5 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan, Bikin Kulit Bersih dan Terawat

Beauty | Selasa, 2 Juni 2020 19:45
5 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan, Bikin Kulit Bersih dan Terawat

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak ikan

Dream - Minyak ikan dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kandungan minyak ikan sangat penting bagi kesehatan karena mengandung omega-3 yaitu asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh.

Kandungan omega-3 dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Untuk memaksimalkan nutrisi pada minyak ikan, kamu bisa mencoba mengonsumsi langsung dibandingkan bentuk suplemen. Kandungan omega-3 dalam ikan biasanya jauh lebih terjaga. 

Kamu bisa memilih beberapa jenis ikan yang memiliki banyak kandungan omega-3 seperti trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon.  

 10 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan Tubuh, Mencegah Kanker?© MEN

Minyak ikan memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, mencegah kanker, mengurangi kebutuhan akan obat-obatan bagi penderita asma, bahkan baik untuk ibu hamil.

Selain kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh, ternyata minyak ikan juga punya manfaat bagi kecantikan kulit lho, Sahabat Dream. Berikut Dream menyajikan informasinya yang telah dirangkum dari liputan6

2 dari 6 halaman

Mencegah Jerawat

 Tips Membersihkan Pori-pori Penyebab Jerawat dan Komedo© MEN

Jerawat menjadi masalah kulit yang dijumpai hampir seluruh orang di dunia. Selain membuat wajah tidak nyaman, jerawat juga bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri lho. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kandungan minyak ikan, yakni omega-3 untuk mengatasinya.

Omega-3 dikenal mampu mengurangi peradangan, termasuk peradangan yang menyebabkan jerawat. Dengan mengkonsumsi minyak ikan, sebum dapat dikontrol dan mampu meningkatkan hidrasi pada kulit. Hal ini akan dapat mencegah dan mengatasi jerawat.

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi dalam minyak ikan juga akan membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat. Suplemen Omega-3 juga bisa digunakan untuk mengurangi efek samping isotretinoin, obat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat parah.

3 dari 6 halaman

Mencegah Penuaan Dini

 Tips Perawatan Kecantikan untuk Mencegah Penuaan Dini© MEN

Manfaat selanjutnya yang juga bisa dirasakan ketika mengonsumsi minyal ikan adalah mencegah penuaan dini. Omega-3 dalam minyak ikan memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses penuaan dini.

Dalam Journal of Lipid Research di tahun 2005, menemukan bahwa kandungan omega-3 yakni eicosapentaenoic acid (EPA) dapat membantu memblokir pelepasan enzim diinduksi UV yang mengikis kolagen, menyebabkan garis dan kulit kendur.

Kandungan omega-3 akan memperlambat efek biologis dari penuaan dini dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Sehingga keriput dan kendur pada kulit dapat dicegah. Minyak ikan juga bisa melindungi tubuh dari efek berbahaya dari polusi udara sambil mengatasi efek dari paparan polusi.

 

4 dari 6 halaman

Melindungi Kulit dari Sinar UV

 Sinar UV Dapat Membunuh Virus Corona? Cek Faktanya© MEN

Sinar UV memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan kulit. Penggunaan sunscreen bisa menjadi solusi untuk mencegah berbagai dampak, seperti flek hitam, hingga memperparah jerawat.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi minyak ikan secara rutin untuk melindungi kulit secara alami. Omega-3 memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB).

Kandungan omega-3 juga telah terbukti dapat mengurangi berbagai gejala akibat paparan sinar UV. Seperti ruam kulit atau lepuh berisi cairan. Selain itu, minyak ikan yang mengandung omega-3 juga membantu mencegah risiko kanker kulit.

5 dari 6 halaman

Melembabkan Kulit dan Mencegah Iritasi

 Tips Kecantikan Kulit Selama Masa Karantina© MEN

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi minyak ikan yaitu dapat melembabkan kulit dan mencegah iritasi.

Kandungan omega-3 nya akan membantu melembabkan kulit dan melawan kulit merah, kering, atau gatal yang disebabkan oleh kelainan kulit seperti dermatitis atopik (pada bayi) dan psoriasis (pada orang dewasa). 

Dengan mengonsumsi minyak ikan, kulit pun akan terhidrasi dengan baik dan terhindar dari berbagai permasalahan kulit lainnya.

 

6 dari 6 halaman

Mencegah Peradangan

 Perawatan Kecantikan Khas Dari Berbagai Negara© MEN

Selanjutnya, manfaat minyak ikan yang bisa kamu rasakan yakni dapat mencegah peradangan dalam darah dan jaringan. Minyak ikan juga meningkatkan kekebalan untuk melawan partikel asing yang mencoba mengacaukan tubuh. Karena EPA pada minyak ikan adalah antioksidan dan agen antiinflamasi, EPA dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperbaikinya.

Khususnya, asam lemak omega-3 dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti peradangan eikosanoid dan sitokin.

Join Dream.co.id