16 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Agar Tidak Kusam

Beauty | Sabtu, 16 November 2019 08:01
16 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Agar Tidak Kusam

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Cara Merawat Wajah Yang Berminyak dan Berjerawat dengan Mudah

Dream - Wajah merupakan bagian tubuh pertama yang akan dilihat oleh orang. Memiliki wajah yang sehat dan segar pastinya menjadi impian banyak orang. Cara merawat wajah sangat penting diilakukan untuk mendapatkan wajah yang segar dan sehat.

Banyak permasalahan kesehatan kulit wajah yang bisa dialami banyak orang, terutama yang jarang melakukan perawatan. Masalah kesehatan kulit wajah itu seperti berjerawat atau berminyak.

 

Berbagai cara merawat wajah secara alami maupun dengan bantuan produk kecantikan saat ini sudah banyak ditawarhkan. Kamu bisa memilih salah satunya. Yuk, simak beberapa tips berikut untuk cara merawat wajah.

2 dari 6 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah

 Cara Merawat Kulit Wajah

Cara merawat kulit wajah tentunya harus dilakukan dengan urutan-urutan tertentu. Hal ini dilaukan agar didapatkan kulit wajah yang bersih dan juga sehat. Ketika kulit wajah bersih maka jerawatpun enggan untuk mampir.

Double cleansing

Melakukan double cleansing merupakan cara wajib yang harus kamu lakukan utuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Double cleansing merupakan membersihkan wajah ekstra dengan menggunakan micellar water maupun milk cleanser lalu mencuci wajah dengan sabun wajah. Cara pengguanannya sangat mudah sekali, yaitu bersihkan wajah dengan micellar water maupun milk cleanser dengan kapas, kemudian cuci wajah dengan sabun  yang tentunya sesuai dengan kebutuhan wajah.

Gunakan toner seteah mencuci muka

Toner wajah berfungsi untuk menyeimbangkan PH pada kulit wajah setelah menggunakan sabun muka. Varian toner juga bermacam-macam dengan merek dan range harga beragam. Untuk itu gunakan toner wajah sesuai dengan kebutuhan wajah.

Pelembab wajah

Pelembab merupakan hal yang wajib digunakan sebagai cara merawat kulit. Fungsi pelembab wajah yaitu untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit wajah dan menjaga kelembaban serta elastisitas kulit. Berbagai macam fungsi tambahan pada pelembab wajah seperti menyamarkan kerutan, menghilangkan noda hitam dan juga memutihkan wajah bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Tabir surya

Tabir surya merupakan penutup dari serangkaian perawatan yang dibutuhkan oleh wajahmu. Penggunaan tabir surya tentunya untuk menjaga kulit dari sinar ultra violet yang bisa mempercepat penuaan dini dan juga menimbulkan flek hitam.

3 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Pria

 Cara Merawat Wajah Pria

Merawat wajah pria sebenarya mirip dengan merawat wajah wanita. Namun, pada kulit pria butuh perawatan ekstra terutama untuk pria yang sering beraktivitas di luar ruangan. Yuk lihat beberapa cara merawat wajah pria berikut untuk menghasilkan kulit yang terawat.

Menggunakan sabun muka khusus pria

Penggunaan sabun muka khusus pria ini tentunya sangat berpengaruh bagi keshatan dan kebersihan kulit wajah pria. Karena formla yang disusun memang khuus untuk kulit pria sehingga dampak yang didapat akan lebih terlihat.

Jangan begadang

Kebanyakan pria senang tidur terlalu larut malam, hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan dan elastisitas kulit. Pada saat tidur tentunya sel kulit akan melakukan regenerasi, oleh sebab itu dibutuhkan tidur yang cukup untuk kulit yang sehat.

Jangan merokok

Selain banyak dampak buruk yang ditimbulkan oleh rokok, rokok juga berdampak bagi kesehatan kulit. Rokok dapat mempercepat penuaan dini dan membuat kulit terlihat kusam.

4 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Berminyak

 Cara Merawat Wajah Berminyak

Wajah berminyak bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktornya yaitu aktivitas padat diluar ruangan. Namun, kamu bisa melakukan beberapa cara merawat wajah berminyak berikut untuk mengatasi wajah berminyak.

Gunakan treament es batu


Es batu menghasilkan suhu dingin yang ketika ditempelkan di wajah akan membuat pori-pori mengecil. Ketika pori-pori mengecil maka produksi minyak akan berkurang dan juga menghambat pertumbuhan jerawat.

Selalu sedia face papper


Face papper bisa menghilangkan minyak pada wajah dengan cepat. Cukup tempelkan face papper pada bagian wajah yang terasa memproduksi minyak berlebih kemudian lepaskan. Minyak yang ada diwajahmu langsung pindah ke face papper.

Gunakan masker coklat dan putih telur.


Caranya sangat mudah, kocok putih telur secara merata kemudian campurkan dengan satu sendok bubuk coklat. Aplikasikan di area wajah secara merata kemudian tunggu sampai kering dan bilas hingga bersih. Selain dapat mengurangi produksi minyak pada wajah, masker ini juga mampu mencegah jerawat untuk tumbuh pada wajah.

5 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Berjerawat

 Cara Merawat Wajah Berjerawat

Memiliki wajah berjerawat pastinya sangat meengganggu. Selain mengganggu penampilan, wajah berjerawat juga meninggalkan rasa sakit yang tentunya mengganggu kegiatanmu sehari-hari. Namun jangan khawatir, lakukan bebeapa cara merawat wajah berikut untuk menghasilkan kulit wajahmu yang lebih sehat dan bersih dari jerawat.

Gunakan masker madu


Oleskan madu secara merata ada wajah kemudain diamkan selama 20 menit lalu bilas dennga bersih. Madu mengandung anti inflamasi sehingga dapat meredakan peradangan jerawat pada wajah.

Krim jerawat


Berbagai macam merk krim jerawat tentunya bisa kamu coba untuk mengurangi peradangan jerawat di wajahmu. Gunakan krim ini secara rutin pada pagi hari dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Toner cuka apel


Cuka apel mengandung asam laktat dan asam malat yang dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajahmu. Cara merawat kulit wajah yang satu ini cukup mudah, yaitu campurkan 5 ml cuka apel dengan air matang sebanyak 95 ml. kemudian gunakan sebagai toner sehari-hari dengan menggunakan kapas diwajah selepas mencuci wajah.

6 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

Jarang membersihkan wajah, polusi udara dan tidak pernah menggunakan tabir surya membuat wajahmu terlihat kusam. Terlebih untuk kamu yang hobi melakukan kegiata di luar ruangan. Tapi jangan khawatir, banyak cara merawat wajah agar tidak kusam yang bisa dilakukan loh!

Gunakan sheet mask seminggu sekali


Penggunaan sheet mask semingu sekali mampu mencerahkan kulit yang kusam. Tentunya pilih varian sheetmask yang dapat mencerahkan dan menyegarkan kulit yaitu

Essence


Essence memiliki tingkat kepekatan yang lebih pekat dibanding toner. Gunakan essence secara rutin setiap hari di pagi dan malam hari setelah menggunakan toner. Cara merawat kulit ini mampu mengatasi kulitmu yang kusam

Gunakan pelindung wajah


Jika kamu sering beraktivitas diluar, gunakan masker ataupun penutup wajah lainnya untuk melindungi wajahmu dari asap dan polusi udara.

Nah, banyak cara merawat wajah yang bisa kamu lakukan. Tentunya cara-ara ini harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga permanen.

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id