6 Cara Manjur Memperlambat Proses Penuaan, Tanpa Oplas!

Beauty | Kamis, 6 Februari 2020 07:12
6 Cara Manjur Memperlambat Proses Penuaan, Tanpa Oplas!

Reporter : Cynthia Amanda Male

Selain efektif, juga mudah loh Sahabat Dream.

Dream - Krim antiaging kerap dipakai oleh wanita agar tetap terlihat muda. Tapi, kita tetap tidak bisa memberhentikan proses penuaan.

Bagaimanapun proses penuaan akan terus berlanjut. Yang bisa dilakukan hanyalah menekan proses penuaan agar berlangsung lebih lambat.

Selain memaparkan krim antiaging pada wajah yang berbahan kimia, berikut tips dan cara untuk memperlambat proses penuaan, dilansir dari Boldsky;

Memijat Wajah

Walaupun hanya beberapa menit, memijat wajah bisa mengencangkan kulit. Beberapa kali seminggu, ambil facial oil dan pijat pada wajah dengan gerakan memutar.

Ini akan memperlancar peredaran darah dan meningkatkan elastisitas kulit. Pijat wajah selama 5 menit.

Memakai Sunscreen

Paparan sinar matahari dapat mempercepat penuaan dan menimbulkan kerutan serta garis halus. Maka dari itu, selalu gunakan sunscreen setiap 2 jam sekali dengan SPF minimal 30.

Memilih Produk dengan SPF

Perlindungan terhadap matahari tidak selalu didapat dari sunscreen. Gunakan produk dengan SPF untuk meningkatkan perlindungan wajah dari paparan sinar matahari.

2 dari 6 halaman

Cara Lain Agar Tampil Awet Muda

Memakai Pelembap

Seiring waktu, produksi sebum pada wajah meningkat. Itu berarti wajahmu mengering, kusam dan mengendur. Jadi, gunakan pelembap agar kulit tetap halus dan kenyal.

 Awet muda© shutterstock.com

Menghilangkan Sel Kulit Mati

Kulit mengeluarkan sel kulit yang bisa menumpuk. Inilah yang disebut sel kulit mati.

Jika tidak dibersihkan, sel kulit mati akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit seperti penuaan. Maka dari itu, gunakan scrub wajah dua kali seminggu.

Tidur Cukup

Kulit akan lebih segar setelah tidur. Regenerasi sel kulit terjadi ketika tidur. Tidurlah 6-8 jam sehari agar kulitmu tetap segar dan sehat.

3 dari 6 halaman

6 Makanan Ini Bikin Kamu Awet Muda

Dream - Semua orang pasti hatinya berbunga bila penampilannya disebut lebih muda dari usia sebenarnya. Kamu senang juga, bukan?

Ada beragam cara dilakukan orang, khususnya kaum wanita, agar tampilannya terlihat lebih muda. Mulai cara ribet hingga yang simpel.

Untuk mendapatkan tampilan lebih muda, kamu enggak perlu menggunakan berbagai kosmetik dan perawatan, yang terkadang malah tidak membantu untuk jangka panjang.

Salah satu cara mendapatkan tampilan awet muda adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik. Dengan cara itu, kesehatan tubuh akan terjaga meski pertambahan usia tak bisa dibendung.

Selain itu, dan lebih penting lagi, mengonsumsi makanan bernutrisi bagus mampu menjaga kulit agar tetap muda.

Berikut beberapa menu yang bisa bikin kamu terlihat lebih muda serta menjaga tubuh tetap bugar.

4 dari 6 halaman

Lemak Ikan

 shutterstock© dream.co.id

Berita bagus bagi pecinta ikan, karena ikan memiliki lemak yang dapat membantu membuat kamu terlihat lebih muda.

Ikan Salmon

Lemak omega tiga yang ada pada ikan sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, peradangan dan kolitis ulseratif semacam radang usus. Selain itu, lemak ikan juga bisa mencegah peradangan dan kerusakan yang terjadi karena paparan sinar matahari.

 shutterstock© dream.co.id

Mengandung antioksidan karotenoid yang disebut astaxanthin, ikan salmon membuat kulit menjadi bersinar dan terlihat lebih muda seiring dengan peningkatan elastisitas dan hidrasi kulit.

 

5 dari 6 halaman

Minya Zaitun

 shutterstock© dream.co.id

Dikenal sebagai salah satu lemak paling sehat di dunia, minyak zaitun extra virgin dapat membantu meredakan beberapa penyakit umum yang berkaitan dengan usia.

Mengonsumsi minyak ini dapat mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah sindrom metabolik dan juga memerangi kanker.

Minyak zaitun kaya akan lemak mono jenuh, yang akan meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Di samping itu, minyak zaitun bisa membuat kulit tampak lebih muda serta sifat anti-peradangan yang kuat akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Teh Hijau

 shutterstock© dream.co.id

Kandungan antioksidan yang disebut polifenol, teh hijau akan melindungi kamu dari radikal bebas dan dapat mengurangi stres.

Selain itu, teh hijau juga dapat mengatasi diabetes, resistensi insulin, peradangan dan penyakit jantung.

Polifenol juga membantu menciptakan kolagen, yang merupakan protein untuk kulit. Mengkonsumsi teh hijau ini, tidak hanya mencegah penuaan tetapi juga menghilangkan tanda-tanda penuaan.

6 dari 6 halaman

Cokelat Hitam

Penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam membantu dalam menahan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan fungsi dan elastisitas arteri.

Kandungan antioksidannya, flavanol juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan aliran darah yang lebih baik ke kulit, serta membuatnya lebih tebal, terhidrasi dan halus.

Sayuran

Dengan kandungan rendah kalori dan kaya nutrisi, sayuran mengandung antioksidan yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung, katarak dan kanker.

Sayuran yang memiliki karoten tinggi seperti beta karoten dapat melindungi tubuh dari radiasi matahari dan radikal bebas, sehingga melindungi kulit dari penuaan dini.

Sayuran seperti paprika, tomat, brokoli, dan sayuran hijau daun memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang efektif. Tidak hanya itu, sayuran hijau dan kuning memainkan peran aktif dalam menjaga kulit agar terbebas dari kerutan.

Biji Rami

Biji satu ini kaya akan lignan yang mengurangi kolesterol, gula darah dan kadar insulin serta menurunkan risiko kanker payudara dan prostat. Biji rami memiliki kandungan tinggi asam lemak omega tiga yang melindungi kulit terhadap radiasi dan kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan hidrasi dan kehalusan kulit.

Ayo rutin konsumsi makanan sehat, ya, Sahabat Dream!

Sumber: Thehealthsite.com

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id