13 Tips Membuat Wajah Glowing dengan Cepat dan Sehat

Beauty | Selasa, 2 Juni 2020 08:11
13 Tips Membuat Wajah Glowing dengan Cepat dan Sehat

Reporter : Reni Novita Sari

Mempunyai wajah yang putih, glowing, sehat adalah impian semua wanita. Lantas bagaimana cara mendapatkannya, Yuk simak berikut ini!

Dream - Tampil cantik, sehat, dan menawan pastinya menjadi harapan hampir semua orang. Terutama kaum hawa. Untuk bisa selalu tampil cantik dan menawan, berbagai cara dilakukan.

Mulai dari perawatan sederhana di rumah hingga konsultasi dengan berbagai ahli kecantikan. Bahkan tak jarang bagi orang yang memiliki uang lebih akan melakukan perawatan tanpa peduli harga.

Semua dilakukan untuk menunjang penampilan yakni mendapatkan wajah dan tubuh agar tetap segar, cerah, dan bersinar. Salah satunya adalah memiliki wajah yang glowing.

Kini sebagaian besar kaum hawa berlomba-lomba untuk membuat wajahnya glowing seperti artis korea.

Kulit wajah glowing sangat diharapkan karena ketika wanita memiliki wajah glowing dan cerah, mereka merasa percaya diri dan memesona. 

Namun tahu kah kamu? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit wajah glowing. tanpa harus menguras uang untuk membeli berbagai kosmetik ala Korea atau pergi ke klinik kecantikan.

Nggak perlu operasi plastik untuk mendapatkan wajah glowing, ternyata ada cara alami lho!

Cukup melakukan perawatan atau treatment secara rutin dengan cara di bawah ini untuk mendapatkan wajah glowing dengan cepat. Penasaran bukan?

Nah, Dream merangkum dari beberapa sumber, cara membuat wajah glowing berikut ini. Simak yuk!

2 dari 14 halaman

1. Bersihkan wajah dengan benar

 Cara membuat wajah glowing© Ilustrasi foto : shutterstock

Cara membuat wajah glowing alami yang pertama adalah dengan membersihkan wajah secara maksimal. Sisa-sisa kotoran dari debu, polusi, dan make up bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya akan menimbulkan masalah jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

Gunakanlah produk-produk pembersih wajah yang sesuai dengan karakter kulit kamu. Penggunaan pembersih yang tidak sesuai bisa memberikan dampak buruk pada kulit seperti kulit yang menjadi semakin kering.

3 dari 14 halaman

2. Gunakan masker wajah

Cara membuat wajah glowing alami berikutnya adalah rutin menggunakan masker alami yang tentunya juga harus sesuai dengan karakter kulitmu. Tidak seperti produk-produk masker yang dijual di pasaran, masker relatif aman digunakan setiap hari dan tentunya harganya lebih ekonomis.

  • Kulit berminyak: masker pisang dan madu, putih telur dan madu, jeruk nipis atau lemon, stroberi.
  • Kulit kering: masker alpukat, mentimun dan lidah buaya, susu, madu dan minyak zaitun.
  • Kulit berjerawat: masker pepaya, tomat, lidah buaya, teh basi, putih telur, nanas.

 Cara membuat wajah glowing© Ilustrasi foto : shutterstock

4 dari 14 halaman

3. Exfoliating wajah

Cara membuat wajah glowing alami lainnya adalah dengan exfoliating secara rutin. Meskipun exfoliating memiliki arti mengelupaskan kulit, tapi proses ini tidak seseram yang dibayangkan. 

Exfoliating adalah proses untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang tertinggal di kulit. Exfoliating alami bisa dilakukan dengan cara scrubbing menggunakan scrub alami.

Bahan-bahan untuk membuat scrub alami biasanya tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat masker. Namun biasanya untuk membuat scrub kita menambahkan bahan bertekstur kasar seperti gula atau kopi untuk dapat memudahkan pengangkatan sel kulit mati.

Cara mengaplikasikan scrub juga tidak jauh berbeda dengan masker wajah. Bedanya adalah scrub dibalurkan ke wajah sampil digosok secara halus selama kurang lebih 15 menit, lalu dibiarkan beberapa menit di wajah sebelum di bilas.

5 dari 14 halaman

4. Penguapan atau steaming wajah

Selain saat facial, sebenarnya steaming wajah bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu tidak perlu merasa khawatir karena jenis perawatan ini terbilang cukup aman dilakukan. Meskipun aman, bukan berarti kamu bisa melakukannya setiap hari. Kamu tidak boleh sembarangan melakukan treatment ini, karena intensitasnya tergantung pada jenis kulit wajah setiap orang.

Steaming wajah boleh dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu apabila jenis kulitmu sangat berminyak. Sedangkan untuk kulit normal atau kering lebih baik kamu melakukannya satu kali saja dalam seminggu.

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan sedang berjerawat parah, lebih baik jangan melakukan steaming wajah dulu. Karena jika tidak ditangani dengan benar justru bisa berakibat buruk pada kulit wajah kamu.

Steaming wajah yang kamu lakukan dapat membersihkan wajah dari kotoran yang menumpuk secara natural. Selain itu, steaming wajah juga membantu membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan racun di kulit lebih cepat.

Caranya mudah, sediakan air panas di dalam wadah cembung. Diamkan air panas tersebut hingga tidak terlalu panas. Setelah itu, posisikan wajah kamu di atas wadah dan tutup dengan handuk selama 10 menit. Dijamin, kamu akan merasakan manfaatnya.

6 dari 14 halaman

5. Mengonsumsi vitamin atau suplemen

 Cara membuat wajah glowing© Ilustrasi foto : shutterstock

Selain merawat dari luar, ternyata perawatan wajah dari dalam juga sangat penting untuk kamu lakukan. Vitamin tidak hanya dikonsumsi dan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Lebih dari itu, vitamin juga dapat menutrisi kulit sehingga kulit kamu lebih sehat. Penggunaan vitamin untuk wajah sangat penting karena memiliki berbagai manfaaat, salah satunya membuat wajah kamu lebih glowing.

Kamu bisa memilih vitamin yang mengandung zat utama yaitu glutathione yang berperan sebagai antioksidan efektif dan mampu mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Glutathione ini juga bermanfaat untuk menghambat produksi melanin pada kulit sehingga kulit tetap putih.

Kandungan lainnya yang aman untuk kesehatan kulit wajah adalah kolagen. Fungsinya adalah untuk memulihkan sel-sel kulit. Selain itu juga dapat menyamarkan kerutan, serta meningkatkan kekenyalan kulit wajah.

Tidak ketinggalan juga zat terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih suplemen untuk wajah, yaitu vitamin C yang sudah dikenal efektif untuk memutihkan kulit wajah. Jangan sampai salah, ya!

7 dari 14 halaman

6. Pola hidup sehat

Kunci dari wajah glowing adalah kulit yang sehat. Kamu tidak akan mungkin mendapatkan kulit sehat jika tidak didukung oleh pola hidup yang sehat juga. Mulailah dari memperbaiki pola tidur dan pola makamu.

Kamu harus memunyai waktu tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup agar kulit selalu terhidrasi dengan baik. Setelah itu imbangi juga dengan olahraga rutin agar tubuh selalu sehat.

 Cara membuat wajah glowing© Ilustrasi foto : shutterstock

8 dari 14 halaman

7. Putih telur

Putih telur adalah salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan perawatan kulit. Karena itulah putih telur dipercaya sebagai cara membuat wajah glowing alami.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan kocok putih telur hingga mengembang, kemudian oleskan pada kulit wajah. Tunggu hingga kering, lalu bilas hingga bersih.

9 dari 14 halaman

8. Lemon atau Jeruk Nipis

Meski dipercaya bisa digunakan sebagai cara membuat wajah glowing alami karena kandungan asamnya, namun bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif tidak disarankan untuk melakukan hal ini.

Lantas, bagaimana cara agar wajah glowing menggunakan lemon? Caranya, kamu bisa menggunakan lemon sebagai masker kemudian mencampurkan air perasan lemon dengan air biasa.

Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Perlu diketahui, karena kulit bisa menjadi sangat sensitif usai menggunakan masker ini, hindari paparan sinar matahari secara langsung selama seharian.

10 dari 14 halaman

9. Yoghurt

Cara membuat wajah glowing alami selanjutnya adalah menggunakan yoghurt. Karena yoghurt mengandung asam laktat, hal itu dapat mengurangi munculnya kerut halus, noda jerawat dan membantu pengelupasan kulit.

Cara penggunaanya, siapkan 1 cangkir yoghurt denga tambahan 2-3 tetes minyak zaitun atau almon serta 1 sendok madu. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 25 menit hingga mengering. Kemudian bilas hingga bersih.

11 dari 14 halaman

10. Kunyit

 Cara membuat wajah glowing© Ilustrasi foto : indiabright

Cara membuat wajah glowing alami yang terakhir adalah menggunakan kunyit. Dengan kandungan antiradang dan antioksidan di dalamnya, kunyit mampu membuat kulit lebih cerah dan kenyal.

Cara penggunaannya, campurkan 1 sendok yoghurt dan madu dengan 1 sendok kunyit. Aduk semuanya hingga merata, oleskan pada wajah selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Meski setelah perawatan ini kulit wajah akan tampak menguning, kamu tidak perlu khawatir karena ini adalah sesuatu yang normal dan bisa hilang saat membilas wajah.

12 dari 14 halaman

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tinggi akan antioksidan serta vitamin E. Dengan minyak zaitun, kamu bisa meningkatkan kelembaban kulit saat sedang kering.

Selain itu, cara membuat wajah glowing dengan minyak zaitun bisa dengan cara mencampurkan 3 sendok teh minyak zaitun dengan 5 sendok teh garam laut.

Pijat secara perlahan ke sisi hidung atau bagian wajah yang kering agar bisa mengelupas secara alami.

13 dari 14 halaman

12. Teh Hijau

 Cara membuat wajah glowing© Ilustrasi foto : shutterstock

Daun teh hijau mengandung flavonoid yang dapat menjaga produksi kolagen di kulit. Kolagen ini bersifat dapat mempertahankan elastisitas kulit dan membuat kulit tampak glowing.

Cara membuat wahah glowing secara alami bisa dengan merebus daun teh sampai berubah warna. Dinginkan dan tambahkan gula kemudian aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah dan gosok lembut dengan gerakan memutar. Bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama 10 menit. Lakukan dua kali dalam seminggu.

14 dari 14 halaman

13. Madu

 Cara membuat wajah glowing© Ilustrasi foto : shutterstock

Madu bersifat anti mikroba dan higroskopis yang dapat membuat kulit kamu semakin glowing. Madu juga tinggi akan antioksidan yang membuat kulit lembut dan dapat menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Oleskan madu secara merata pada kulit. Pijat wajah selama beberapa menit dan cuci dengan air hangat.

Join Dream.co.id