Simak Cara Memilih Bra yang Tepat!

Beauty | Rabu, 24 Februari 2021 07:32
 Simak Cara Memilih Bra yang Tepat!

Reporter : Dwi Ratih

Jangan sampai salah.

Dream – Sekian banyak jenis bra yang ada di pasaran, bra kawat menjadi salah satu jenis yang paling populer dan ramai digunakan. Alasannya, karena dinilai dapat menopang payudara dengan baik dan terlihat lebih kencang.

Kawat yang ada di bagian bawah akan memberi topangan yang optimal, sehingga beban di bagian punggung dan leher akan berkurang.

Selain itu, beberapa jenis bra kawat juga memiliki model yang bisa menutup seluruh bagian payudara dengan baik, sehingga nyaman untuk digunakan.

Namun, beberapa rumor mengatakan, memakai bra kawat dapat menimbulkan risiko penyakit kanker payudara dan tidak boleh digunakan ibu hamil, benarkah demikian?

Mitos lama mengenai bra kawat menjadi pemicu kanker payudara ini hingga sekarang masih banyak beredar. Oleh karena itu, perlu diketahui memakai bra kawat tidak memicu kanker payudara.

2 dari 6 halaman

Perhatikan buat ibu hamil

Secara ilmiah tidak ada yang membuktikan pemakaian bra ini memicu kanker, bahkan para ahli menganggap tidak ada hubungan antara penggunaan setiap jenis bra, dengan kenaikan risiko kanker payudara.

Kemudian, pada ibu hamil dikatakan berbahaya menggunakan bra kawat karena dapat menghambat aliran darah, sehingga menggangu produksi ASI.

Sampai saat ini, tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Hubungan penggunaan bra dan produksi ASI tidaklah begitu erat.

 Ilustrasi© Shutterstock

Memang, para ibu hamil lebih banyak memilih untuk menggunakan bra tanpa kawat, karena alasan kenyamanan semata. Jadi selama kehamilan, boleh saja untuk menggunakan bra kawat atau tanpa kawat.

Yang menjadi masalah adalah jika menggunakan bra yang tidak sesuai ukuran, maka payudara tidak akan tertopang dengan baik, dapat memicu sakit punggu dan nyeri leher, hingga memicu gangguan bahu yang berujung kesemutan di jari.

Oleh karenanya, hal yang perlu diperhatikan adalah soal ketepatan dan kenyamanan.

 

3 dari 6 halaman

Bagaimana cara memilih bra yang tepat dan nyaman? Simak cara berikut ini!

1. Pastikan, tahu ukuran payudara

Pertama yang terpenting adalah mengetahui ukuran payudara, bila belum mengetahui, cobalah mengukurnya sendiri di rumah dengan meteran jahit.

Hitung lingkar bawah dada untuk mengetahui ukuran tali bra yang pas dan hitung lingkar dada yang melewati puting untuk mengetahui ukuran cup bra.

2. Perhatikan cara tali bra menempel di pundak

Kemudian cara mengetahui bra yang dibeli sudah pas ukurannya atau belum dengan melihat cara talih bra menempel pada pundak.

Jika tali kendur dan sering merosot, itu tandanya cup terlalu besar. Apabila talinya menekan kulit pundak hingga berbekas, itu tandanya ukuran cup terlalu kecil.

3. Sesuaikan jenis bra dengan pakaian yang dikenakan

Berbeda jenis pakaian dan kegiatan, berbeda pula bra yang digunakan, misalnya saat olahraga gunakan sports bra agar menjaga payudara tidak banyak bergerak, saat memakai gaun atau kebaya gunakan strapless bra yang dapat menopang payudara meski tanpa tali.

Perhatikan juga bahwa bra harus diganti. Jika sudah rusak, talinya mulai kendur, dan tidak lagi pas saat digunakan, maka saatnya membeli yang baru untuk menggantikannya.

Perlu diingat! Hal terpenting dari penggunaan bra adalah ketepatan dan kenyamanan, agar tidak memicu sakit pada punggung, leher, dan pundak.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Sehatq)

4 dari 6 halaman

Coba Bratop, 'Underware' Praktis untuk Aktivitas Harian

Dream - Pakaian nyaman jadi pilihan utama ketika ingin melakukan sederet aktivitas. Memang, saat ini kita hanya di rumah saja, tapi pakaian nyaman jadi hal yang tak boleh dilewatkan.

Sebab, pakaian nyaman yang kita kenakan sangat berpengaruh pada mood. Buat kaum hawa, pemilihan pakaian dalam seperti bra juga perlu jadi perhatian.

Jangan sampai di tengah aktivitas penting, kamu merasa kurang nyaman dengan bra yang dikenakan. Misalnya mengalami sesak napas, ruang gerak yang kurang, dan masalah lainnya.

 Ilustrasi© Shutterstock

5 dari 6 halaman

Bratop

Untuk pakaian dalam yang praktis, mungkin bisa melirik koleksi Bratop dari Uniqlo. Bratop  merupakan item dari lini Lifewear ultra modern yang mendukung segala tampilan yang diinginkan tanpa harus mengesampingkan dampak kesehatan payudara dan juga memperindah bentuknya lewat cup bra.

Sahabat Dream tidak harus menambahkan bra yang menganggu kenyamanan dalam bergerak bebas, karena Bratop ini sudah dilengkapi dengan bra cup.

Sejak dirilis pertama kali, Uniqlo Bratop sudah jadi salah satu item favorit dalam rangkaian LifeWear, karena praktis dan hadir dengan fitur teknologi lainnya.

Teknologi Bratop

Supportive integrated cups

Atasan tanpa lengan yang memberikan pengalaman tidak mengenakan bra terpisah di keseharian. Mengandalkan teknologi all-in-one yang ekstra nyaman berkat cup bra yang terjahit dengan presisi, yang juga terasa halus dan lembut di kulit.

 Uniqlo Indonesia© Uniqlo Indonesia

Seamless design

Teknologi pada desain terbaru menghadirkan material dengan sensasi smooth touch dan tanpa jahitan yang tidak terdeteksi walaupun kalian mengenakan kemeja.

6 dari 6 halaman

Quick-dry technology

Dengan material AIRism membuat pengguna tetap merasa sejuk dengan atasan ini, karena kemampuan melepaskan panas dengan cepat sehingga tidak lembap. Cocok untuk dikenakan sepanjang hari di iklim tropis dan untuk berolahraga.

 Uniqlo Indonesia© Uniqlo Indonesia

Odor control & anti-bacterial technology

Kondisi tubuh yang bebas lembap juga disempurnakan dengan teknologi pengontrol bau dan anti bakterial yang menjadi alasan fitur penting ini dihadirkan pada Uniqlo Bratop.

UNIQLO menghadirkan tiga model Bratop yaitu AIRism Bra Sleeveless, AIRism Bra Camisole, AIRism Seamless V-neck untuk memudahkan Sahabat Dream memilih berbagai macam gaya yang cocok dan nyaman untuk kalian gunakan di rumah, dan berbagai aktivitas singkat di luar seperti exercise dan bersantai, groceries shopping, jogging, yoga atau weekly meeting di kantor. (mut)

Join Dream.co.id