13 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

Beauty | Kamis, 6 Agustus 2020 19:45
13 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Selain sebagai bahan masakan, ketumbar dikenal punya segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ulasannya.

Dream - Ketumbar adalah salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan dalam berbagai menu masakan khas Indonesia.

Ketumbar adalah ramuan aromatik asli Eropa Selatan dan Asia Barat. Tumbuhan ini juga populer dengan sebutan daun ketumbar atau peterseli China.

Menurut ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Anju Sood, " Ketumbar adalah afrodisiak alami, sumber serat, magnesium, dan zat besi yang baik."

Ketumbar mengandung 11 minyak esensial, 6 jenis asam dan banyak mineral serta vitamin dengan banyak khasiat yang bermanfaat.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 100 gram ketumbar memiliki 3,6 gram karbohidrat, 2,08 gram protein, 2,50 mg vitamin E, 27 mg vitamin C, 310 mg vitamin K, 055 mg asam pantotenat.

Lalu apa saja manfaat dari ketumbar untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ulasannya.

2 dari 7 halaman

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat ketumbar salah satunya adalah mengontrol tekanan darah. Baik bijinya, ekstrak maupun minyaknya semuanya memiliki fungsi yang sama. 

Karena keefektifannya, para ahli sering merekomendasikan salad ketumbar untuk pasien yang menderita hipertensi.

Salad ini terdiri dari ion kalsium yang berinteraksi dengan kolinergik (neurotransmitter di sistem saraf pusat) untuk mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

2. Baik untuk Pencernaan

Muncul Gangguan Pencernaan Saat Haid, Normalkah?© MEN

Manfaat ketumbar yang kedua adalah memperlancar proses pencernaan dalam perut. Daun ketumbar akan menghindarkan tubuh dari masalah pencernaan dan mual.

Ketumbar akan membantu sistem pencernaan untuk menghasilkan lebih banyak enzim pencernaan untuk mencegah perut mual. Selain itu, ketumbar merupakan sumber serat yang baik. 

3 dari 7 halaman

3. Menyehatkan Mata

Salah satu dari banyak manfaat ketumbar bagi kesehatan adalah mempertajam penglihatan. Kandungan Fosfor, Vitamin A, Vitamin C, dan Antioksidan dalam ketumbar akan membantu mencegah gangguan penglihatan dan juga mengurangi stres pada mata.

Ketumbar akan membantu membalikkan efek degeneratif penglihatan pada pasien yang menua karena adanya b-karoten. Ketumbar juga membantu dalam pencegahan infeksi mata, seperti konjungtivitis dan digunakan dalam pembuatan banyak obat mata.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Sebelum pasta gigi ditemukan, orang-orang terdahulu terbiasa mengunyah biji ketumbar untuk menghilangkan bau mulut.

Kandungan minyak esensial dalam ketumbar berfungsi sebagai antiseptik yang sangat baik. Selain itu, ketumbar juga membantu efek penyembuhan gigi,mencegah bisul dan luka di mulut memburuk.

4 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat ketumbar yang juga banyak dipakai adalah mampu meningkatkan kesehatan tulang. Agar terhindar dari osteoporosis, seseorang harus rutin mengonsumsi ketumbar dalam campuran makanan sehari-hari mereka.

Kandungan kalsium dan mineral lain (khususnya di bagian tengah daun) akan membantu pertumbuhan tulang, meningkatkan daya tahan dan mencegah osteoporosis.

6. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Agar Tulang Sehat© MEN

Biji ketumbar merupakan sumber asam askorbat, asam palmitat, asam linoleat dan asam sterat. Mengkonsumsi asam tersebut akan mendukung sekresi hormon yang tepat.

Bagi para wanita, kandungan ini sangat baik untuk mengurangi nyeri pada siklus menstruasi. Rendamlah biji ketumbar semalaman dalam air dan konsumsi keesokan paginya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

5 dari 7 halaman

7. Sumber Antioksidan yang Baik

Ketumbar memiliki sifat antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, vitamin C dan zat besi yang terdapat didalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah studi tentang Molecular Neurobiology, diet tinggi ketumbar membantu mencegah inflamasi dan penyakit neurodegeneratif. Seperti alzheimer, diabetes, kanker, dan cacar.

8. Anti Alergi

Manfaat ketumbar yang juag tak boleh dilupakan adalah sebagai anti alergi. Ketumbar mengandung senyawa anti bakteri di dalamnya yang disebut Dodecenal yang berfungsi membunuh bakteri Salmonella.

Dodecenal juga membantu meningkatkan kesehatan mulut. Dengan demikian, dapat meredakan infeksi yang disebabkan oleh jamur atau bakteri.

9. Menjaga Kolesterol

Ketumbar memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

6 dari 7 halaman

Manfaat Ketumbar bagi Kecantikan

10. Mengurangi Jerawat dan Komedo

Tips Mencegah Jerawat dengan Cara Sederhana© MEN

Manfaat ketumbar bagi kecantikan salah satunya adalah menghilangkan jerawat dan komedo. Untuk membuatnya, siapkan 1 sendok teh ketumbar dan 1 sdt air jeruk nipis. Campur kedua bahan tersebut dan oleskan pada area yang berjerawat atau komedo. Diamkan selama satu jam lalu bilas hingga bersih. 

11. Mengontrol Minyak

Manfaat ketumbar bagi kecantikan yakni mampu mengontrol minyak pada wajah. Daun ketumbar memiliki sifat antioksidan, anti jamur, antiseptik dan disinfektan yang membantu membersihkan kulit. Vitamin C dalam daunnya membantu menjaga kehalusan kulit.

Untuk membuatnya, oleskan ketumbar yang telah dihaluskan ke wajah dan diamkan selama 1 jam. Kamu juga bisa mencampurkan daun ketumbar dengan susu untuk membuat pasta kental dan mengoleskannya selama 15 menit untuk mengontrol  minyak. 

7 dari 7 halaman

12. Mengurangi Kerutan

Ketumbar kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Kulit wajah akan terhindar dari tanda-tanda penuaan seperti pigmentasi, keriput, kulit kendur.

Untuk membuatnya, siapkan adonan pasta dari ketumbar bubuk dan gel lidah buaya, atau campur ketumbar dan nasi. Beras akan membantu menghilangkan sel kulit mati, sedangkan ketumbar akan membantu meremajakan sel-sel dengan cepat. Oleskan pasta selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

13. Menyehatkan Bibir

Manfaat ketumbar untuk kecantikan selanjutnya yakni mampu menyehatkan bibir. Ketumbar memiliki manfaat untuk menghilangkan kulit mati di bibir dan menjaganya tetap segar.

Untuk membuatnya, siapkan 2 sdt jus ketumbar dan 1 sdt jus lemon. Campur kedua bahan tersebut dan oleskan setiap hari sebelum tidur. Lakukan selama 1 minggu untuk hasil yang maksimal.

Sumber NDTV

Join Dream.co.id