6 Cara Bikin Rambut Lurus Lebih Tahan Lama

Beauty | Senin, 28 Januari 2019 14:43
6 Cara Bikin Rambut Lurus Lebih Tahan Lama

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kamu ingin memiliki rambut lurus juga?

Dream - Perawatan dengan sistein atau sisteina sudah cukup banyak dilakukan untuk menghaluskan serta melembutkan rambut kusut dan kering.

Sistein diklaim sebagai bahan yang lebih bermanfaat dari keratin karena tidak mengandung formaldehida atau bahan berbahaya lainnya. Bahan ini justru mengandung asam amino dan protein natural.

 shutterstock

Biasanya, perawatan ini bertahan selama tiga hingga empat bulan. Tergantung seberapa sering kamu mencuci rambut. Dikutip dari The Health Site, bahan ini diklaim mampu bertahan selama enam bulan.

Tentu, dengan menerapkan beberapa tip dan trik tertentu. Jika ingin mengikuti tip berikut, Sahabat Dream perlu mencobanya terlebih dahulu. Sebab, hasilnya belum tentu sama.

2 dari 4 halaman

Jangan Pakai Jepit Rambut

1. Tidak Memakai Jepitan dan Ikat Rambut Selama 2 Hari setelah Perawatan

Biasanya, setelah memakai keratin atau perawatan pelurusan rambut lainnya, kamu diminta untuk tidak mengikat rambut atau memakai jepitan untuk sementara. Supaya rambutmu tidak mudah kembali ke bentuk semula.

Tapi, berbeda dengan perawatan sistein yang memperbolehkan siapapun untuk mengikat rambut dan memakai jepitan

Meski begitu, batasi pemakaian jepitan dan ikat rambut dua hari setelah perawatan untuk mencegah bentuk rambut yang aneh.

 shutterstock

2. Tidak Mencuci Rambut Selama 2 Hari

Jangan mencuci rambut, bahkan jika kamu terbiasa mencucinya setiap hari. Semakin jarang mencuci rambut, efek perawatannya akan bertahan lebih lama.

Tapi, bukan berarti kamu harus mengganti pola mencuci rambut. Kamu tetap harus mencucinya 2-3 kali seminggu.

3 dari 4 halaman

Pilih Sampo

3. Menggunakan Sampo Bebas SLS dan Conditioner

Sodium Laureth Sulfate (SLS) yang bisa mengurangi minyak dan kelembapan alami rambut, membuatnya lebih kering, kusut serta bercabang.

SLS juga menghilangkan efek perawatan sistein. Maka dari itu, kamu akan disarankan untuk memakai sampo bebas SLS dan conditioner.

 shutterstock

4. Memilih Sampo Apapun yang Bebas SLS

Kamu tidak perlu mengikuti saran orang lain dalam memilih sampo. Apalagi, jika sampo yang digunakan sehari-hari sudah bebas SLS. Tapi kamu bisa bertanya pada ahlinya jika ingin mencoba sampo lainnya.

4 dari 4 halaman

Jangan Gunakan Minyak

5. Tidak Berenang di Laut atau Kolam Renang

Hindari berenang setelah melakukan perawatan ini. Air laut dan klorin bisa merusak perawatan.

6. Tidak Menggunakan Oil

Ketika menggunakan oil, kamu membutuhkan lebih banyak sampo untuk membersihkan rambut. Jika menggunakan lebih banyak sampo, perawatanmu akan cepat hilang.

Jadi, jagalah rambut agar tidak terlalu berminyak.

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id