Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Xpander Kalahkan Avanza Jadi Mobil Terlaris Saat Ini, Cek Tipe Paling Laku

Xpander Kalahkan Avanza Jadi Mobil Terlaris Saat Ini, Cek Tipe Paling Laku Mitsubishi Xpander

Dream - Mitsubishi Xpander, termasuk Xpander Cross kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia pada Juli 2021. Xpander

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), small MPV (Multi Purpose Vehicle) itu mencatatkan wholesales atau distribusi dari Agen Pemegang Merek (APM) ke dealer sebanyak 6.974 unit.

Pencapaian ini tentu cukup apik untuk Mitsubishi Indonesia, mengingat penjualan Xpander pada Juni lalu merosot tajam. Tercatat Xpander hanya terjual 1.704 unit.

Sedangkan di posisi kedua ditempati Toyota Avanza. MPV berjuluk 'mobil sejuta umat' ini lagi-lagi belum mampu mendapat gelar mobil terlaris bulanan pada Juli. Avanza mengemas penjualan sebanyak 5.938 unit. Kemudian disusul Honda Brio di tempat ketiga dengan 4.361 unit.

Salah satu faktor moncernya penjualan Xpander karena adanya program relaksasi pajak barang mewah atau PPnBM dari pemerintah. Xpander adalah salah satu model yang mendapatkan fasilitas pembebasan PPnBM.

Mitsubishi Xpander Ultimate

"Memang market share Xpander dan Xpander Cross tahun ini sekitar 33 persen, itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang angkanya cuma 25 persen," kata Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro saat konferensi pers virtual, Rabu 18 Agustus 2021.

Iwan memaparkan, salah satu kunci mengapa MMKSI tetap bisa mencatat angka penjualan lebih tinggi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, yakni karena strategi yang diterapkan.

Ia mengungkapkan distribusi penjualan Mitsubishi, sekitar 60 persen itu di pulau Jawa. Sisanya itu di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan wilayah lain.

"PPKM di Jawa dan Bali paling ketat, sehingga pada saat itu kami lebih memaksimalkan di wilayah wilayah yang situasinya lebih baik,” imbuhnya.

Selain memasarkan Xpander dan Xpander Cross tipe biasa, MMKSI juga menyediakan edisi khusus yang diberi tambahan perangkat audio Rockford Fosgate. Ternyata itu merupakan strategi tepat, karena angka penjualannya sesuai target.

Mitsubishi Xpander

“Mulai optimal pemasarannya bulan Juli. Kami menargetkan sekitar 4.000 unit untuk penjualan selama empat bulan. Kalau kami lihat sekarang sampai Agustus, sudah terserap di pasar sekitar 2.000 unit,” tuturnya.

Adapun tipe Xpander dan Xpander Cross yang paling banyak dimintai konsumen yakni varian tertinggi.

"Untuk Xpander varian Ultimate sedangkan Cross itu yang varian Premium. Jadi cenderung varian paling atas yang banyak diminati," ujar Deputy Group Head Sales & Marketing Planning & Operation Dept. MMKSI Mukhamad Arwani pada kesempatan yang sama.

Ini yang Bikin Konsumen Berpaling ke Xpander

Dream - Persaingan di segmen small Multi Purpose Vehicle (MPV) Tanah Air selalu ketat dan sengit. Sebab, mobil tipe memang paling diminati konsumen Indonesia saat ini.

Salah satunya adalah Mitsubishi Xpander yang menjadi model favorit konsumen. Kehadiran Xpander tak hanya memberikan keberhasilan bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di pasar otomotif Indonesia. Lewat model MPV murah ini, PT MMKSI berhasil menjadi penyumbang terbesar penjualan Mitusbishi di dunia.

Model yang diluncurkan pada Juli 2017 ini kini memang menjadi tulang punggung penjualanan PT MMKSI. Bahkan membuat kompetitor yang lebih lama bermain di segmen itu ketar-ketir. Xpander menyalip penjualan model lain milik pesaing. Dan bercokol di posisi puncak sebagai mobil terlaris segmen small MPV.

Mitsubishi Xpander© Instagram Mitsubishi

Berdasarkan data total penjualan Mitsubishi sepanjang Juli 2021, PT MMKSI mencatat 50 persen dari total penjualan 9.122 unit, separuhnya berasal penjualan Mitsubishi Xpander, termasuk Xpander Cross.

Tidak hanya pada Juli 2021, pada periode bulan sebelumnya, penjualan Xpander juga masih mendominasi dengan berkontribusi sebesar 44 persen dari total penjualan mereka 8.704 unit.

" Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model tersebut, dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya," ujar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, beberapa waktu lalu.

Menurut Nakamura, model kendaraan Mitsubishi Motors tetap menjadi pilihan karena kesesuaiannya menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia.

Mitsubishi Xpander Cross© Instagram Mitsubishi

 

Banyak Konsumen Kesengsem

Ada beberapa alasan yang menyebabkan mobil ini banyak dicari konsumen, seperti kelapangan kabin, fitur canggih, tingkat kenyamanan dan harga cukup terjangkau.

Selain itu, yang paling penting dan jadi pertimbangan konsumen membeli Xpander adalah ketersediaan jaringan bengkel resmi dan harga biaya perawatan yang masuk kantong.

Nilai plus itu makin lengkap karena Xpander dan Xpander Cross masuk dalam kategori mobil yang mendapat diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah hingga 31 Agustus 2021.

Berikut rincian daftar harga mobil Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross per Agustus 2021:

Xpander GLS M/T Rp237,9 juta
Xpander Exceed M/T Rp246,4 juta
Xpander GLS A/T Rp248,9 juta
Xpander Exceed A/T Rp257 juta
Xpander Sport M/T Rp265 juta
Xpander Sport A/T Rp275 juta
Xpander Ultimate Rp278,9 juta
Xpander Rockford Fosgate Black Edition M/T Rp273,9 juta
Xpander Rockford Fosgate Black Edition A/T Rp283,8 juta

Xpander Cross M/T Rp276,5 juta
Xpander Cross A/T Rp286,5 juta
Xpander Cross Premium Package A/T Rp299,5 juta
Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition Rp312,65 juta

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jadi Kapan Xpander Hybrid Masuk Indonesia, Mitsubishi?

Jadi Kapan Xpander Hybrid Masuk Indonesia, Mitsubishi?

Model bertenaga hibrida ini banyak ditunggu konsumen Indonesia.

Baca Selengkapnya
Lagi Dikaji Serius, Kapan Mitsubishi Boyong Xpander Cross Hybrid ke Pasar Indonesia?

Lagi Dikaji Serius, Kapan Mitsubishi Boyong Xpander Cross Hybrid ke Pasar Indonesia?

Ini alasan Xpander dan Xpander Cross Hybrid belum masuk pasar Indonesia

Baca Selengkapnya
Jualan Moncer, Bersiap XForce Hybrid

Jualan Moncer, Bersiap XForce Hybrid

Mitsubishi Motors berencana menghadirkan versi hybrid dari mobil berkapasitas lima orang tersebut.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
XForce Punya Fitur Andalan untuk Berkendara di Musim Hujan, Kompetitor Mana Punya!

XForce Punya Fitur Andalan untuk Berkendara di Musim Hujan, Kompetitor Mana Punya!

XForce mengusung sejumlah teknologi otomotif kekinian,

Baca Selengkapnya