4 Kandungan Skincare yang Sangat Berbahaya Bagi Kulit

Beauty | Kamis, 11 Februari 2021 16:42
4 Kandungan Skincare yang Sangat Berbahaya Bagi Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male

Hindari skincare yang mengandung 4 bahan ini.

Dream - Tidak semua skincare aman digunakan untuk kulit. Terdapat beberapa kandungan skincare yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Apalagi, jika digunakan jangka panjang.

Kandungan tersebut bukan hanya berbahaya bagi kulit sebagian orang, melainkan dermatologis pun melarang bahan ini terdapat dalam skincare.

Beberapa di antaranya mungkin masih bisa ditemukan dalam skincare yang dijual menggunakan resep dokter. Namun yang lainnya benar-benar tidak disarankan oleh dokter.

Dilansir dari Sehatq.comberikut kandungan berbahaya yang terkandung dalam produk perawatan kulit.

2 dari 4 halaman

Merkuri

Ini merupakan salah satu kandungan paling berbahaya bagi kulit maupun tubuh. Biasanya, kedua kandungan ini digunakan untuk meratakan warna kulit, mencerahkan serta menyamarkan tanda penuaan.

Namun, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia benar-benar melarang pemakaian merkuri pada kulit dan tubuh.

Kulit bisa mengalami iritasi dan flek hitam ketika memakainya. Jika terserap ke dalam darah, merkuri bisa menyebabkan alergi, mual, muntah , diare dan kerusakan ginjal.

Bahkan dalam jangka panjang, merkuri juga bisa menyebabkan kerusakan saraf otak, gangguan ginjal, parkinson, gangguan psikis, depresi, kecemasan, memicu kanker serta membahayakan janin.

Kamu bisa menemukan merkuri dalam beberapa skincare dengan label Hg, klorida mercurous, merkuri amoniasi, klorida amida, cinnabaris, hydrargyri oxydum rubrum serta merkuri iodide.

3 dari 4 halaman

Hidrokuinon

Hidrokuinon merupakan kandungan yang terkenal sanbat berbahaya bagi kulit dan memiliki efek pencerah sementara.

Namun bisa menyebabkan iritasi, kemerahan serta hiperpigmentasi seperti kulit kehitaman dalam jangka panjang.

Hentikan pemakaiannya ketika kulitmu terasa melepuh, ruam, gatal, kemerahan, demam tinggi, sulit bernapas atau mengalami pembengkakan.

Meski begitu, pemakaian hidrokuinon sebanyak 2 persen masih aman menurut Food and Drug Administration (FDA).

 

4 dari 4 halaman

Asam retinoat

Namanya menyerupai retinol, namun turunan vitamin A ini berbahaya bagi kesehatan kulit. Biasanya, asam retinoat ditemukan pada krim pencerah kulit, obat jerawat, krim anti penuaan serta krim pengelupasan kulit.

Asam retinoat akan bekerja dengan mengelupas lapisan terluar kulit agar wajahmu lebih cerah.

Padahal, asam retinoat dapat  menyebabkan kulit bersisik, gatal, terasa terbakar serta panas, kemerahan dan berbahaya bagi janin. Kandungan ini hanya digunakan di bawah pengawasan dermatologis.

Resorsinol

Resorsinol atau resinol merupakan kandungan yang hanya diberikan oleh dermatologis. Bukan untuk dijual bebas.

Manfaatnya pun beragam, seperti mengobati rasa sakit, gatal, luka atau goresan kecil, luka bakar, gigitan serangga, sengatan matahari, jerawat, eksim, psoriasis, kapalan dan kutil.

Walaupun berbahaya dan bisa menyebabkan hiperpigmentasi, kemerahan, iritasi, sakit kepala, mual, muntah, kelelahan, detak jantung tidak teratur, sesak napas atau kejang jika digunakan jangka panjang, namun resorsinol aman ketika terkandung dalam produk perawatan rambut.

Join Dream.co.id