4 Penyebab Kondisi Wajah Menjadi Bopeng Setelah Berjerawat

Beauty | Jumat, 30 Juli 2021 13:45

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ketahui sebab bopeng yang diungkap oleh dermatologis.

Dream - Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum dialami. Namun, jerawat pada setiap orang bisa muncul dengan kondisi berbeda-beda.

Ketika si bintik merah sudah mulai mengempis, bukan berarti masalah menjadi selesai. Beberapa orang, khususnya yang punya kulit lebih cerah, biasanya harus menghadapi persoalan baru. Kondisi ini tentu saja bisa berbeda-beda.

Beberapa orang mungkin mengalami wajah terlihat seperti bopeng setelah berjerawat. Tentunya, bopeng atau perubahan tekstur kulit bisa membuat seseorang kurang percaya diri.

Bopeng juga tidak bisa disamarkan dengan makeup. Dermatologis, Listya Paramita mengungkapkan bahwa bopeng bisa disebabkan oleh beberapa hal.

4 Penyebab Kondisi Wajah Menjadi Bopeng Setelah Berjerawat
Wajah Berjerawat. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Genetik

Wajah bopeng bisa disebabkan oleh genetik. Jadi jika ibu atau ayahmu memiliki jenis kulit yang sensitif terhadap jerawat, mungkin kamu wajahmu bisa bopeng.

Kekronisan jerawat

 Memiliki Wajah Berjerawat
© Shutterstock

" Acne yang terjadi dalam waktu lama, apalagi reaksi radangnya heboooh, dan terjadi berulang-ulang-ulang, hilang timbul hilang timbul terus, makan risiko untuk terjadi scar akan lebih besar," jelas Mita. Akibatnya, bekas jerawat akan semakin parah ketika memiliki jerawat yang kronis.

3 dari 3 halaman

Kecepatan dan ketepatan terapi

Lamanya pengobatan jerawat bisa berpengaruh pada bekasnya. " Mengobati acne sesegera mungkin adalah koentji.. tentu saja dengan pengobatan yang benar dan tepat ya.." .

Ia pun menyarankan untuk segera ke dokter kulit jika jerawat belum juga sembuh setelah 2-3 bulan.

Hobi memanipulasi jerawat

 Wajah Berjerawat
© Shutterstock

Jerawatmu akan semakin parah dan sulit dihilangkan jika sering disentuh atau dipencet. " Acne malah jadi gak karuan dan berpotensi bikin scar dikemudian hari..," ungkapnya.

Jadi, hindari tanganmu dari jerawat. Bila perlu, gunakan acne patch untuk menghindari paparan bakteri maupun kotoran lainnya yang bisa memperparah kondisi jerawat.

Join Dream.co.id