11 Tips Ampuh Membuat Kulit Menjadi Putih Bening dalam Waktu Sebulan

Beauty | Senin, 25 Mei 2020 15:01
11 Tips Ampuh Membuat Kulit Menjadi Putih Bening dalam Waktu Sebulan

Reporter : Reni Novita Sari

Memiliki kulit yang putih merupakan dambaan sebagian besar wanita Indonesia, bagaimana caranya? Yuk simak berikut ini!

Dream - Kulit yang putih dan cerah menjadi dambaan setiap wanita, khususnya perempuan Asia. Tak bisa dipungkiri jika kulit yang putih adalah standar kecantikan yang dianggap bisa membuat penampilan jadi terlihat maksimal. Mempunyai kulit putih bahkan sudah menjadi obsesi dari hampir kebanyakan orang Indonesia.

Stigma “ kulit putih itu sempurna” memang masih sulit untuk dihilangkan dari sebagian pikiran orang. Itu kenapa tak sedikit orang yang rela mencoba berbagai cara memutihkan kulit.

Banyak wanita yang berusaha mendapatkan kulit putih membeli produk kecantikan pemutih kulit, atau merogoh kocek dalam dengan datang ke klinik kecantikan untuk melakukan serangkaian perawatan.

Tapi, jangan sembarangan memilih produk pemutih badan ya, ladies. Pilihlah metode memutihkan kulit yang aman untuk kamu. Nah, untuk kamu yang ingin memutihkan kulit badan dengan cepat, berikut Dream rangkum dari berbagai sumber, 11 cara yang bisa kamu lakukan.

2 dari 13 halaman

1. Menggunakan Body Scrub

 tips memutihkan kulit© Ilustrasi foto : shutterstock

Menggunakan body scrub menjadi salah satu cara memutihkan kulit badan yang bisa kamu pilih.

Body scrub atau lulur akan membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Sebagaimana diketahui, penumpukan sel kulit mati menjadi salah satu faktor kulit menjadi lebih gelap.

Untuk hasil terbaik, gunakan body scrub paling tidak satu kali dalam seminggu. Pastikan memilih produk body scrub yang minim kandungan bahan kimia agar kulit tidak rentan rusak. Jika ragu, konsultasikan pada dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum memilih produk body scrub.

3 dari 13 halaman

2. Bleaching

Cara memutihkan kulit tubuh yang kedua adalah dengan metode bleaching. Metode bleaching adalah cara memutihkan kulit tubuh dengan cara menggunakan berbagai macam bahan kimia seperti vitamin C, peroksida, amonia, hidrokuinon, dan merkuri. Bahan-bahan kimia ini bermanfaat untuk mengurangi pigmen warna pada kulit.

Selain itu bleaching juga memberikan efek bulu menjadi transparan sehingga kulit pun menjadi lebih cerah. Jika memilih cara memutihkan kulit badan yang satu ini, Anda akan mendapatkan kulit tubuh cerah seketika.

4 dari 13 halaman

3. Suntik Putih atau Infus Vitamin C

 cara memutihkan kulit© Ilustrasi foto : istock

Suntik putih atau dikenal juga dengan suntik vitamin C adalah cara memutihkan kulit yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi lagi, bukan?

Metode yang satu ini bahkan sangat umum dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan kulit putih nan cerah secara instan.

Sesuai dengan namanya, suntik vitamin C, metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan dengan kandungan vitamin C dan sejumlah bahan lainnya seperti kolagen dan glutathione ke dalam tubuh. Efek dari suntik putih ini biasanya akan langsung muncul dalam waktu beberapa hari.

5 dari 13 halaman

4. Minum Suplemen Pemutih

Selain menggunakan suntik putih, kamu juga bisa memilih cara memutihkan kulit badan dengan menggunakan suplemen pemutih.

Ada beberapa jenis suplemen yang dapat membantu mencerahkan kulit, salah satu yang paling populer adalah suplemen glutathione. Suplemen ini mampu membantu menangkal radikal bebas dan juga membantu proses detoksifikasi kulit.

Selain suplemen glutathione, terdapat beberapa suplemen populer lainnya seperti suplemen vitamin C, suplemen vitamin E, suplemen mulberry, dan juga suplemen Polypodium leucotomos (sejenis tumbuhan pakis).

6 dari 13 halaman

5. Krim dokter

Krim pemutih mampu mengurangi ketidakmerataan warna kulit, bahkan hingga mengubah warna kulit asli. Krim pemutih yang aman dan efektif bisa kamu dapatkan dengan resep dokter.

Umumnya, krim pemutih dari dokter memiliki kombinasi kandungan bahan kimia yang mampu mengurangi kadar melanin pada kulit. Sebaiknya, konsultasikan lebih dulu kepada dokter tentang dosis serta cara pakainya yang benar sebelum mulai menggunakan krim tersebut. Krim racikan dokter kulit profesional yang memiliki izin praktik tentunya terjamin aman dan pemakaiannya pun diawasi dokter tersebut.

Penggunaan krim pemutih yang kamu dapatkan secara sembarangan, misalnya dari toko online tanpa izin BPOM yang jelas, mungkin mengandung merkuri, hydroguinon, dan kortikosteroid yang dapat menimbulkan efek samping yang serius pada kulit .

7 dari 13 halaman

6. Rajin Mandi

 cara membuat kulit putih© Ilustrasi foto : shutterstock

Rajin mandi memang tidak serta-merta akan membuat kulit jadi putih saat itu juga. Namun, dengan cara mandi yang benar dapat menyingkirkan kotoran serta sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih putih dan bersih.

Apabila kamu ingin memiliki kulit yang putih berkilau, solusinya adalah mandi dengan air dingin. Mandi air dingin dapat mempersempit pembuluh darah sementara pada kulit sehingga memperkecil pori-pori dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Pori-pori yang menutup juga dapat mencegah kotoran tidak mudah masuk. Kotoran adalah penyebab utama kulit kusam. Kulit yang senantiasa bersih dari kotoran akan membuat kulit tampak lebih putih dan cerah.

8 dari 13 halaman

7. Memakai Sunblock Sebelum Keluar Rumah

Yang satu ini sangat penting sekali. Walaupun bukan termasuk cara memutihkan kulit dengan cepat. Tetapi menggunakan sunblock tidak boleh dilupakan karena jika tidak kulit tubuh kamu bisa menjadi lebih gelap. Sunblock penting sekali untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain dapat membuat kulit terbakar, paparan sinar matahari juga bisa membuat kulit menjadi kering dan efeknya buruk di kemudian hari.

Polusi mengandung berbagai macam zat beracun dan kotoran yang dapat mematikan sel kulit serta memicu timbulnya jerawat pada wajah. Sementara, sinar matahari dapat membakar dan merusak jaringan kulitmu.

Jaga dan lindungi dirimu dari paparan polusi dan sengatan sinar ultraviolet dengan selalu memberikan perlindungan sebagai bentuk pencegahan awal. Gunakan tabir surya, masker saat di jalan raya, serta kacamata atau topi agar wajah terlindung dari sengatan matahari.

9 dari 13 halaman

8. Pola Hidup Sehat

 cara memutihkan kulit© Ilustrasi foto : shutterstock

Menerapkan pola hidup sehat juga bisa menjadi cara memutihkan badan yang efektif. Cara ini bisa kamu terapkan sebagai cara pelengkap untuk membantu mencerahkan kulit dengan lebih cepat.

Pola hidup sehat yang dimaksud antara lain adalah menghindari rokok dan konsumsi alkohol, mengatur pola tidur, olahraga teratur dan banyak konsumsi buah-buahan, sayur, dan air putih.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan juga vitamin E juga akan sangat membantu dalam proses mencerahkan kulit.

10 dari 13 halaman

9. Perbanyak Air Putih

Air putih punya fungsi untuk membuang zat-zat yang nggak diperlukan tubuh, termasuk kotoran-kotoran yang bersarang di wajahmu. Selain itu, air putih juga akan membantu melancarkan penyebaran nutrisi bagi tubuh dan melancarkan sistem metabolisme tubuh. Semakin lancar metabolisme tubuh, maka akan semakin sehat dan bersih juga kulitmu.

Kamu tidak cukup hanya meminum air putih sebanyak 8 gelas saja perhari, minumlah air putih setidaknya sebanyak 15–20 gelas per hari.

11 dari 13 halaman

10. Rutin Memakai Lotion

 cara memutihkan kulit© Ilustrasi foto : pexels

Memakai lotion memang tidak secara otomatis membuat tubuh putih, namun dengan memakai lotion secara teratur dapat sel-sel kulit kamu akan mudah beregenerasi karena lembab. Pilih lotion yang cocok untuk kulitmu, sehingga kulitmu terhindari kusam dan terlihat bersih. Namun penggunaan lotion yang teratur juga akan menyumbang untuk membuat kulit lebih cerah.

12 dari 13 halaman

11. Lulur Tubuh

 cara memutihkan kulit© Ilustrasi foto : lensid

Aktivitas lain yang tak boleh dilewatkan untuk mendaptakan kulit yang cerah adalah memakai lulur. Lulur berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati yang tidak terangkat saat mandi. Manfaatkan saja lulur dengan bahan-bahan alami seperti bengkoang agar kulitmu bebas iritasi. Cukup lakukan seminggu sekali saat weekend.

13 dari 13 halaman

Tips Aman Memutihkan Kulit

Sebelum kamu memilih cara memutihkan kulit tubuh yang, perhatikan beberapa tips aman memutihkan badan berikut ini!

  • Jika memilih metode seperti bleaching atau suntik putih, sebaiknya dilakukan oleh dokter ahli kecantikan yang sudah terpercaya, karena beberapa kandungan dalam kedua metode ini bisa jadi berbahaya jika digunakan dalam dosis yang berlebihan.
  • Memilih suplemen pemutih juga sebaiknya dilakukan dengan saran dokter. Banyak suplemen pemutih yang beredar dipasaran dan juga belum jelas apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak.
  • Kenali diri kamu sendiri. Baik itu bahan alami ataupun bahan kimia, bisa menjadi tidak baik untuk tubuh terutama jika memiliki alergi pada zat tersebut.
  • Selain waspada terhadap adanya alergi, pastikan juga tidak mengidap penyakit yang dapat berbahaya jika kamu memilih metode memutihkan kulit tertentu. Contohnya seperti metode suntik vitamin C yang dilarang bagi pengidap gangguan ginjal.
  • Jangan berekspektasi terlalu tinggi. Kamu harus sadar sebelumnya bahwa usaha untuk memutihkan kulit pada dasarnya hanyalah usaha untuk membuat kulit lebih cerah. Kondisi kulit setiap orang yang berbeda-beda tentunya membuat hasil dari setiap usaha mencerahkan kulit ini juga berbeda.

 

Join Dream.co.id