5 Tip Menjaga Penampilan Kulit Selama Berbulan Madu

Beauty | Selasa, 24 September 2019 16:12
5 Tip Menjaga Penampilan Kulit Selama Berbulan Madu

Reporter : Cynthia Amanda Male

Adakah yang ingin menikah dalam waktu dekat ini?

Dream - Setelah jalani serangkaian acara pernikahan yang melelahkan, saatnya memikirkan bulan madu. Sebagai pemula dalam urusan make up, kamu pasti tidak mau terlihat stres dan lelah ketika bulan madu.

Kamu tidak mungkin membawa orang ketiga yang tugasnya hanya mengurus make up saja kan? Nanti acara bulan madu justru jadi keganggu.

Nah, kamu bisa meniru tips yang dilansir oleh India Times ini agar penampilanmu tetap kece saat berbulan madu.

2 dari 6 halaman

1. Melakukan Perawatan Paling Dasar

Lewat rutinitas perawatan wajah seperti cleansing, toning, dan moisturising, kamu hampir siap untuk jalani bulan madu. Langkah ini tampak sederhana tapi sangat penting dalam menjaga kulit tetap terawat.

 shutterstock

2. Memilih Foundation yang Tepat

Saat mulai memakai make up, selalu gunakan warna foundation dan concealer yang tepat. Usahakan memakai warna sama atau lebih terang satu tingkat dari kulitmu.

3 dari 6 halaman

3. Fokus pada Mata atau Bibir

Tips penting lainnya adalah berkonsentrasi pada mata atau bibir. Makeup yang terlalu tebal pada keduanya akan membuat wajah tampak menor. Gunakan eyeliner pensil setelah memakai maskara.

Sedangkan untuk bibir, berikan sentuhan sederhana dengan memakai lip gloss. Kamu juga bisa memilih lipstik warna merah muda atau merah dan memadukannya dengan eyeliner.

 shutterstock

4. Jangan Lupakan Tabir Surya

Kamu pasti akan sering melakukan aktivitas di luar ruangan saat berbulan madu. Nah, untuk menjaga kulit agar tidak hitam dan melindunginya dari sinar UV, gunakan tabir surya di beberapa bagian tubuh yang terkena cahaya matahari.

Untuk perlindungan maksimal, oleskan tabir surya terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan makeup.

4 dari 6 halaman

5. Merawat Kulit di Malam Hari

Berada jauh dari rumah bukan berarti tidak perlu melakukan perawatan kulit di malam hari. Aturan pertama, jangan pernah tidur dengan makeup. Hapus make up sampai bersih sebelum tidur.

Setelah itu, aplikasikan essential oil atau pelembap pada wajah. Jangan lupa pakai lip balm untuk melembapkan bibir. Rutinitas perawatan malam hari ini akan menjaga kulit tetap sehat, segar dan kenyal.

 shutterstock

5 dari 6 halaman

Pemakaian Sabun Mandi di Area Kulit Sensitif

Dream - Beberapa area kulit memiliki sensitivitas. Buat bagian kulit yang lebih sensitif diwajibkan untuk kamu merawat lebih ekstra, termasuk pada kulit kelamin.

Banyak sabun yang diperuntukkan khusus area tersebut agar terhindar dari jamur maupun bakteri. Padahal menurut Spesialis Kulit dan Kelamin, Inneke Jane, area kelamin tidak membutuhkan perawatan maupun sabun tertentu.

" Sebenarnya nggak perlu perawatan khusus karena Tuhan sudah menciptakan sedemikian rupa sehingga ada bakteri, jamur dan kelenjar tertentu yang kalau jumlahnya seimbang, area kelamin akan tetap normal," ujar Inneke di Youth & Beauty Clinic, Jakarta Selatan, Senin 23 September 2019.

 

6 dari 6 halaman

Jangan Berlebihan

Kondisi kulit kelamin mulai tidak seimbang ketika lembap dan jamurnya semakin banyak, atau saat area tersebut terlalu bersih serta bakterinya mati.

Oleh karena itu, disarankan untuk tetap membersihkan area kelamin dengan cara yang tidak berlebihan agar tetap lembap.

" Untuk membersihkannya nggak ada yang khusus sih. Ada yang enggak pakai sabun sama sekali, dibersihkan doang. Pakai sabun mandi juga nggak apa-apa, asal enggak perih atau terlalu over," tuturnya.

 shutterstock

Celana Dalam yang Serap Keringat

 

Selain membersihkan secara teratur, pemakaian celana dalam maupun pantiliner juga harus diperhatikan. Penggunaan pantiliner secara berlebihan juga tidak bagus.

"  Dokter selalu mengingatkan untuk pakai celana dalam yang menyerap keringat, tapi kalau dilapisi pantiliner kan enggak menyerap," pungkas Inneke.

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Join Dream.co.id