5 Trik Mudah dan Efektif Hilangkan Bulu Halus di Wajah,

Beauty | Jumat, 22 Mei 2020 19:18
5 Trik Mudah dan Efektif Hilangkan Bulu Halus di Wajah,

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Wajah jadi lebih bersih dan bikin kamu tampil lebih pede

Dream - Bulu-bulu halus di sekitar wajah kerap kali membuat sebagian orang merasa risih dan ingin menghilangkannya. Terkadang tumbuhnya bulu halus selain mengganggu penampilan, juga kerap membuat pengaplikasian makeup juga jadi kurang rata.

Dengan menghilangkan bulu halus pada wajah, kita akan merasakan berbagai manfaat lho, baik untuk penampilan maupun kesehatan kulit.

Menghilangkan bulu halus pada wajah dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah akan bebas dari masalah seperti jerawat, komedo maupun beruntusan. Kulit juga akan lebih cerah dan halus setelahnya. 

Selain itu, kulit yang bebas dari sel kulit mati ini juga akan lebih mudah menyerap produk skincare. Sehingga, penyerapan dan manfaat skincare akan lebih optimal.

Nah, banyak sekali ya manfaatnya, Sahabat Dream. Jika kamu ingin ikut merasakan manfaatnya, berikut Dream akan memberikan informasi tentang cara menghilangkan bulu halus di wajah yang mudah dan efektif untuk kamu lakukan.

2 dari 4 halaman

Mencukur

 ilustrasi waxing wajah© Shutterstock

Bulu-bulu halus yang tumbuh di wajah sebenarnya bisa terjadi akibat pengaruh perubahan hormon atau genetika. Namun, sebagian orang merasa tak nyaman dan ingin menghilangkannya. Berikut beberapa cara menghilangkan bulu halus di wajah secara efektif:

1. Mencukur

Mencukur menjadi salah satu cara tercepat dan termudah yang banyak dilakukan orang. Mencukur dapat membantu untuk menghilangkan bulu di berbagai bagian tubuh, baik kaki, lengan, ketiak, sekitar payudara, maupun wajah.

Terdapat dua jenis pencukur yang biasa kita jumpai, yakni cukuran yang manual dan menggunakan listrik. Sebelum mencukur, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu, lalu mengoleskan krim cukur sehingga permukaannya menjadi lebih halus dan mengurangi risiko terluka. 

Pastikan untuk mencukur dengan alat cukur khusus wajah dan lakukan dengan hati-hati. Setelah mencukur, bilas wajah dan oleskan pelembap agar kulit terhidrasi.

Mencukur memang dikenal menjadi salah satu cara cepat untuk menghilangkan bulu halus pada wajah, namun hal ini tidak bisa permanen. Untuk itu, kamu bisa rutin mengganti pisau cukur setiap 12-18 bulan sekali jika kamu sering melakukannya. 

 

3 dari 4 halaman

Menggunakan Pinset dan Waxing

 5 Langkah Mencegah Beruntusan Setelah Waxing© MEN

2. Menggunakan Pinset atau Penjepit Bulu

Cara menghilangkan bulu halus di wajah selanjutnya yaitu dengan menggunakan pinset atau penjepit bulu. Hal ini cukup efektif untuk menghilangkan bulu di wajah dengan cara mencabut bulu dari akarnya. Mencabut bulu juga lebih bisa bertahan lama daripada mencukur sekitar 3-8 minggu. 

Sebelum mencabut bulu, kamu bisa mengusap wajah dengan waslap hangat guna melembapkan kulit. Kemudian tarik bagian kulit di sekitar bulu yang ingin dicabut sehingga mengencang. Selanjutnya, jepit bulu menggunakan pinset dan tariklah dengan cepat.

Metode ini biasanya akan membuat sedikit ketidaknyamanan tetapi tidak menyakitkan. Kalau kamu merasa sakit, gosokkan es batu pada area wajah untuk mengurangi kemerahan dan peradangan. Pastikan juga untuk mensterilkan pinset sebelum maupun setelah menggunakan.

3. Waxing

Selanjutnya, kamu bisa mencoba metode Waxing sebagai cara menghilangkan bulu di wajah. Waxing dilakukan dengan cara mengoleskan lilin pada kulit lalu menempelkan kain waxing dan tarik hingga bulu tercabut. Pilihlah lilin yang lembut atau diformulasikan khusus untuk digunakan pada wajah. 

Sebelum waxing dilakukan, kamu perlu melakukan patch test pada kulit untuk mengecek apakah ada reaksi alergi atau tidak. Patch test juga bermanfaat untuk memastikan bahwa suhu lilin tidak terlalu panas. Jika sudah, cucilah tangan terlebih dahulu dan bersihkan wajah.

Setelah waxing selesai, kamu dapat menghilangkan sisa-sisa lilin di wajah dengan baby oil dan mengoleskan pelembab wajah. Waxing dapat menimbulkan iritasi, rambut tumbuh ke dalam, atau jerawat. Jika kamu menggunakan retinol, maka kamu harus menghindari cara ini karena waxing dapat merusak kulit. Hentikan pemakaian retinol selama 2 hari jika ingin melakukan waxing

 

4 dari 4 halaman

Menggunakan Epilator dan Krim Depilatory

 Tips Mencukur Rambut di Area Kewanitaan© MEN

4. Menggunakan Epilator

Cara menghilangkan bulu halus di wajah juga bisa kamu lakukan dengan epilator. Epilator sebenarnya bekerja hampir sama seperti pinset dan pencukur. Namun, epilator akan menarik banyak bulu secara bersamaan dan menghilangkannya dari akar.

Untuk wajah, kamu bisa menggunakan epilator yang berukuran kecil. Pastikan juga untuk mengikuti petunjuk penggunaan alat epilator tersebut.Umumnya, sebelum mencukur bulu, kamu harus melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati untuk membantu melembutkan kulit dan mengurangi risiko rambut tumbuh ke dalam.

Epilator dapat memberikan hasil yang lebih tahan lama dan bulu akan tubuh lebih halus. Selain itu, helainya juga menjadi kurang terlihat. Akan tetapi, jika setelah melakukan metode ini timbul rasa nyeri dan peradangan, kamu dapat mengoleskan es batu pada permukaan kulit untuk meredakannya.

5. Mengaplikasikan krim Depilatory

Krim depilatory atau krim perontok bulu adalah cara menghilangkan bulu halus di wajah. Penggunaanya relatif lebih cepat karena tinggal menunggu krim tersebut bekerja merontokkan bulu. Bagi kulit yang sensitif, biasanya tidak disarankan menggunakan krim ini karena dapat memberi reaksi iritasi dan alergi.

Jika kamu baru mau mencobanya, pastikan untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Hindari menggunakan krim depilatory di sekitar mata dan alis.

 

(Sumber Sehatq)

 

Join Dream.co.id