stroberi© Pexels.com

Kedua bahan ini mampu mengatasi kulit kusam akibat paparan sinar UV dan membuat wajahmu sera kembali. Ambil 3 sdm susu segar dan 2 buah stroberi yang dicincang halus.

Campurkan kedua bahan ini dan haluskan hingga mengental secara merata. Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.

6 dari 6 halaman

Pepaya dan Madu

Pepaya© Pexels.com

Bersihkan sel kulit mati dengan masker pepaya dan madu. Haluskan 2 buah pepaya dan tambahkan 2 sdm madu. Campurkan hingga berata dan aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Pisang dan Lemon

Pisang© Pexels.com

Tidak hanya mengatasi jerawat dan beruntusan, wajahmu akan leih lembap setelah menggunakan masker ini.

Kupas setengah buah pisang, lalu campurkan dengan setengah sendok madu serta tetesan lemon. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

(Sumber: Miss Kyra)

Join Dream.co.id